Lifestyle - 21 March 2024

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

Adinda Fitriayu - 21 March 2024
4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

Ketika berpuasa di bulan Ramadan sangat wajar bila tubuh terasa lemas, karena gak adanya asupan energi dari makanan dan minuman selama kurang lebih 13 jam. Tapi saat berpuasa gak menghalangi untuk beraktivitas seperti biasa, contohnya olahraga.

Pada dasarnya, puasa bukanlah penghalang untuk berolahraga. Justru olahraga saat puasa dapat membantu tubuh tetap bugar, selama dilakukan dengan waktu dan jenis yang tepat.

Berolahraga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh dan memaksimalkan proses detoksifikasi selama berpuasa. Kalau Teman iStyle ingin tetap berolahraga saat puasa, K-Hub udah punya rangkuman olahraga apa aja yang aman saat puasa. Simak di bawah ya!

Baca Juga:

Mungkinkah Olahraga Pas Puasa? Ini 5 Fakta-Faktanya!

Jenis Olahraga Ketika Puasa

Faktanya, berpuasa dapat membuat glikogen atau karbohidrat yang disimpan di dalam tubuh menjadi habis. Dengan begitu, tubuh akan membakar lebih banyak lemak dibandingkan biasanya, cocok juga untuk yang ingin menurunkan berat badan.

Berikut 4 jenis yang aman ketika puasa!

1. Jalan Santai

Jalan santai adalah olahraga yang paling aman untuk dilakukan ketika berpuasa. Pasalnya, jalan santai ini gak terlalu banyak mengeluarkan keringat sehingga stamina tubuh tetap terjaga.

Rutin melakukan jalan santai juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagian jantung, tulang, dan otot.

2. Yoga

Yoga merupakan olahraga ringan yang bisa dilakukan di rumah dan gak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk meregangkan otot dan membuat otak lebih rileks.

Gak hanya itu, manfaat yoga lainnya adalah membantu menenangkan pikiran dan meningkatkan kualitas tidur.

Baca Juga:

5 Manfaat Puasa Ramadan untuk Kesehatan dan Ketenangan Jiwa, Dijamin Terkesima!

3. Pilates

Pilates juga dapat menjadi salah satu alternatif olahraga saat berpuasa. Olahraga ini dapat dimodifikasi sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan tubuh masing-masing.

Gerakan dari aktivitas fisik ini dapat berguna untuk memperbaiki postur tubuh, meningkatkan kekuatan otot, serta menurunkan stres.

4. Bersepeda

Bersepeda santai dengan jarak yang dekat hingga sedang dapat menjadi salah satu olahraga yang aman dan tepat saat puasa. Selain membakar kalori dan lemak, kegiatan ini juga dapat mengencangkan otot serta menyehatkan jantung.

Selain itu, bersepeda dapat membuat pikiran menjadi lebih tenang, sehingga perasaan stres dapat hilang.

Baca Juga:

Dijamin Enak! Ini Resep Ayam Korea untuk Menu Takjil Bersama Keluarga

Puasa Ramadan bukan alasan untuk gak menjaga kesehatan tubuh, olahraga harus tetap dilalukan dengan beberapa penyesuaian. Jika berpuasa membersihkan jiwa dari sifat buruk, olahraga dapat membersihkan racun dan penyakit di dalam tubuh. Teman iStyle pada olahraga gak nih saat puasa? Coba komen di bawah ya!

By the way, buat Teman iStyle yang mau belanja kebutuhan olahraga dan juga kebutuhan lain mulai dari fashion, beauty hingga groceries, kamu bisa belanjanya di iStyle.id karena lagi ada promo Bukan Ramadan Biasa.

Ada flash sale, discount, cashback dan juga gratis ongkir lho. Buruan check out dan dapetin promonya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.