Lifestyle - 27 March 2022

Serupa Tapi Gak Sama, Perbedaan Makanan Korea vs Jepang

Rebecca Sitorus - 27 March 2022
Serupa Tapi Gak Sama, Perbedaan Makanan Korea vs Jepang

Makanan Asia memang menjadi makanan kesukaan orang di seluruh dunia. Salah satu makanan Asia yang paling populer adalah makanan Korea dan Jepang. Kalau makanan Korea biasanya terkenal lewat drakor, sedangkan makanan Jepang terkenal lewat anime.

Sekilas memang kedua jenis makanan ini terlihat sama Teman iStyle. Walau mirip, tapi ternyata makanan ini punya banyak perbedaan terutama dalam segi pembuatan. Apa aja sih perbedaan makanan Jepang dan Korea ini? Simak ulasan ini ya!

A List of the 27 Essential Cooking Spices You Need to Know - 2022 -  MasterClass

Sumber foto: Google

Penggunaan rempah-rempah

Perbedaan utama antara makanan Jepang dan Korea terletak pada penggunaan rempah-rempah. Makanan Korea lebih sering menggunakan banyak rempah-rempah, sedangkan Jepang lebih suka untuk menjaga makanan mereka tetap alami dengan sedikit tambahan rasa.

Terutama soal masakan panas dan pedas yang sering ditemukan pada makanan Korea, tapi jarang di masakan Jepang. Biasanya, makanan Korea lebih pedas daripada makanan Jepang karena mereka lebih banyak menggunakan pasta dan bubuk cabai.

A Spread Worthy of Royalty - The New York Times

Sumber foto: Google

Menyiapkan Makanan

Dalam menyiapkan makanan, Korea dan Jepang juga punya cara yang berbeda. Kalau orang Korea, mereka harus makan dengan banyak lauk pauk seperti kimchi, rumput laut, sup, dan lain-lain.

Baca Juga:

Beberapa Bahan Penting untuk Masakan Korea yang Perlu Kamu Tahu

Sedangkan orang Jepang biasanya gak memiliki banyak lauk pauk. Mereka biasanya hanya makan dengan sepiring mie dan nasi, and that’s it. 

All About Sushi, the Most Famous Japanese Food! | Japan Info

Sumber foto: Google

Makanan Jepang Dianggap Lebih Sehat

Perbedaan lainnya adalah makanan Jepang sering dianggap lebih sehat daripada makanan Korea. Alasannya karena makanan Jepang lebih sedikit menggunakan gula dan daging karena mereka lebih banyak menggunakan seafood daripada Korea.

Baca Juga:

Selalu Tampil Sehat dan Fit, Ternyata Begini Gaya Hidup Orang Korea

Ice Cream Chillin Ice Cream, Yuk Cobain Ice Cream Korea!

Teman iStyle pasti udah tau kalau ciri khas makanan Korea adalah daging BBQ nya. Selain itu, makanan Korea seringkali lebih manis dan sedikit lebih tinggi kalori daripada Jepang.

Basic Cooking Methods You Need to Know

Sumber foto: Google

Cara Memasak

Memasak makanan Korea lebih rumit daripada makanan Jepang. Makanan Korea memiliki banyak bumbu, seperti acar sayuran dan saus pedas lainnya yang penting. 

Saat memasak makanan Korea, Teman iStyle gak perlu bahan khusus atau mahal tapi yang bikin lebih menantang adalah beberapa bumbu yang perlu waktu lama untuk membuatnya. Sedangkan makanan Jepang, biasanya gak sulit untuk memasaknya karena sederhana dan mudah. 

Untuk memasak makanan Jepang biasanya kamu hanya memotong bahan dan memasukan ke penggorengan sehingga membutuhkan waktu lebih sedikit.

Sumber foto: Google

Makanan yang Serupa Tapi Gak Sama  

Kalau dilihat sekilas, beberapa makanan Korea dan Jepang memang terlihat mirip. Tapi ternyata, mereka berbeda loh Teman iStyle. Ini dia beberapa makanan Korea dan Jepang yang memiliki rupa sama namun berbeda.

Sumber foto: Google

1. Kimbab dan Sushi

Sekilas, makanan ini terlihat sama karena dasarnya adalah nasi isi lauk yang digulung rumput laut kering. Tapi yang membedakan kedua makanan ini adalah isi lauk tersebut. 

Biasanya isian sushi adalah berbagai macam fresh seafood sedangkan kimbab berisi telur goreng, tumis daging, dan sayuran. Untuk bumbu nasi, kimbab biasanya memakai minyak wijen sedangkan sushi pakai cuka beras. 

Sumber foto: Google

2. Gyoza dan Mandu

Dua makanan ini sama-sama termasuk dumpling yang berasal dari China. Di Jepang disebut gyoza dan di Korea disebut mandu.

Gyoza biasa dimasak dengan cara dipanggang dan digoreng. Cara menggorengnya juga bukan dengan minyak, melainkan dengan teknik pan frying serta tambahan air. 

Isian gyoza umumnya adalah daging cincang berbumbu soy sauce dan bawang putih. Sedangkan mandu memiliki isi yang lebih beragam seperti daging cincang, sayuran, jamur yang diberi bawang putih, bombay, lada, dan minyak wijen. 

Serupa, 5 Makanan Korea & Jepang Ini Punya Rasa yang Berbeda

Sumber foto: Idntimes

3. Bungeoppang dan Taiyaki

Teman iStyle kalau ngeliat foto ini pasti berpikir kalau makanan ini sama karena berbentuk ikan. Tapi ternyata beda loh. Kedua makanan manis ini memang sama-sama dipanggang dengan cetakan berbentuk ikan.

Di Korea biasanya disebut dengan bungeoppang sedangkan di Jepang namanya taiyaki. Kalau kamu perhatiin lebih detail, mereka berbeda secara tampilan. Bungeoppang cenderung berbentuk ikan mas dan taiyaki berbentuk ekor yang lebih mencuat keatas.

Untuk isian kedua makanan ini juga berbeda. Bungeoppang lebih sederhana karena hanya berisi kacang merah. Sedangkan taiyaki memiliki varian beragam seperti kacang merah, coklat, custard, bacon, sosis, dan lain-lain.

Itu dia beberapa perbedaan antara makanan Korea dan Jepang. Walau terlihat sama, ternyata terdapat banyak perbedaan di dalamnya. Kalau Teman iStyle lebih suka makanan Korea atau Jepang nih?

Nah, kamu juga bisa langsung beli bahan-bahan makanan Korea dan Jepang di iStyle.id karena lagi ada Promo Weekend JSM diskon up to 50% lho.

Comments

You must Register or Login to post a comment.