Lifestyle - 28 March 2024

Tips Mengatur Pola Makan Ibu Menyusui Saat Puasa, Biar Gizi dan Kesehatan Tetap Terjaga

Rafa Syawalia R - 28 March 2024
Tips Mengatur Pola Makan Ibu Menyusui Saat Puasa, Biar Gizi dan Kesehatan Tetap Terjaga

Ibu menyusui yang ikut berpuasa perlu menjaga waktu tidur dan pola makannya. Ada beberapa hal yang perlu dipahami untuk ibu menyusui yang berpuasa. Sederhananya tubuh ibu akan tetap memproduksi ASI, mengganti waktu makan tidak akan memengaruhi ASI yang diproduksi oleh ibu, hanya saja kualitas nutrisinya berkurang. Maka dari itu, untuk ibu menyusui saat berpuasa harus menjaga pola makan dengan sahur dan berbuka tepat waktu. 

Lantas, apa upaya untuk menjaga nutrisi pada ibu dan si kecil? Berikut adalah tips mengatur pola makan ibu menyusui saat puasa yang bisa diikuti.

1. Makan-makanan Bernutrisi

Seperti yang dijelaskan di atas, bahwa ketika berpuasa nutrisi ASI berkurang. Namun, untuk menjaga asupan nutrisi ibu menyusui masih bisa memenuhi nutrisi seperti protein, karbohidrat, serat, lemak sehat, serta vitamin dan mineral contohnya dengan memakan sayuran (tomat, kol, jamur, brokoli atau kentang), buah-buahan (apel, pisang, mangga dan melon), makanan laut, kacang-kacangan dan daging.

2. Konsumsi Air Mineral

Ada pula risiko untuk ibu menyusui ketika menjalankan puasa, maka dari itu pastikan untuk mencukupi cairan dengan minum air mineral 2-3 liter per hari. Misalnya, setelah berbuka puasa, pastikan minum 5-6 gelas air putih dan minum 2-3 hari saat sahur supaya tidak kembung yang bisa menyebabkan mual.

Baca juga:

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

4 Ide Ngabuburit Seru Saat Bulan Ramadan Tiba!

3. Hindari Aktivitas Berat

Puasa bukanlah halangan untuk melakukan aktivitas biasa, namun untuk ibu menyusui aktivitas yang berat perlu dikurangi nih. Aktivitas yang berat bisa membuat kelelahan, selain itu juga, ibu harus tetap menyusui tanpa mendapatkan asupan kalori. Maka dari itu, istirahatlah bila tubuh sudah terasa lelah. Ibu tidak perlu khawatir juga karena ASI masih memproduksi ketika ibu menjalankan ibadah puasa.

Baca juga: Lapar, Ini 4 Makanan Sahur agar Kenyang Lebih Lama

Itu dia tips mengatur pola makan ibu menyusui saat puasa. Untuk memenuhi kebutuhan energi dan vitamin ketika berpuasa, kamu bisa segera menghampiri iStyle.id karena promo Bukan Ramadan Biasa masih berlangsung! Yuk, segera kunjungi iStyle dan jangan sampai kelewatan flash-salenya!

Comments

You must Register or Login to post a comment.