Love & Life - 17 May 2018

Moms, Ini 5 Tips Berpuasa Sehat untuk Ibu Hamil

Admin - 17 May 2018
Moms, Ini 5 Tips Berpuasa Sehat untuk Ibu Hamil
Sudah tahu bagaimana tips puasa untuk ibu hamil agar badan tetap bugar dan calon bayi tetap sehat? Bulan Ramadhan adalah bulan yang paling ditunggu. Di bulan yang suci ini, umat muslim akan menjalani puasa selama satu bulan lamanya. Lalu bagaimana dengan ibu yang sedang hamil? Ibu hamil memang boleh untuk tidak berpuasa. Namun, berpuasa ketika hamil boleh untuk dilakukan. Tidak perlu takut si bayi akan merasa kekurangan gizi, ada tips untuk berpuasa sehat bagi ibu hamil yang bisa diikuti berikut ini.

1. Makan Makanan yang Bergizi saat Sahur dan Berbuka

Tips berpuasa ibu hamil

Makanan yang bergizi adalah hal yang wajib dikonsumsi oleh ibu hamil. Ibu hamil diwajibkan makan sayur-sayuran, buah-buahan, protein yang cukup, dan makanan penuh gizi lainnya ketika sahur dan berbuka. Perbanyak makanan dengan karbohidrat kompleks agar ibu mendapatkan cukup tenaga untuk beraktivitas seharian.

BACA JUGA : Rutinitas Skin Care Terbaik Untuk Ibu Hamil

2. Tidak Mengonsumsi Makanan Pedas Saat Sahur

Tips puasa sehat ibu hamil

Makanan pedas saat sahur tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh ibu yang sedang hamil pada saat sahur. Jika ibu memaksakan diri untuk memakan makanan pedas, gangguan tubuh seperti mulas dan kontraksi bisa terjadi pada ibu hamil. Maka dari itu, jaga asupan makanan saat sahur dan hindari makanan pedas.

3. Minum Vitamin dan Suplemen Saat Sahur dan Berbuka

Tips puasa sehat ibu hamil

Salah satu tips puasa untuk ibu hamil yang paling penting adalah meminum vitamin dan suplemen ketika sahur dan berbuka. Vitamin dan suplemen sangat dibutuhkan calon bayi ketika si ibu sedang berpuasa seharian.  Tidak lupa, meminum susu ibu hamil diwajibkan ketika sahur dan berbuka. Supaya kebutuhan gizi si bayi terpenuhi.

4. Perbanyak Serat saat Sahur dan Berbuka

Tips puasa sehat ibu hamil

Memperbanyak serat saat sahur dan berbuka puasa bisa menjadi tips puasa yang sehat bagi ibu hamil selanjutnya. Perbanyak serat agar pencernaan lancar dan ibu tidak mengalami sembelit saat berpuasa.

5. Mengonsumsi Madu Secara Rutin

Konsumsi Madu Konsumsi madu secara rutin sangat bermanfaat untuk kesehatan. Dengan mengonsumsi madu, metabolism tubuh bisa menjadi seimbang dan tubuh akan terhindar dari kemungkinan dehidrasi saat berpuasa. Namun, jangan lupa untuk mengonsumsi air putih yang cukup agar tubuh semakin bugar. Nah, itu adalah tips puasa untuk ibu hamil yang tidak akan membuat si calon bayi kekurangan gizi ketika berpuasa seharian. Sudah siap berpuasa, Moms?

Sumber: https://blog.istyle.id/moms-ini-5-tips-berpuasa-sehat-untuk-ibu-hamil/

Comments

You must Register or Login to post a comment.