Lifestyle - 04 April 2022

6 Jenis Kimchi Paling Terkenal di Korea Selatan

Rebecca Sitorus - 04 April 2022
6 Jenis Kimchi Paling Terkenal di Korea Selatan

Teman iStyle yang suka makanan Korea pasti udah gak asing lagi dengan kimchi. Ini merupakan makanan pendamping yang terbuat dari sayuran dan biasanya selalu ada di meja makan orang Korea.

Ketika menyebut kimchi, pasti kebanyakan orang akan langsung mengarah kepada kimchi merah yang biasa dibuat menggunakan sawi putih. Tapi Teman iStyle tau gak sih kalau kimchi juga tersedia dalam beberapa jenis?

Kali ini K-Hub akan membahas tentang 6 jenis kimchi yang paling terkenal di Korea Selatan. Yuk simak ulasannya!

Baechu Kimchi” Napa Cabbage Kimchi

Sumber foto: Google

Baechu Kimchi

Jenis kimchi paling terkenal di Korea Selatan yang pertama adalah baechu kimchi. Kimchi ini berbahan dasar sawi putih yang dibalurkan dengan bubuk cabai, bawang putih, dan minyak ikan.

Kimchi ini kemudian akan dimasukan kedalam wadah untuk difermentasikan selama berbulan-bulan atau sesuai selera. Jenis kimchi ini biasanya paling umum ditemukan di restoran Korea. 

Selain itu, baechu kimchi juga biasa dipakai untuk membuat nasi goreng kimchi dan kimchi jjigae.

Kkakdugi (Cubed radish kimchi) recipe by Maangchi

Sumber foto: Google

Kkakdugi (Cubed Radish Kimchi)

Kimchi paling terkenal selanjutnya adalah Kkakdugi. Terbuat dari lobak yang dipotong dadu dan dicampur dengan bumbu seperti bubuk cabai merah dan bahan lainnya. 

Baca Juga:

Rosé Bikin Kue Madeleine, Begini Cara Membuatnya

Orang Korea biasa membuat kkakdugi pada bulan Oktober hingga Desember karena merupakan musim panen lobak tradisional di Korea sehingga rasanya akan lebih enak. Kimchi kkakdugi memiliki rasa yang manis dan sering dipasangkan dengan hidangan seperti seolleongtang, galbitang, dan kalguksu.

Ponytail kimchi (Chonggak-kimchi) recipe by Maangchi

Sumber foto: Google

Chonggak Kimchi

Chonggak kimchi memiliki bahan utama yang sama dengan kkakdugi yaitu lobak. Bedanya adalah chonggak kimchi biasa dikenal dengan ponytail kimchi karena sayuran di lobaknya yang terlihat seperti ekor kuda hijau panjang yang dibiarkan dan dimakan bersama dengan akarnya Teman iStyle.

Baca Juga:

Serupa Tapi Gak Sama, Perbedaan Makanan Korea vs Jepang

Biasanya chonggak kimchi juga lebih pedas daripada baechu kimchi dan lebih renyah dibandingkan kimchi lainnya. Lobak dari kimchi ini juga butuh waktu lebih lama untuk benar-benar fermentasi biar kimchinya terasa lebih nikmat. 

Spicy stuffed cucumber kimchi (Oi-sobagi) recipe by Maangchi

Sumber foto: Google

Oisobagi Kimchi

Jenis kimchi yang satu ini menggunakan mentimun sebagai bahan utama dan jenis kimchi paling populer saat musim semi dan musim panas karena teksturnya yang renyah dan segar. Oisobagi kimchi juga gak perlu waktu lama untuk difermentasi biar lebih enak loh Teman iStyle.

Baca Juga:

Demi Kesehatan, Seleb Korea Suka Membawa Vitamin Lho

Cara membuatnya adalah mentimun dibelah menjadi empat dengan mempertahankan salah satu ujungnya tetap utuh. Setelah dibumbui, kimchi ini akan diisi dengan berbagai sayuran seperti lobak, wortel, atau daun bawang. 

Biasanya orang Korea makan kimchi ini dengan jajangmyeon atau sup daging sapi.

Gat Kimchi (Mustard Leaf Kimchi) | tradekorea

Sumber foto: Google

Gat Kimchi

Gat kimchi diolah dengan daun sawi hijau (gat) yang dilumuri dengan campuran cabai, jahe, bawang putih, daun bawang yang diiris halus, dan pasta ikan teri yang difermentasi untuk mengurangi rasa pahitnya. Dibandingkan baechu kimchi, gat kimchi ini gak terlalu berair dan rasanya juga lebih asam.

Jenis kimchi Gat paling enak disantap dengan seafood mentah atau ganjang gejang, kepiting yang diasinkan kecap asin. Gat kimchi juga merupakan kimchi paling populer di Provinsi Jeolla, Korea Selatan.

Baek Kimchi (White Kimchi) - Korean Bapsang

Sumber foto: Google

Baek Kimchi

Kalau daritadi jenis kimchinya yang pedas, kimchi satu ini versi gak pedasnya Teman iStyle. Baek kimchi berbahan dasar sawi putih dengan bahan tambahan seperti lobak, daun kucai, pir Korea, dan jujube.

Karena kimchi ini gak pedas, jadi gak menggunakan bubuk cabai seperti gochugaru didalamnya. Melainkan, kimchi ini biasanya direndam dalam air garam asin buah. Cocok banget nih dimakan sama anak-anak atau orang yang gak suka pedas sama sekali. 

Itu dia 6 jenis kimchi yang paling terkenal di Korea Selatan. Oiya, Teman iStyle juga bisa langsung beli berbagai jenis kimchi kemasan di Lotte Mart melalui iStyle.id karena lebih praktis dan pasti aman sampai ke rumah kamu!

Comments

You must Register or Login to post a comment.