Lifestyle - 08 February 2022

Street Food Hunter! Udah Cobain Snack Korea Ini Belum?

Agatha Febry - 08 February 2022
Street Food Hunter! Udah Cobain Snack Korea Ini Belum?

Street food hunter! Kamu pasti udah gak asing lagi kan sama beberapa jajanan Korea yang udah banyak dijual di berbagai tempat di Indonesia? 

Yes, sama kayak di Indonesia, Korea Selatan juga punya berbagai macam street food khas mereka yang sangat bervariasi. Dari manis sampai asin, beberapa street food ala Korea ini pastinya bisa menggugah selera makan kamu! Nih K-Hub kasih tahu rekomendasi street food Korea yang mesti kamu coba!

Sumber foto: Google

Tteokbokki

Kalau bahas street food ala Korea, pasti gak jauh-jauh dari yang satu ini. Tteokbokki sendiri adalah kue beras bertekstur kenyal yang dilengkapi dengan saus merah yang pedas manis.

Di Indonesia sendiri, Teman iStyle pasti udah sering menemukan outlet khas makanan Korea yang menjualan jajanan yang satu ini kan? Kalau gak sempat keluar untuk membelinya, kamu bisa membeli tteokbokki instan dengan berbagai variasi di iStyle.id kok!

Sumber foto: Google

Bungeoppang

Rekomendasi street food Korea selanjutnya, yang pasti sering Teman iStyle jumpai di beberapa outlet tempat makan ataupun food court. Bungeoppang adalah kue berbentuk ikan dengan adonan yang mirip waffle. 

Biasanya snack yang satu ini berisi adonan kacang merah manis. Namun seiring berkembangnya jaman, banyak orang yang memvariasikan makanan ini dengan berbagai topping seperti coklat, keju, bahkan ice cream

Sumber foto: Google

Kimbap

Banyak yang bilang street food Korea yang satu ini mirip dengan makanan khas Jepang yaitu sushi. Berbeda dengan sushi, Kimbap sendiri biasanya berisi kimchi, bulgogi, telur, wortel sampai sosis.

Teman iStyle sering kan melihat makanan yang satu ini lewat saat Kpop idol kalian sedang live atau saat di acara yang mereka lakukan? 

Sumber foto: Google

Odeng

Kalau street food khas Korea yang satu ini udah pernah Teman istyle cobain belum? Odeng sendiri merupakan sate fish cake ataupun daging ikan yang direbus dengan kuah kaldu. 

Biasanya jajan yang satu ini dinikmati saat panas dengan kuah kaldu yang gurih. Di beberapa tempat, odeng juga menjadi salah satu campuran topping dalam tteokbokki lho!

Sumber foto: Google

Hotteok

Jajanan Korea yang satu ini sejenis pancake, tapi yang disajikan dengan cara digoreng. Biasanya berisi kacang tanah, biji wijen, dan madu yang sebelumnya telah dicampur menjadi satu terlebih dahulu. 

Beberapa tempat di Korea juga menyajikan hotteok yang berisi sayuran lho! Bagi Teman iStyle yang sudah mencoba, kamu lebih suka hotteok dengan isi apa nih? 

Baca Juga:

Cara Membuat Samgyetang, Sup Ayam Ginseng di Drama 'My Name'

Hey Sweet Tooth, Udah Cobain Dessert Korea yang Populer ini?

3 Tempat Autentik Berburu Street Food di Seoul

Sumber foto: Google

Hweori Gamja

Street food yang satu ini juga pasti udah sering kamu temui di beberapa tempat di Indonesia. Hweori gamja atau yang berarti kentang tornado ini adalah street food Korea dimana satu buah kentang dipotong berbentuk spiral dan ditusuk seperti sate. 

Beberapa outlet kadang memasukkan sosis di bagian dalam kentang, kemudian digoreng bersamaan dengan kentang tersebut. Teman iStyle bisa menikmatinya dengan sedikit saus tomat atau saus sambal. 

Sumber foto: Google

Sundae

Bukan sundae es krim yang sering ditemui di tempat makanan cepat saji, sundae sendiri adalah sosis yang disajikan dengan cara dipotong-potong. Jajanan yang satu ini terbuat dari usus sapi atau babi yang berisi mie, darah babi, barley, scallion, dan dicampur dengan bumbu-bumbu lainnya. 

Sumber foto: Google

Twigim

Kalau Indonesia punya jajanan pinggir jalan gorengan, Korea juga punya gorengan yang sejenis dan dinamai twigim. Twigim sendiri terbuat dari berbagai bahan masakan seperti telur, udang, ubi, sayuran, bakso, dan berbagai bahan lainnya yang dibalurkan dengan tepung. 

Kalau di Korea sendiri, kamu bisa menemukan jajanan ini dimana-mana di setiap sudut kota. Twigim biasanya disantap dengan saus tteokbokki ataupun kecap asin. 

Sumber foto: Google

Tokkebi Hot Dog

Jajanan yang satu ini juga udah banyak dijual di berbagai tempat makan di Indonesia. Yes, tokkebi adalah makanan sejenis corn dog yang dilapisi dengan potongan kentang goreng. Biasanya disajikan dengan tambahan mayonaise dan berbagai varian saus. 

Baca Juga:

Gara-Gara 'Squid Game' Dalgona Candy Naik Daun, Mau Tahu Cara Membuatnya

Cari Tahu Tentang Sikhye, Minuman di 'Hometown Cha-Cha-Cha'

Hangatkan Tubuh dengan Gamja Soup ala Chef Baek Jong Won

Sumber foto: Google

Dakkochi

Kalau Indonesia punya sate ayam, Korea punya dakkochi. Jajanan pinggir jalan yang satu ini berupa sate ayam yang dilumuri dengan bumbu saus manis dan saus pedas. 

Biasanya di tengah-tengah tusukan ayam terdapat daun bawang yang dipotong sebesar potongan daging ayam dan dibakar bersamaan. Teman iStyle udah pernah cobain belum?

Sumber foto: Google

Bbopki

Beberapa waktu lalu, jajanan yang satu ini sempat ngetren berkat adanya drama Korea 'Squid Game'. Permen yang biasanya disebut dalgona candy ini juga disebut bbopki. 

Sama persis dengan yang ada di drama tersebut, bbopki sendiri merupakan permen yang terbuat dari gula dengan aroma gula bakar yang khas. Biasanya juga diberi bentuk-bentuk lucu diatasnya, mirip gulali yang ada di Indonesia. 

Sumber foto: Google

Jipangi Ice Cream

Street food yang satu ini pernah sangat hits di Indonesia dan disebut jipangi ice cream Bentuknya unik dan beda dari yang lain membuat banyak orang penasaran dengan jajanan yang satu ini. 

Roti cone-nya terbuat dari jagung dan berbentuk pipa menyerupai huruf V, J, dan U. Ada juga cone berbentuk melingkar-lingkar yang lucu dan unik. 

Sumber foto: Google

Kkultarae

Teman iStyle tau jajanan arum manis yang ada di Indonesia kan? Nah kkultarae sendiri merupakan street food khas Korea yang mirip dengan arum manis namun terbuat dari madu yang dikeraskan, kemudian dicampur dengan tepung dan dibuat seperti benang. 

Perbedaan selanjutnya, kalau arum manis biasanya langsung disajikan tanpa isian, kkultarae sendiri disajikan dengan tambahan potongan kacang-kacangan di dalamnya. 

Itu dia berbagai street food khas Korea yang wajib kamu ketahui! Dari banyaknya jajanan tersebut, mana nih yang udah Teman iStyle cobain? 

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.