Lifestyle - 20 November 2022

Berbagai Macam Sup Korea Untuk Menghangatkan Tubuh

Rebecca Sitorus - 20 November 2022
Berbagai Macam Sup Korea Untuk Menghangatkan Tubuh

Saat musim hujan atau musim dingin, memang paling enak makan makanan berkuah yang dapat menghangatkan tubuh, Teman iStyle. Apalagi di Indonesia terutama Jakarta akhir-akhir ini sering banget diguyur hujan.

Dari banyaknya jenis makanan Korea, sup menjadi salah satu makanan penting yang disantap saat musim hujan atau cuaca dingin lho. Sup biasanya disajikan sebagai hidangan utama atau beberapa disajikan untuk menemani hidangan lainnya sebagai bagian dari makanan utama.

Nah berikut adalah berbagai macam sup Korea yang bisa kamu santap untuk menghangatkan tubuh saat musim hujan atau dingin. Yuk simak ulasannya dibawah ini!

Sumber foto: Google

Haejang-guk

Haejang-guk dikenal sebagai sup yang dapat meredakan hangover, Teman iStyle. Berasal dari kata haejang yang berarti mengobati mabuk dan guk berarti sup, dimana artinya sup ini memang disantap untuk meredakan mabuk.

Sup ini paling enak disantap selagi masih hangat. Biasanya haejang-guk berisi kubis napa kering, sayuran, dan daging sapi. 

Zaman dulu haejang-guk memang digunakan untuk meredakan ambuk, namun di zaman sekarang, banyak orang yang menyantapnya di malam hari atau cuaca dingin lho.

Sumber foto: Google

Galbitang

Selanjutnya ada galbitang yang terbuat dari rebusan dari iga sapi. Iga sapinya akan direbus selama lebih dari 1 jam bersama dengan sayuran aromatik lain, seperti lobak, daun bawang, bawang putih, jahe, dan rempah-rempah lainnya.

Baca Juga:

Beberapa Makanan Korea Ini Cocok Banget Disantap Di Musim Hujan, Yummy!

Hasilnya adalah sup hangat dan bergizi ini akan kaya dengan rasa yang gurih ditambah iga sapi yang lembut. Galbitang juga dikenal sebagai makanan stamina di Korea karena merupakan sup yang sempurna dimakan saat tubuh lagi gak enak badan, Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Kongnamul Guk 

Ringan, sehat, dan menyegarkan merupakan 3 kata yang mendeskripsikan kongnamul guk karena ini adalah pilihan populer untuk orang Korea jika ingin makanan yang cepat dan murah. Vitamin C, protein, vitamin B folate, dan serat adalah beberapa nutrisi yang bisa kamu dapatkan saat makan sup ini.

Baca Juga:

Cara Membuat Mandu-guk, Sup Khas Korea saat Musim Dingin

Kongnamul Guk adalah sup tauge khas Korea yang memiliki cita rasa gurih walaupun gak menggunakan banyak bahan. Sup ini biasanya dibuat dengan segala jenis kaldu seperti kaldu sapi, kaldu ikan teri, atau hanya air.

Kalau kamu ingin memasak kongnamul guk, penting untuk gak memasak tauge nya terlalu lama agar tekstur renyahnya masih berasa, Teman iStyle. Sup Korea ini akan cocok disantap dengan makanan Korea apapun lho.

Sumber foto: Google

Yukgaejang

Nah kalau Teman iStyle lebih suka makan makanan pedas saat musim hujan atau cuaca dingin, kamu bisa banget nih cobain sup Korea satu ini. Yukgaejang adalah sup daging sapi pedas dan hangat yang sangat populer di Korea.

Baca Juga:

Berbagai Resep Masakan Korea dari Drakor, Cobain Buat di Rumah Yuk!

Yukgaejang biasanya berisi beef brisket, daun bawang, kimchi, gosari (biji-biji pakis), tauge, dan jamur. Kamu tinggal menyantap sup ini dengan tambahan semangkuk nasi panas agar lebih lezat, Teman iStyle.

Sumber foto: Google

Samgyetang

Samgyetang merupakan sup Korea yang pastinya gak asing lagi. Samgyetang dibuat dengan ayam muda utuh yang dimasak dalam kaldu gurih yang diisi dengan jujube dan ginseng, kemudian disajikan dengan kimchi dan lobak berbumbu.

Walaupun sup ini secara tradisional merupakan hidangan musim panas, tapi samgyetang juga merupakan pilihan yang sempurna selama musim dingin. Hal ini dikarenakan ginseng terkenal sebagai pemberi energi, dan bagus untuk meningkatkan sistem kekebalan dan kesehatan.

Itu dia beberapa sup Korea yang dapat menghangatkan tubuh dan cocok disantap saat musim hujan atau dingin. Kalau kamu ingin coba makan-makanan diatas, Teman iStyle bisa belanja bahan-bahannya di Market City lewat iStyle.id, dijamin segar, gratis ongkir, dan langsung diantar ke rumah lho!

Comments

You must Register or Login to post a comment.