Lifestyle - 10 October 2021

Cari Tahu Tentang Sikhye, Minuman di 'Hometown Cha-Cha-Cha'

Agatha Febry - 10 October 2021
Cari Tahu Tentang Sikhye, Minuman di 'Hometown Cha-Cha-Cha'

Teman iStyle pecinta Korean drama, pasti kamu gak melewatkan drama popular 'Hometown Cha-Cha-Cha' kan? Kamu juga gak asing lagi kan sama sebutan 'Sikhye' yang diberikan pada couple Hong Du-shik dan Yoon Hye-jin? 

Sebenarnya sikhye sendiri merupakan salah satu minuman khas Korea berbahan dasar nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi. Minuman ini biasa disajikan sebagai minuman ringan dan bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan lho!

Selain itu terdapat fakta lain tentang minuman yang satu ini. Kira-kira apa aja ya? 

Sumber foto: Google

Minuman Tradisional Korea

Seperti yang sudah dibahas sedikit di awal, sikhye merupakan salah satu minuman khas Korea berbahan dasar nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi. Lebih spesifiknya, sikhye adalah minuman yang terbuat dari bubuk barley malt atau tepung gandum (yeotkireum) yang dilarutkan dalam air panas dan disaring sampai ampasnya mengendap. 

Larutan air tersebut kemudian dituangkan ke dalam nasi yang telah direbus dan hasil rebusan inilah yang dinamakan sikhye. Untuk menambah rasa, orang-orang Korea biasanya menambahkan gula atau madu dan dilarutkan ke dalam minuman tersebut. 

Biasanya sikhye dibuat dengan memakai alat penanak nasi atau rice cooker yang kemudian disajikan dalam kondisi dingin. Untuk rasanya sendiri, sikhye dapat digolongkan ke minuman yang lembut dan gak memberikan rasa yang menonjol di dalamnya sehingga gak membuat bosan penikmatnya.  

Oh iya, beberapa orang membuat sikhye dengan menambahkan sedikit gamju yang bermakna minuman keras. Walaupun demikian, minuman ini gak dimasukkan dalam katagori minuman keras karena gak membuat orang mabuk. 

Minuman tradisional yang satu ini ternyata merupakan hidangan penting yang disajikan pada hari libur Nasional seperti Dano, Seollal dan Chuseok atau acara- acara khusus lainnya. Bisa diakui, sikhye memang merupakan minuman yang digemari oleh banyak orang Korea dari berbagai generasi. Tertarik mencobanya? 

Sumber foto: Google

Manfaat Sikhye

Minuman ini disajikan sebagai minuman ringan dan bermanfaat untuk melancarkan saluran pencernaan. Karena khasiatnya melancarkan pencernaan, maka sikhye sering disajikan sebagai hidangan pencuci mulut di tiap restoran di Korea.

Gak cuma diminum sebagai hidangan pencuci mulut, sikhye juga bisa ditemukan di tempat-tempat relaksasi seperti jimjilbang. Hal ini mengingat keterkaitannya dengan sejarah Korea pada zaman dahulu. Orang-orang Korea biasanya menikmati minuman ini setelah berendam di air panas. 

Baca Juga:

IU Minum Air Putih 4Liter Hari Perhari, Apa Aja Manfaatnya? 

Suka Yogurt Seperti Rosé BLACKPINK? Simak Manfaatnya Yuk!

Manfaat Teh Barley, Favorit Kim Go Eun Bintang ‘Yumi Cells’

Sumber foto: Google

Minuman Pertama Korea

Salah satu minuman tradisional khas Korea yang terbuat dari nasi yang difermentasikan dengan tepung ragi ini disebut-sebut merupakan minuman pertama di Korea lho! Menurut sejarah, minuman ini mulai dinikmati pada zaman Tiga Negara. 

Dalam sejarah Korea, tertulis bahwa Raja Kim Suro dari kerajaan Sillah memerintah anak cucunya untuk mengadakan selamatan setelah menyatukan Negeri Gaya. Minuman sikhye ini termasuk dalam sesajen didalamnya. 

Selain itu, ada juga catatan yang mengatakan bahwa sikhye juga merupakan salah satu hadiah yang dibawa oleh permaisuri sewaktu dinikahi sang raja. Karena beberapa fakta tersebutlah, sikhye dianggap sebagai minuman pertama bagi masyarakat Korea.

Sumber foto: Google

Variasi Sikhye 

Meskipun pada umumnya bahan baku pembuatan sikhye adalah nasi dan tepung ragi, namun seiring berjalannya waktu banyak orang Korea yang memvariasikan sikhye dengan campuran bahan lainnya. Ada yang dinamakan dengan andong-sikhye, yeonyeop-sikhye, dan hobak-sikhye. 

Seiring berkembangnya zaman juga, sikhye gak hanya diseduh secara tradisional tapi kini sudah tersedia dalam versi komersial yang dapat Teman iStyle temukan di beberapa toko yang ada di Korea. Biasanya versi komersial sikhye ini dikemas dalam bentuk kalengan ataupun botol.

Sumber foto: Google

Fakta Sikhye dalam ‘Hometown Cha-Cha-Cha’

Beberapa waktu terakhir ini, drama ‘Hometown Cha-Cha-Cha’ menjadi drama yang menggaet banyak perhatian publik. Acting gemes dari Kim Seon Ho dan Shin Min Ah buat rating drama ini berada di urutan teratas secara berturut-turut. 

Dalam sebuah wawancara terpisah, Kim Seon Ho mendeskripsikan bahwa chemistry-nya dengan Shin Min Ah dapat digambarkan seperti minuman sikhye. Yang mana hal ini mengartikan bahwa hubungan keduanya merupakan hubungan yang menyegarkan. 

“Sama seperti saat aku memikirkan (minuman) sikhye yang sejuk dan manis di musim panas, aku juga sering memikirkan pasangan Sikhye. Aku ingin memberikan perasaan yang sejuk dan manis untuk para penonton,” ungkap Kim Seon Ho dalam sebuah wawancara.

Dari wawancara itulah muncul sebutan ‘Sikhye Couple’ untuk keduanya. Hal ini juga didukung karena kedua nama mereka jika digabungkan dapat membentuk kata ‘sikhye’, yaitu Hong Du Sik diperankan dan Yoon Hye Jin. Wah, kebetulan banget ya! 

Itu dia beberapa fakta mengenai minuman yang sering disebut dalam drama ‘Hometown Cha-Cha-Cha’, Sikhye. Teman iStyle pengen cobain gak? 

Comments

You must Register or Login to post a comment.