Beauty - 21 March 2024

Apakah Skincare Membatalkan Puasa? Cek Faktanya Yuk!

Adinda Fitriayu - 21 March 2024
Apakah Skincare Membatalkan Puasa? Cek Faktanya Yuk!

Melakukan perawatan kulit atau menggunakan skincare sudah menjadi kebutuhan sehari-hari sehingga gak boleh dilewatkan, termasuk saat sedang puasa seperti sekarang. Apalagi, saat puasa kondisi kubuh kekurangan cairan tubuh sehingga kulit beresiko kering karena dehidrasi.

Tetapi, sebagian dari Teman iStyle mungkin masih ragu untuk menggunakan skincare disaat puasa. Karena, terdapat beberaoa skincare bertekstur cair yang meresap ke dalam lapisan kulit.

Pertanyaannya, apakah pakai skincare semacam itu diperbolehkan saat puasa? Atau justru pakai skincare dapat membatalkan puasa? Yuk, cek faktanya di bawah ini!

Baca Juga:

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

Hukum Memakai Skincare Saat Berpuasa dalam Islam

Melansi dari Kumparan, Ustadz Ammi Nur Baits, Dewan Pembina situs islami Konsultasi Syariah dari Madinah International University, memaparkan bahwa penggunaan bahan kecantikan atau skincare yang diletakkan di kulit luar (baik yang berbau maupun gak berbau), dan penggunaannya untuk pengobatan atau kecantikan (atau tujuan lain), gak termasuk dalam hal pembatal puasa, asalkan produk kecantikan itu gak tertelan/ditelan.

“Sementara, sebatas ada rasa di mulut, tidak memberikan dampak buruk bagi puasanya dan selama tidak ada bagian sedikit pun yang tertelan ke lambung,” tutur Ustadz Ammi dalam tulisannya di situs Konsultasisyariah.com.

Ustadz Ammi juga melampirkan fatwa sebagai acuan. Pertama, dari Syekh Abdul Aziz bin Baz, dalam Majmu’ Fatawa, yang pernah ditanya:

“Apa hukum menggunakan celak dan peralatan kecantikan lainnya di bulan Ramadan? Apakah bisa membatalkan puasa?”

Beliau menjawab:

“Bercelak tidaklah membatalkan puasa, baik bagi lelaki maupun wanita, menurut pendapat yang paling kuat. Hanya saja, menggunakan benda ini di malam hari itu lebih baik bagi orang yang puasa. Demikian pula, pengaruh dari penggunaan obat perawatan wajah, seperti sabun, minyak, dan yang lainnya, yang hanya mengenai bagian luar kulit, termasuk pacar (pewarna kuku dan rambut), makeup, dan semacamnya, semua itu boleh dilakukan oleh orang yang berpuasa. Hanya saja, tidak boleh menggunakan makeup jika bisa membahayakan wajah. Allahu waliyyut taufiq.” (Majmu’ Fatawa Ibnu Baz, 15:260).

Baca Juga:

5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Puasa, Dijamin Aman!

5 Manfaat Puasa Ramadhan untuk Kesehatan dan Ketenangan Jiwa, Dijamin Terkesima!

Jadi pada intinya, penggunaan skincare seperti serum, moisturizer, sunscreen dan lain sebagainya itu diperbolehkan saat puasa. Selama penggunaannya hanya pada area kulit dan gak sampai tertelan masuk ke dalam perut.

Justru akan menambah pahala jika hal tersebut (merawat tubuh) rutin dilakukan, karena bentuk perawatan diri itu penting.

By the way, buat Teman iStyle yang mau belanja kebutuhan skincare dan juga kebutuhan lain mulai dari fashion, beauty hingga groceries, kamu bisa belanjanya di iStyle.id karena lagi ada promo Bukan Ramadan Biasa.

Ada flash sale, discount, cashback dan juga gratis ongkir lho. Buruan check out dan dapetin promonya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.