Lifestyle - 19 August 2021

Sedang Diet? Makanan Korea ini Cocok Untuk Kamu!

Agatha Febry - 19 August 2021
Sedang Diet? Makanan Korea ini Cocok Untuk Kamu!

Makanan Korea untuk orang diet? Yes, gak banyak yang tau lho kalau ada beberapa dari makanan Korea yang cocok buat yang sedang melakukan diet. 

Selain baik untuk kesehatan, beberapa makanan ini memiliki kandungan bakteri baik yang cocok untuk menurunkan berat badan dengan cara yang sehat. Kira-kira apa aja ya makanan tersebut? Teman iStyle bisa cek yang satu ini! 

Sumber foto: Google

Kimchi

Siapa sih yang gak tau makanan satu ini? Bukan rahasia lagi kalau kimchi merupakan makanan yang identik dengan sajian Negeri Ginseng yang masuk dalam daftar makanan sehat yang di dunia. 

Kandungan probiotik dalam kimchi sangat baik di dalam kimchi membuat sajian yang satu ini cocok untuk Teman iStyle yang ingin menurunkan berat badan. Ternyata kimchi merupakan salah satu makanan sampingan di setiap jam makan orang Korea lho! 

Gak kaget kalau banyak sajian khas Korea yang memakai kimchi sebagai bahan pelengkapnya. Kimchi yang enak memakan waktu fermentasi yang cukup lama dan bumbu yang cukup banyak. 

Pada proses fermentasi inilah terbentuk kandungan bakteri baik yang cocok untuk menurunkan berat badan. Kamu bisa membuat beberapa sajian makanan yang menggunakan kimchi sebagai bahan pelengkap. 

Contohnya seperti nasi goreng kimchi, sup kimchi, pancake kimchi, dan lainnya. Gak jarang kimchi juga dimakan untuk mendampingi lauk makanan maupun sebagai campuran di beberapa masakan lainnya. 

Banyaknya cara untuk mengolah kimchi mempermudah Teman iStyle untuk dapat mencoba memasaknya sendiri. Jadi, segera masukin kimchi sebagai salah satu pilihan makanan untuk diet sehatmu! 

Sumber foto: Pinterest

Donggeurang Ddaeng 

Berbeda dengan kimchi, mungkin makanan yang satu ini terdengar asing bagi Teman iStyle. Donggeurang ddaeng merupakan salah satu sajian khas Korea yang menyajikan steak tahu dan jamur. 

Biasanya sajian ini merupakan sajian halal, karena hanya berbahan dasar tahu dan jamur pyogo. Di Indonesia sendiri, jamur pyogo sering disebut dengan jamur shitake. 

Meskipun bentuknya seperti steak daging, rasa menu makanan yang satu ini unik karena berbahan dasar tahu. Biasanya sajian ini dicampur dengan minyak zaitun agar rasanya lebih nikmat. 

Kandungan kalori yang gak terlalu tinggi pada donggeurang ddaeng membuat sajian khas Negeri Ginseng yang satu ini kayak dimasukan dalam daftar menu diet kamu.

Baca Juga: 

Sosis Darah Sapi? Makanan Korea ini Gak Lazim di Indonesia

Diet Sehat ala Artis Korea? Siapa Takut! 

Sumber foto: Google

Dotorimuk

Yang satu ini termasuk salah satu sajian khas Korea yang unik. Terbuat dari biji pohon ek, dotorimuk atau yang juga disebut acorn jelly ini memiliki kandungan kalori yang cukup rendah.

Bahkan jika kamu gak menambahkan apapun saat menyantapnya, kandungan kalori dalam makanan ini adalah 0 kalori. Maka dari itu sajian yang satu ini cocok untuk Teman iStyle yang sedang melakukan program diet. 

Bisa dibilang makanan yang satu ini merupakan makanan jadul khas Korea yang dimakan oleh penatua terdahulu. Bahan dasar dari dotorimuk ini adalah ekstrak nutrisi dari biji pohon ek. 

Meskipun rasa asli dari sajian ini adalah hambar, Teman iStyle bisa menambahkan bumbu lain untuk mendapatkan rasa yang sesuai dengan lidah masing-masing. Dotorimuk juga bisa dimakan dengan menambahkannya ke dalam sup dingin atau Naengmyeon. 

Gak jarang juga beberapa orang menambahkan dotorimuk ke dalam salad sayur atau salad buah. Teman iStyle bisa mencoba membuatnya sendiri ya! 

Sumber foto: Google

Boribap/ Bubur Bibimbap 

Mungkin Teman iStyle udah gak asing dengan sajian Korea bernama bibimbap. Sajian nasi yang didominasi dengan sayur dengan sedikit daging serta bumbu ini memang sering dijadikan menu diet sehat oleh banyak orang. 

Tapi Teman iStyle pernah tau gak sajian bubur bibimbap atau yang disebut boribap ini? Boribap sendiri adalah sajian yang banyak ditemui di pinggiran Korea. 

Kalau nasi dalam bibimbap biasanya disajikan bersamaan dengan sayur dan sausnya, nasi di boribap dipisahkan dengan sayurnya. Nasi boribap juga berbeda, yaitu diberi sedikit minyak wijen dan wijen agar menambah cita rasa gurih dalam sajiannya. 

Campuran nasi dengan minyak wijen dan wijen inilah yang diberi sebutan ‘bubur’ oleh orang Korea. Banyaknya sayur yang terdapat pada makanan ini membuat sajian ini cocok untuk menjadi salah satu menu diet sehat kamu. 

Sumber foto: Google

Kimbab

Kalau yang ini pasti Teman iStyle sering jumpai bahkan sering menikmatinya kan? Yaps, kimbab merupakan salah satu makanan khas Korea yang cukup mudah dibuat. 

Kimbab bisa dikreasikan menjadi bermacam jenis dan ukurannya. Terbuat dari nasi yang dibungkus dengan rumput laut dan digulung sehingga menyerupai sajian khas Jepang, sushi. 

Kalau kamu ingin memasukkan sajian ini kedalam menu dietmu, kamu wajib mengganti isinya dengan timun, wortel, lobak, maupun sayur lainnya. Cara membuatnya yang praktis menjadi salah satu alasan Teman iStyle wajib memasukkan kimbab sebagai menu diet kamu. 

Ternyata lumayan banyak juga ya menu makanan khas Korea yang rendah kalori sehingga cocok untuk menu diet. Dari sederet menu diatas, Teman iStyle kepo nyoba yang mana nih? 

Lebih mudah, kamu bisa beli makanan Korea di iStyle.id ya yang langsung dikirim ke rumah kamu. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.