Lifestyle - 21 October 2021

Gara-Gara 'Squid Game' Dalgona Candy Naik Daun, Mau Tahu Cara Membuatnya?

Berlin Belladina - 21 October 2021
Gara-Gara 'Squid Game' Dalgona Candy Naik Daun, Mau Tahu Cara Membuatnya?

Ada yang ingat dengan scene di Squid Game di mana para participant disuruh memisahkan bentuk payung, bintang, lingkaran ataupun segitiga yang dipilih menggunakan jarum dari sebuah permen secara rapih tanpa terbelah? Scene tersebut membuat yang menonton pun ikut tegang, berasa sedang berada di dalam permainan tersebut.

Teman iStyle ada yang tahu gak permen tersebut itu apa? Honeycomb atau dalgona (ppopgi) candy adalah permen gula tradisional ala Korea yang bahan dasarnya udah pasti menggunakan gula.

Gara-gara muncul di Squid Game, dalgona candy jadi makin hits dan bikin penasaran masyarakat luar Korea. Teman iStyle bisa lho bikin dalgona candy di rumah, begini cara membuatnya.

Sumber foto: Freepik

Alat yang Perlu Disiapkan:

  • Sendok soup stainless steel atau panci kecil
  • Sumpit
  • Loyang anti lengket atau kertas perkamen
  • Spatula karet
  • Hotteok press atau mangkuk dengan dasar lingkaran datar atau panci kecil berdiameter kecil
  • Cetakan kue

Sumber foto: Freepik

Bahan – Bahan:

  • 2 sendok makan gula (gula pasir atau gula aren)
  • Sejumput baking soda

Cara Membuat Dalgona Candy:

  • Persiapkan semua alat masak dan bahan – bahan yang udah disebutkan
  • Pertama taruh gula pada sendok soup stainless steel lalu pegang di atas kompor menyala, aduk gula tersebut menggunakan sumpit sampai mencair. Biasanya membutuhkan waktu hingga 1 menit sampai gula mulai cair.

Baca Juga:

Pengen Lihat Sakura di Korea? Yuk Kunjungi Tempat-Tempat Ini!

Ide Cemilan Sehat Korea Yang Bisa Membantu Diet Kamu!

  • Atur tingkat panas api pada kompor, Teman iStyle perlu menaikkan atau mendekatkan sendok soup tersebut di atas api menyala supaya gula benar – benar mencair tanpa gumpalan.
  • Jika udah mencair secara keseluruhan, angkat sendok soup dari area api kompor lalu tambahkan sejumput baking soda. Perlu diingat jangan memberi baking soda terlalu banyak, supaya dalgona candy kamu gak pahit.

Aduk campuran tersebut, lama kelamaan adonan akan berubah warna seperti caramel. Sambil mengaduk letakkan sendok soup ke atas api yang masih menyala selama 5 detik jangan terlalu lama, ini supaya membuat kehangatan adonan tetap terjaga.

Sumber foto: Shutterstock

  • Tuang campuran gula dan baking soda yang masih panas ke atas loyang anti lengket atau kertas perkamen.
  • Tunggu campuran adonan dingin sekitar 45 detik, lalu tekan adonan secara perlahan menggunakan spatula karet untuk memastikan adonan gak menempel pada spatula.
  • Kalau adonan gak menempel pada spatula ini saatnya kamu menekan dalgona candy menggunakan hotteok press atau mangkuk ataupun panci kecil untuk meratakan dalgona. Beberapa orang mengaplikasikan sedikit minyak pada hotteok press untuk menghindari dalgona menempel di hotteok press. Pastikan alat yang kamu gunakan benar-benar datar ya.
  • Selanjutnya cetak dalgona candy dengan cetakan pilihan kamu secara kuat dan keras, dan langsung angkat cetakan jika bentuk udah muncul.
  • Biarkan dalgona candy mengeras dan voila, it’s ready to serve.

Sumber foto: Google

Sedikit tips buat Teman iStyle yang ingin membuat dalgona candy lebih dari satu. Untuk menghemat waktu dan tenaga, sebaiknya kamu rebus air menggunakan teko atau wadah apapun.

Setiap kamu selesai membuat dalgona candy, celupkan sendok soup ke dalam air mendidih tadi sebelum memulai membuat dalgona candy lainnya. Lalu lap sendok menggunakan kain bersih, dan Teman iStyle siap deh bikin dalgona candy lain.

Baca Juga:

Wow, Film D.O. EXO 'The Moon' Udah Selesai Shooting!

Sendok soup dibersihkan supaya gak banyak sisa-sisa dalgona candy yang menempel pada sendok. Jika masih ada sisa, simpan dalgona candy di dalam toples kedap udara dan letakkan di tempat dingin dan kering.

Mengingat negara kita yang cukup panas ini sebaiknya dalgona candy Teman iStyle simpan di dalam kulkas, supaya dalgona candy gak mencair dan lengket.

Bagaimana Teman iStyle, mudah kan cara membuat dalgona candy di rumah. Alat dan bahan-bahannya pun mudah ditemukan. Share pengalaman kamu bikin dalgona candy di kolom comment dan beri review terkait rasa dan tekstur dari dalgona candy buatan kamu.

Comments

You must Register or Login to post a comment.