Lifestyle - 15 March 2024

Lapar, Ini 4 Makanan Sahur agar Kenyang Lebih Lama

Stefani Ditamei - 15 March 2024
Lapar, Ini 4 Makanan Sahur agar Kenyang Lebih Lama

Selamat menunaikan ibadah puasa bagi Teman iStyle yang sedang merayakan. Semoga berjalan dengan lancar, ya! Untuk menambah referensi tentang menu makanan saat bulan Ramadan, K-HUB bakal mengulas artikel singkat tentang 4 makanan sahur yang sehat dan bikin kenyang lebih lama. 

Sahur adalah aktivitas makan saat dini hari dan dilakukan sebelum menjalankan ibadah puasa. Setelah sahur, maka ibadah puasa akan berlangsung sampai tiba buka saat adzan maghrib. Kira-kira, makanan apa saja yang sebaiknya disantap saat sahur? Simak ulasannya di bawah ini!

4 Makanan untuk Sahur agar Kenyang Lebih Lama

Menu makanan sahur sebaiknya mengandung protein tinggi, mengandung serat, tinggi cairan, dan pastinya menyehatkan. Berikut adalah rekomendasi 4 makanan sahur supaya kenyang lebih lama, mana yang jadi favoritmu?

Sumber Foto: Google

1. Biji-bijian dan Kacang

Seperti pembahasan di atas, makanan sahur sebaiknya mengandung lemak sehat, serat, dan protein. Seluruhnya dapat Teman iStyle dapatkan dari mengonsumsi biji-bijian dan kacang, lho! Contoh makanan tersebut di antaranya adalah kacang tanah, kenari, dan almon. Jika dikonsumsi saat sahur, maka efek kenyang akan terasa lebih lama. 

Baca juga: 3 Tips Memakai Skincare yang Tepat Saat Puasa, Bikin Lembab Seharian!

Sedangkan contoh biji-bijian yang bisa dikonsumsi adalah biji kabu, flaxseeds, atau chia seeds. BIji-bijian dan kacang adalah makanan dengan size yang kecil, bagaimana saran penyajian? Biar semakin lezat, kalian dapat menambahkan kacang dan biji-bijian sebagai smoothie, salad, dan dikukus untuk dimakan langsung. Rasa dijamin enak! 

makanan sahur kenyang lebih lama

Sumber Foto: Google

2. Daging Tanpa Lemak

Makanan sahur selanjutnya yang gak kalah sehat dan mengenyangkan adalah daging. Namun, perlu diperhatikan untuk mengonsumsi daging tanpa lemak yang bisa kalian temukan pada dada ayam, ikan rendah lemak jenuh, dan daging sapi tanpa lemak. 

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Bibir Pecah-pecah Saat Puasa, Dijamin Aman!

Daging tanpa lemak mengandung protein tinggi yang membantu kalian menjadi lebih kenyang selama berpuasa. Sementara kandungan lemak yang rendah membuat makanan jadi mudah dicerna. Selain itu, daging tanpa lemak juga mengandung kalori yang rendah sehingga efektif untuk menjaga berat badan.

Sumber Foto: Google

3. Buah-buahan

Selanjutnya adalah menu makanan sahur yang mengandung berbagai vitamin, serat, dan cairan. Teman iStyle dapat menemukannya melalui buah-buahan dan sayur, seperti: brokoli, bayam, kale, pepaya, semangka, dan lain-lain. 

Buah dapat dikonsumsi sebagai makanan penutup atau dijadikan jus dan salad. Serat yang terkandung dalam buah dan sayuran baik untuk kesehatan tubuh, terutama pencernaan. Selain jadi menu sahur, buah-buahan dan sayur juga direkomendasikan sebagai menu buka puasa.

makanan sahur kenyang lebih lama

Sumber Foto: Google

4. Telur

Selain sehat dan mengandung protein berkualitas tinggi, telur adalah bahan makanan yang dapat diolah menjadi berbagai menu. Contohnya adalah telur balado, telur dadar, telur orak-arik, sayur santan, hingga direbus biasa. 

Baca juga: Mungkinkah Olahraga Pas Puasa? Ini 5 Fakta-Faktanya!

Fakta menarik lainnya, protein dalam telur membantu Teman iStyle mempertahankan kadar gula darah menjadi stabil saat menjalankan puasa. Yuk, mulai bikin menu sahur dengan menu telur, bisa dimulai dengan direbus, digoreng menggunakan sedikit minyak, atau dijadikan omelete sayur. Enak banget, ya!

Demikian informasi tentang 4 makanan sahur agar kenyang lebih lama yang bisa Teman IStyle coba. Semoga informasi di atas bermanfaat dan menambah referensi menu sahur yang sehat dan mengenyangkan. Selain itu, nikmati juga promo dan penawaran menarik ‘Bukan Ramadan Biasa’ di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.