Lifestyle - 19 June 2021

Perbedaan Cappuccino dan Mochaccino

Siti Fatimah - 19 June 2021
Perbedaan Cappuccino dan Mochaccino

Teman iStyle pernah kebingungan ga waktu mau pesan kopi Cappuccino atau Mochaccino? Keduanya memiliki nama yang hampir sama, namun sebenarnya keduanya berbeda banget, loh.

Perbedaan antara Cappuccino dan Mochaccino melibatkan komposisi, rasa, dan tambahan bahan tertentu. Berikut ini penjelasan tentang perbedaan antara kedua minuman kopi tersebut, cara membuatnya, serta kandungan kopi dan perbedaan gizinya. Yuk baca artikel ini sampai habis.

Baca juga: Yuk, Bikin Camilan Ala Korea: Resep Corn Cheese

Perbedaan Cappuccino dan Mochacino

1. Cappuccino

Cappuccino terdiri dari 1/3 espresso, 1/3 susu steamed, dan 1/3 foam susu. Ini adalah minuman kopi yang khas dari Italia. Cappuccino memiliki rasa kopi yang kuat dengan lapisan busa susu yang lembut di atasnya. Biasanya, Cappuccino tidak memiliki tambahan rasa seperti cokelat atau sirup.

Cara membuat Cappuccino:

- Ekstrak 1 shot (sekitar 30 ml) espresso.

- Panaskan sekitar 100 ml susu dalam sebuah steamer untuk menghasilkan susu steamed dan foam susu.

- Tuangkan espresso ke dalam cangkir, kemudian tambahkan susu steamed secara perlahan.

- Terakhir, tambahkan foam susu di atasnya. Anda dapat membuat latte art di atas foam susu untuk tampilan yang lebih menarik.

2. Mochaccino

Mochaccino adalah variasi minuman kopi yang lebih manis dengan tambahan rasa cokelat. Biasanya, Mochaccino terdiri dari espresso, susu steamed, foam susu, dan sirup cokelat. Ini memberikan rasa kopi yang kaya dengan sentuhan manis cokelat.

Cara membuat Mochaccino:

- Ekstrak 1 shot espresso (sekitar 30 ml).

- Panaskan sekitar 100 ml susu dalam steamer dan tambahkan 1 sendok makan (15 ml) sirup cokelat.

- Tuangkan espresso ke dalam cangkir, kemudian tambahkan susu steamed yang sudah dicampur dengan sirup cokelat.

- Akhiri dengan menambahkan foam susu di atasnya. Anda juga dapat menambahkan taburan bubuk cokelat sebagai hiasan.

Baca juga: Resep Ganjang Gejang! Kepiting Mentah Berbumbu Khas Korea

Perbandingan Komposisi Kopi dan Gizi

Kandungan kopi

Kandungan kopi dalam Cappuccino dan Mochaccino bergantung pada seberapa banyak espresso yang digunakan dalam pembuatannya. Espresso umumnya mengandung sekitar 63 mg kafein per shot (30 ml). Oleh karena itu, Cappuccino dan Mochaccino memiliki kandungan kafein yang serupa jika menggunakan jumlah espresso yang sama.

Perbedaan gizi

Perbedaan gizi antara Cappuccino dan Mochaccino terutama tergantung pada jumlah susu dan bahan tambahan yang digunakan. Cappuccino biasanya memiliki lebih sedikit kalori dan lemak jika dibandingkan dengan Mochaccino yang mengandung tambahan cokelat dan sirup. Namun, perbedaannya dapat bervariasi tergantung pada jumlah dan jenis susu serta penggunaan gula tambahan.

Baca juga: Mau Punya Badan Ideal? Ini Dia Tips Diet Ala Karina aespa

Sekarang udah tau kan bedanya Cappuccino dan Mochaccino. Keduanya sama-sama menggunakan kopi espresso. Untuk Teman iStyle yang mau cobain bikin kopi sendiri, kamu bisa beli bahan-bahannya di iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.