Lifestyle - 21 March 2024

4 Ide Ngabuburit Seru Saat Bulan Ramadan Tiba!

Rafa Syawalia R - 21 March 2024
4 Ide Ngabuburit Seru Saat Bulan Ramadan Tiba!

Puasa merupakan ibadah wajib umat Muslim yang mengharuskan mereka menahan makan dan minum selama kurang lebih 13 jam. Selain menahan makan dan minum, umat muslim juga diharuskan menahan nafsu, amarah dan beberapa hal yang dapat membatalkan puasa itu sendiri. Dengan berpuasa, umat muslim juga akan lebih dekat Allah swt, secara batiniah.

Ketika puasa, di Indonesia punya tradisi unik menunggu waktu berbuka yaitu kerap kali disebut ngabuburit! Nah, untuk kamu yang bingung karena kehabisan ide ngabuburit simak artikel ini sampai habis ya!

1. Takjil War

Hal yang sering melengkapkan suasana ramadan yaitu berburu takjil atau sekarang dikenal dengan sebutan takjil war. Sebenarnya takjil sendiri artinya mempercepat atau menyegerakan berbuka. Namun, makna ini berubah secara budaya karena takjil kerap kali dikaitkan dengan hidangan berbuka. Saat ini sedang ramai takjil war yang juga diikuti umat agama lain, tentunya kegiatan ini sangat seru dan bisa ditemukan di bazar makanan atau pasar kaget.

2. Membaca Al-Qur’an

Puasa juga sering kali dikaitkan dengan tadarus atau membaca Al-Qur’an. Secara umum, umat islam sendiri menjalankan puasa selama 30 hari dengan mengkhatamkan Al-Qur’an. Supaya tadarus kamu terjadwal dan konsisten, perlu banget namanya jurnal dan reminder biar gak ke-skip! Membaca Al-Qur’an juga bisa dilakukan sendiri dan bersama teman-teman lho!

Baca juga: Mulai Besok, Cek Jadwal Puasa Ramadhan 2024, Mulai dari Imsak, Berbuka hingga Tarawih di Semua Daerah. Jangan Lewatkan!

3. Bersepada Santai

Sambil membeli hidangan berbuka, ngabuburit dengan bersepeda santai juga gak kalah seru nih! Bersepeda juga masuk ke kategori olahraga dengan intensitas rendah dan masih menjadi kegiatan yang seru untuk semua kalangan umur. Namun, pastikan kamu dalam keadaan fit dan memastikan sepeda dalam kondisi baik supaya tidak terjadi hal-hal yang mengganggu.

4. Mengasah Kreativitas

Nah, terakhir kalau kamu mau ngabuburit lebih produktif kamu bisa mengasah kreativitasmu! Misalnya kamu bisa melukis untuk menunggu waktu berbuka dan sedang gak mau pergi ke luar. Selain itu juga kamu bisa melakukan eksperimen untuk masakan terbaru atau beberapa menu yang mau kamu coba! 

Baca juga:

Dijamin Enak! Ini Resep Ayam Korea untuk Menu Takjil Bersama Keluarga

4 Jenis Olahraga yang Aman Dilakukan Ketika Puasa!

Itu dia 4 ide ngabuburit yang bisa dilakukan ketika sedang di luar rumah dan berada di dalam rumah! Pastikan, ibadah lain adalah hal yang paling penting dan juga puasa bukan alasan untuk bermalas-malasan ya! Selain menunggu waktu berbuka, di iStyle sedang berlangsung promo Bukan Ramadan Biasa yang bisa kamu lihat langsung di iStyle.id nih! Dapatkan penawaran terbaik dari beberapa brand terbaik serta pengiriman gratis bebas ongkir!

Comments

You must Register or Login to post a comment.