Beauty - 21 March 2024

Let’s Check Out! 4 Cara Melembabkan Kulit Wajah Saat Berpuasa

Adinda Fitriayu - 21 March 2024
Let’s Check Out! 4 Cara Melembabkan Kulit Wajah Saat Berpuasa

Sangat wajar bila kulit terutama kulit wajah terasa kering saat sedang berpuasa, akibat dari kurangnya asupan cairan dalam tubuh. Kulit yang terasa kering ini dapat mengganggu penampilan karena terlihat kusam dari biasanya, selain itu kulit kering juga rentan luka lho.

Biasanya, untuk memenuhi cairan tubuh dengan minum air adalah cara yang paling efektif untuk mengatasi kulit kering. Namun, kamu tentu gak bisa mengonsumsi air putih setiap saat karena sedang berpuasa. 

Kulit wajah yang kering dapat mengelupas dan terasa perih. Selain itu juga akan terasa gatal yang membuat kamu ingin menggaruknya dan berujung kulit akan bersisik dan kasar.

Lantas, bagaimana cara melembabakan kulit wajah disaat sedang berpuasa seperti sekarang? Simak tips dan caranya di bawah ya!

Baca Juga:

Apakah Skincare Membatalkan Puasa? Cek Faktanya Yuk!

Cara Melembabakan Wajah Saat Puasa

1. Perbanyak Minum Air Putih Saat Sahur dan Berbuka

Merawat kelembapan kulit wajah yang paling utama adalah dengan menghidrasinya dari dalam. Penuhi cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas per hari.

Agar tubuh tetap terhidrasi selama berpuasa, kamu dapat mengonsumsi air putih dengan metode 2-4-2, yaitu minum 2 gelas air putih saat berbuka puasa, 4 gelas air putih pada malam hari sampai sebelum tidur, serta 2 gelas air putih saat sahur.

Memenuhi cairan tubuh gak hanya untuk melembapkan kulit wajah, tapi juga untuk membantu melancarkan metabolisme tubuh.

2. Bersihkan Wajah Secara Rutin

Cara melembapkan kulit wajah yang kedua adalah dengan rutin membersihkan wajah secara rutin yaitu 2 kali sehari. Gunakan pembersih wajah yang cocok dengan kondisi kulit masing-masing, tapi alangkah baiknya pilih pembersih wajah yang lembut dan bebas alcohol agar kulit tetap lembab.

Harus diperhatikan juga kalau gak boleh mencuci wajah dengan sabun tertalu sering, karena jika terlalu sering kulit wajah akan kehilangan minyak alaminya dan mengurangi kelembapan pada wajah.

Baca Juga:

5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Puasa, Dijamin Aman!

3. Jangan Lupa Pakai Moisturizer/Pelembap

Tips selanjutnya dan yang cukup penting untuk melembabkan kulit wajah adalah dengan memakai moisturizer atau pelembap wajah. Pilihlah pelembap yang mengandung hyaluronic acid, ceramide, shea butter, cocoa butter, serta asam lemak dan gliserol untuk membantu mengatasi kulit jah yang kering saat puasa.

Kalau kondisi kulit wajah sedang kering parah sampai bersisik, kamu juga boleh menambahkan rangkaian skincare lain yang khusus untuk melembabkan kulit wajah.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Saat puasa seperti ini, kebanyakan orang memilih gorengan atau makanan berminyak lainnya saat berbuka. Padahal mengonsumsi makanan berminyak gak baik untuk keshetana kulit lho, karena dapat membuat tubuh lebih cepat dehidrasi akibtanya kulit menjadi kering.

Lebih baik, mengonsumsi maknaan yang  lebih sehat seperti perbanyak makan buah-buahan dan sayuran. Pilih buah ataupun sayur yang banyak mengandung air dan juga yang mengandung anti oksidan untuk menjaga kelembaban kulit wajah.

Baca Juga:

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

Nah itu dia 4 cara untuk melembabkan kulit wajah saat sedang berpuasa. Semangat selalu puasanya ya Teman iStyle.

By the way, buat Teman iStyle yang mau belanja kebutuhan selama bulan Ramadan mulai dari fashion, beauty hingga groceries, kamu bisa belanjanya di iStyle.id karena lagi ada promo Bukan Ramadan Biasa. Ada flash sale, discount, cashback dan juga gratis ongkir lho. Buruan check out dan dapetin promonya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.