Lifestyle - 28 July 2021

Baik untuk Diet? Ini Dia 7 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

Siti Fatimah - 28 July 2021
Baik untuk Diet? Ini Dia 7 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

Hai Teman iStyle! Kamu termasuk tim teh hijau atau teh hitam, nih?

Teh hijau telah menjadi minuman populer di seluruh dunia selama berabad-abad, terutama di Asia, terutama di negara-negara seperti China, Jepang, dan Korea. Teh hijau terbuat dari daun tanaman Camellia sinensis yang ga mengalami oksidasi seperti pada teh hitam. Teh ini ga hanya lezat, tetapi juga memiliki banyak manfaat kesehatan yang telah didukung oleh penelitian ilmiah. Apa aja manfaatnya? Yuk, simak artikel ini sampai habis.

Baca juga:

Perbedaan Cappucino dan Mochacino

Mengkonsumsi susu almond lebih sehat? Apa iya?

7 Manfaat Teh Hijau untuk Tubuh

1. Kaya akan Antioksidan

Salah satu alasan utama mengapa teh hijau begitu dihargai adalah kandungan antioksidannya. Teh hijau mengandung polifenol yang kuat, terutama katekin seperti epigallocatechin gallate (EGCG). Antioksidan membantu melawan radikal bebas dalam tubuh yang dapat menyebabkan kerusakan sel dan berbagai masalah kesehatan.

2. Menurunkan Risiko Diabetes

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu meningkatkan sensitivitas insulin dan mengatur kadar gula darah, sehingga dapat membantu dalam pencegahan diabetes tipe 2.

3. Menjaga Kesehatan Jantung

Studi menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu menjaga kesehatan jantung. Antioksidan dan polifenol dalam teh hijau dapat membantu menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), serta menurunkan tekanan darah, mengurangi risiko penyakit kardiovaskular.

4. Membantu Pengelolaan Berat Badan

Teh hijau telah dikaitkan dengan efek meningkatkan metabolisme dan membantu dalam pengelolaan berat badan. Kombinasi kafein dan katekin dalam teh hijau dapat meningkatkan pembakaran lemak dan membantu mengurangi penumpukan lemak di tubuh.

5. Menyehatkan Kulit

Teh hijau mengandung antioksidan yang dapat membantu melawan penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit. Ekstrak teh hijau sering digunakan dalam produk perawatan kulit karena khasiatnya dalam membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar matahari dan polusi.

6. Menurunkan Risiko Kanker

Meskipun bukti-bukti masih terbatas, beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi teh hijau dapat membantu dalam melawan beberapa jenis kanker, termasuk kanker payudara, prostat, dan usus.

7. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Kandungan katekin dalam teh hijau telah dikaitkan dengan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dengan meningkatkan daya tahan tubuh, kita lebih mampu melawan infeksi dan penyakit.

Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, ini dia bedanya americano dan long black

Nah itu dia manfaat dari teh hijau untuk tubuh. 

Teman iStyle ga perlu ribet kalo mau belanja kebutuhan rumah tangga atau dapur kalian. Karena sekarang ada iStyle.id. iStyle.id adalah ecommerce yang memiliki kategori Kopi dan Teh original dari authorized seller. Belanja di iStyle.id terjamin 100% original.

Comments

You must Register or Login to post a comment.