Lifestyle - 19 June 2021

Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Bedanya Americano dan Long Black

Siti Fatimah - 19 June 2021
Serupa Tapi Tak Sama, Ini Dia Bedanya Americano dan Long Black

Perbedaan antara Kopi Americano dan Long Black adalah perbedaan dalam metode persiapan dan urutan penyajian espresso dan air panas. Meskipun keduanya merupakan minuman kopi hitam yang populer, terdapat beberapa perbedaan penting yang mempengaruhi rasa dan karakteristik masing-masing minuman. 

Baca juga: Resep jangeogui, Belut Bakar yang Gurih dan Nikmat a la Korea

Perbedaan dalam karakteristik dan rasa

Perbedaan utama antara Americano dan Long Black terletak pada karakteristik rasa yang dihasilkan. Americano memiliki rasa yang lebih ringan, karena air panas ditambahkan ke dalam espresso, sehingga menghasilkan minuman dengan volume yang lebih besar dan rasa yang lebih encer. Sementara itu, Long Black memiliki rasa yang lebih kuat dan pekat karena espresso ditambahkan di atas air panas, yang mempertahankan kekentalan dan intensitas rasa espresso. Selain itu, perbedaan lain dapat terlihat pada crema yang dihasilkan. Americano memiliki crema yang lebih sedikit dan tipis, sedangkan Long Black memiliki crema yang lebih kaya dan pekat.

Baca juga: Terbang Ke Itali, Lisa BLACKPINK Bakal Hadiri Event Bvlgari?

Metode dan Cara Pembuatan

1. Kopi Americano

Kopi Americano adalah minuman kopi yang terdiri dari espresso dan air panas. Untuk membuat Americano, terlebih dahulu espresso diseduh menggunakan mesin espresso. Kemudian, air panas ditambahkan ke dalam cangkir yang berisi espresso. Proses ini memberikan rasa kopi yang lebih ringan dan kurang pekat dibandingkan dengan espresso murni.

Cara membuat Americano:

- Ekstrak 1 atau 2 shot (30-60 ml) espresso menggunakan mesin espresso.

- Tambahkan sekitar 120-180 ml air panas ke dalam cangkir yang berisi espresso.

- Aduk rata, dan Americano siap disajikan.

2. Long Black

Long Black, yang populer di Australia dan Selandia Baru, adalah minuman kopi yang terdiri dari air panas yang dituangkan di atas espresso. Berbeda dengan Americano, Long Black dibuat dengan menuangkan air panas terlebih dahulu ke dalam cangkir, kemudian espresso ditambahkan di atasnya. Metode ini mempertahankan crema (lapisan berwarna cokelat keemasan yang terbentuk di atas espresso) yang kaya dan memberikan rasa kopi yang lebih pekat dan kuat dibandingkan dengan Americano.

Cara membuat Long Black:

- Panaskan sekitar 120-180 ml air hingga mendidih.

- Tuangkan air mendidih ke dalam cangkir terlebih dahulu.

- Ekstrak 1 atau 2 shot (30-60 ml) espresso menggunakan mesin espresso.

- Tambahkan espresso secara perlahan di atas air panas yang ada di cangkir.

Baca juga: Resep Hodugwaja, Kue Kenari Khas Korea Cocok Buat Teman Ngopi Sore

Jadi sekarang udah tau dong perbedaan antara kopi Americano dan juga Long Black. Teman iStyle lebih suka yang mana nih? Yuk bikin kopi kamu sendiri dan beli bahan kopi kamu di iStyle.id.

Comments

You must Register or Login to post a comment.