Lifestyle - 31 August 2021

Apa Aja Sih Manfaat Kimchi Buat Kesehatan? 

Agatha Febry - 31 August 2021
Apa Aja Sih Manfaat Kimchi Buat Kesehatan? 

Teman iStyle pasti udah gak asing lagi kan sama asinan sayur hasil fermentasi yang diberi bumbu pedas dari Korea ini? Yes, kimchi. 

Asinan sayur yang biasa dibuat sebagai bahan kimchi adalah sawi putih dan lobak yang difermentasi. Setelah digarami dan dicuci, potongan sayuran itu dicampur dengan kecap ikan, bawang putih, jahe, udang kecil, dan bubuk cabai merah.

Makanan pendamping beberapa sajian masakan khas Korea ini ternyata punya banyak manfaat lho!  Kira-kira apa aja sih manfaat dari kimchi buat kesehatan? 

Sumber foto: Google

Meningkatkan Fungsi Usus

Kimchi merupakan salah satu makanan yang digolongkan dalam kategori makanan fermentasi. Nah makanan fermentasi sendiri populer dengan kandungan probiotik yang ada di dalamnya. 

Kandungan probiotik sendiri merupakan kandungan bakteri baik yang bermanfaat bagi kesehatan, khususnya saluran pencernaan. Nah, karena kimchi merupakan makanan fermentasi, ia juga memiliki manfaat ini.

Dengan mengkonsumsi kimchi dalam jumlah yang normal, tubuh Teman iStyle bisa mendapatkan asupan probiotik yang dapat menjaga keseimbangan mikroba di usus. Hal ini dapat sekaligus meningkatkan fungsi usus kamu.

Kesehatan usus akan mempengaruhi efektivitas penyerapan nutrisi makanan lain di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi kimchi, kamu jadi berisiko lebih rendah mengalami masalah sakit perut maupun diare. 

Kandungan serat dari makanan fermentasi ini juga menghindarkan kamu dari sembelit dan masalah pada sistem pencernaan lainnya lho! Tapi ingat, kamu harus mengkonsumsi kimchi dalam batas normal ya! 

Sumber foto: Google

Membantu menjaga kesehatan jantung

Kandungan probiotik dalam kimchi gak cuma memberikan manfaat untuk sistem pencernaan, tapi juga dapat mencegah penyakit jantung. Sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang dimiliki oleh kandungan probiotik akan bekerja untuk menjaga kesehatan jantung.

Gak cuma itu, kandungan probiotik juga bisa berperan untuk menurunkan kolesterol dalam tubuh. Bahan kimia yang dihasilkan oleh bakteri probiotik juga dapat berperan untuk kelancaran metabolisme tubuh kamu.

Bahan kimia tersebut kemudian diserap ke dalam darah dan akan mengaktifkan reseptor di dalamnya untuk menurunkan tekanan darah. Hmm.. ternyata kandungan bakteri baik yang terdapat pada kimchi memiliki banyak manfaat ya! 

Baca Juga:

Sedang Diet? Makanan Korea ini Cocok Untuk Kamu!

Jumeok Bap, Bola Nasi Enak Khas Korea

Diet Sehat ala Artis Korea? Siapa Takut! 

Berpotensi Mencegah Kanker

Asinan sayur yang digunakan untuk kimchi biasanya berasal dari sayuran sawi dan lobak. Nah, sayur sawi ini termasuk dalam kelas sayuran cruciferous yang merupakan kelompok sayur yang mengandung senyawa anti-kanker.

Senyawa yang bersifat anti-kanker pada sawi adalah senyawa b-sitosterol dan asam linoleat. Nah manfaat dari senyawa ini bisa Teman iStyle dapatkan jika kamu menikmati kimchi dengan kondisi kematangan serta proses fermentasi yang sesuai. 

Dalam arti kimchi gak terlalu matang atau masih mentah. Wow, keren juga makanan khas Korea yang satu ini!

Sumber foto: Google

Meningkatkan Sistem Imun dan Anti Aging

Gak cuma kandungan bakteri baik atau probiotik, kimchi juga mengandung klorofil, fenol, karotenoid, dan vitamin C di dalamnya. Nutrisi yang ada dalam kimchi tersebut bermanfaat untuk sistem imun tubuh dan kesehatan kulit.

Klorofil bermanfaat untuk melancarkan pencernaan, mengatasi sembelit, meredakan peradangan, mencegah bau badan, dan menunda penuaan. Sedangkan fenol mengandung zat antioksidan yang berguna untuk melindungi sel-sel dari kerusakan akibat radikal bebas.

Selanjutnya, karotenoid dapat melindungimu dari berbagai risiko penyakit dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dan terakhir, vitamin C dapat mendorong sistem kekebalan tubuh lebih kuat dalam melawan infeksi. 

Vitamin C dan antioksidan yang terdapat didalamnya dapat membantu mengurangi radikal bebas dan merangsang produksi kolagen. Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan kulit agar tetap kenyal dan elastis. 

Manfaat tersebut mampu memperlambat proses penuaan kulit lho!

Cocok untuk Makanan Diet Sehat

Yang terakhir, kimchi juga termasuk makanan khas Korea yang cocok untuk pejuang diet! Hal ini dikarenakan kimchi memiliki kalori yang rendah, baik itu kimchi yang masih segar ataupun yang telah difermentasi. 

Untuk melakukan defisit kalori, tentunya kamu membutuhkan sajian makanan yang punya dari kalori yang rendah. Kimchi bisa menjadi salah satu menu makanan ataupun pelengkap makanan sehat yang biasa kamu nikmati! 

Satu porsi kimchi (100 gram) mengandung 7 gram karbohidrat, 17 kalori, dan 3 gram serat. Oh ya, kalori pada kimchi termasuk rendah karena kimchi gak mengandung lemak.

Meskipun kalori dari kimchi termasuk rendah, Teman iStyle harus memperhatikan porsi yang kamu makan ya. Menurut Colorado State University, kamu bisa mengkonsumsi kurang lebih 100 gram kimchi per hari dilengkapi dengan asupan serat dari makanan lain.

Sumber foto: Google

Gak cuma bisa dimakan langsung, kimchi juga bisa dijadikan bumbu tambahan pada masakan lain lho! Seperti sup kimchi, nasi goreng kimchi, ataupun menjadi pelengkap dan isian makanan seperti pizza, pancake, atau burger.

Bisa dibilang kimchi ini gak terlalu berbeda jauh dengan acar yang biasanya disajikan bersama nasi goreng atau martabak, punya cita rasa asin dan asam. Nah sedikit yang membedakannya adalah kimchi punya cita rasa jauh lebih kuat dengan ditambah rasa pedas dari bubuk cabai.

Nah itu dia manfaat kimchi bagi kesehatan tubuh Teman iStyle! Jadi ngidam menikmati sajian khas Korea ini kan? 



Comments

You must Register or Login to post a comment.