Lifestyle - 07 August 2021

Serupa Tapi Tak Sama. Yuk, Cari Tau Perbedaan Matcha dan Greentea

Siti Fatimah - 07 August 2021
Serupa Tapi Tak Sama. Yuk, Cari Tau Perbedaan Matcha dan Greentea

Siapa disini yang masih kesulitan dalam membedakan apa itu Matcha dan Greentea? Walaupun sama sama terbuat dari bahan baku utama yakni daun jenis teh hijau, ternyata cara pengolahan kedua bahan tersebut berbeda, loh! Yuk simak artikel dibawah ini.

Baca juga: Jangan sampai tertukar, ini dia perbedaan butter, mentega, dan margarin

Berasal dari Negara Tirai Bambu yang Terkenal Hampir di Seluruh Dunia

Pada umumnya, minuman ini terkenal di Negeri Sakura, akan tetapi produk ini merupakan minuman yang sebenarnya berasal dari negara Tiongkok. Pada dasarnya Teh hijau atau greentea merupakan bahan yang terbuat dari daun teh hijau yang dikeringkan sedangkan matcha adalah versi bubuk dari daun teh hijau itu sendiri. Matcha  dan teh hijau berasal dari tumbuhan yang sama, yakni camellia sinensis. Keduanya memiliki nutrisi dan mempunyai ragam manfaat yang baik untuk kesehatan Teman iStyle sekalian.

Baca juga: Perbandingan gizi telur ayam negeri, telur omega, dan telur ayam kampung

Sumber foto: Freepik

Perbedaan Matcha dan Greentea

Eits, walaupun sudah dikatakan berbeda, kamu harus tahu dimana perbedaan kedua jenis bahan pembuatan minuman yang kaya khasiat ini. Berikut beberapa perbedaan antara greentea dan matcha: 

1. Perbedaan Rasa

Walaupun sekilas rasa yang dihasilkan keduanya terasa sama, namun  jika dirasakan lebih lama maka greentea akan menghasilkan cita rasa yang agak sedikit pahit di lidah daripada matcha.

Hal ini membuat matcha yang kita kenal lebih sering dikemas dalam bentuk minuman yang lebih modern seperti latte yang memiliki tekstur yang agak halus dan manis.

2. Proses Pengolahan

Greentea diolah melalui proses pengeringan daun teh hijau dibawah sinar matahari. Selama proses ini daun teh hijau akan dipotong dan dimasukkan kedalam mesin untuk menghentikan fermentasi.

Sedangkan matcha sendiri, melalui daun teh yang ga boleh terkena sinar matahari selama kurang lebih 3 minggu sebelum panen. Kemudian daun yang sudah melalui tahapan tersebut dipisahkan dengan memilih daun teh hijau terbaik dengan membuang batang serta urat daunnya yang kemudian ditumbuk menjadi bubuk matcha.

3. Warna

Ketika keduanya diletakkan sejajar sepintas warna yang dihasilkan hampir sama persis. Akan tetapi warna yang dimiliki greentea  cenderung hijau kusam serta memiliki sedikit warna kecoklatan, sedangkan matcha memiliki warna hijau cerah.

Mengapa hal itu terjadi? Hal ini karena proses penjemuran langsung dengan sinar matahari yang dilalui proses pengeringan pada greentea yang mengakibatkan perubahan warna. Sebab, keteduhan dapat meningkatkan kadar klorofil pada daun sehingga dapat mengubah warnanya menjadi lebih cerah.

4. Kandungan Antioksidan yang baik

Pasti Teman iStyle disini banyak menggunakan masker atau alat kecantikan yang menggunakan bahan utama dari matcha. Well, ini dikarenakan matcha memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi ketimbang greentea.

Menurut penelitian, teh hijau atau greentea memiliki sekitar 63 mg antioksidan sedangkan matcha memiliki sekitar 134 mg catechins yang merupakan sejenis antioksidan yang banyak mengandung manfaat bagi kesehatan

Baca juga: Ini dia perbedaan gizi buah kiwi hijau dan kiwi kuning

Itu dia beberapa perbedaan antara Greentea dengan Matcha. Kini Teman iStyle ga perlu bingung lagi ketika ingin memilih kedua produk ini. Kamu bisa mendapatkan produk-produk kebutuhan dapur dan rumah tangga kalian di iStyle.id. Rasakan pengalaman #ngemalldarihape bersama iStyle sekarang, yuk!

Comments

You must Register or Login to post a comment.