Lifestyle - 31 May 2021

Ini dia perbedaan gizi kiwi hijau dan kiwi kuning

Siti Fatimah - 31 May 2021
Ini dia perbedaan gizi kiwi hijau dan kiwi kuning

Teman iStyle suka buah kiwi? Buah kiwi merupakan salah satu buah subtropis. Walau Selandia Baru lebih dikenal sebagai produsen utama kiwi dalam skala global dan juga memberikan nama "kiwi" kepada buah tersebut, karena mengacu pada burung kiwi yang merupakan simbol nasional Selandia Baru. Namun sebenarnya, buah ini berasal dari Tiongkok, tumbuh pertama kali di hutan Tiongkok pada abad ke-12, dan pada awalnya dikenal sebagai "berry Tiongkok”. 

Sekarang ini, kiwi ditanam di berbagai negara yang memiliki iklim yang cocok seperti Selandia Baru, Italia, Spanyol, Amerika Serikat, Cina, dan banyak lagi. Setiap negara memiliki kondisi tumbuh yang berbeda, tetapi kiwi biasanya membutuhkan musim panas yang hangat dan musim dingin yang sejuk untuk tumbuh dengan baik.

Baca juga: Manfaat vitamin C untuk tubuh

Jenis-Jenis Kiwi 

Secara umum, sda 2 jenis kiwi yang populer di Indonesia.

Sumber foto: Freepik

1. Kiwi Hijau.

Kiwi hijau memiliki rasa yang manis dan asam, dengan sentuhan berair. Kiwi putih cenderung lebih manis dan kurang asam dibandingkan dengan kiwi hijau. Rasanya juga lebih lembut dan lebih sedikit keasamannya. Kiwi hijau memiliki daging yang padat dan sedikit renyah, dengan biji kecil di sekitarnya. 

Sumber foto: Google

2. Kiwi kuning / kiwi emas

Sedikit berbeda rasa dengan kiwi hijau, kiwi gold memiliki rasa daging yang lebih manis dan lembut, meski tekstur buahnya belum matang sempurna. Kiwi gold lebih aromatik dalam rasa. Mengingatkan pada beberapa buah subtropis (strawberry, cherry, plum, apel, pir dan lainnya). Kiwi putih, di sisi lain, memiliki daging yang lebih lembut dan berair dengan biji yang lebih kecil dan lebih sedikit.

Baca juga: 3 Tips Cara Mengatasi Jerawat Di Pipi Dari V BTS

Perbedaan gizi Kiwi Hijau dan Kiwi Kuning

Menurut Dr. Ir. Nuri Andarwulan, MSI, dari Jurusan Ilmu dan Teknologi Pangan, Fakultas teknologi Pertanian, IPB, Bogor, bahwa kiwi kuning (golden kiwi) dan kiwi hijau berbeda varietasnya. Ukuran golden kiwi sedikit lebih besar. Daging buahnya berwarna keemasan, bertekstur lembut, dengan cita rasa lebih manis dibanding kiwi hijau.

Masa panen kedua buah ini juga berbeda. Kiwi kuning memiliki masa panen dari Mei - Agustus. Sedangkan, kiwi hijau pada bulan Mei - Januari.

Baca juga: Bintang 'Doctor Cha' Uhm Jung Hwa Bocorkan Rahasia Awet Mudanya!

Kedua buah ini sama-sama enak dengan keunikan dan ciri khas masing-masing. Buah ini juga cenderung mudah didapatkan. Tapi kalo teman iStyle ga mau ribet untuk keliling mencari buah kiwi ini juga tersedia di website atau aplikasi iStyle.id, loh!

Comments

You must Register or Login to post a comment.