K-Pop Zone - 13 August 2021

Ketuk Palu, Seungri Mendapat Hukuman 3 Tahun Penjara

Berlin Belladina - 13 August 2021
Ketuk Palu, Seungri Mendapat Hukuman 3 Tahun Penjara

Buntut kasus skandal seks Burning Sun yang mencuat tahun 2019 menyeret salah satu Idol yaitu Seungri. Tepat tanggal 12 Agustus 2021 SBS News menyampaikan berita bahwa Seungri resmi mendapat hukuman 3 tahun penjara.

Banyak komentar bermunculan atas putusan hakim untuk kasus Burning Sun, nama Seungri pun masuk menjadi trending twitter worldwide. Beberapa netizen menyayangkan putusan hakim yang dianggap gak adil untuk Seungri karena barang bukti gak begitu kuat untuk menahan Seungri sampai 3 tahun lamanya.

Sumber foto: Google

Seungri bukan satu-satunya tersangka di kasus ini, salah satunya mantan CEO YG Ent Yang Hyun-suk juga masuk ke dalam daftar tersangka. Akibat perbuatannya, Hyun-suk keluar dari perusahaan yang ia bangun dan berhasil menjadi ‘The Big 3 Korean Agency’.

Kasus pengadilan Seungri udah berjalan sekitar 2 tahun semenjak skandal seks Burning Sun ini terbongkar. Ia didakwa dengan berbagai tuduhan seperti pengadaan dan mediasi prostitusi, penggelapan dana bisnis serta pendapatan, mendistribusi konten film illegal, percobaan memusnahkan barang bukti, pelanggaran tindakan sanitasi makanan dan yang terakhir perjudian illegal yang dilakukan sejak tahun 2015.

Seungri membantah atas semua tuduhan tersebut, namun sayangnya tuduhan-tuduhan itu tetap diteruskan ke kejaksaan. Sedikit recap buat Teman iStyle yang kurang mengetahui kasus ini, skandal Burning Sun menjadi salah satu terbesar yang pernah menimpa K-Pop industri.

Sumber foto: Google

Awal Mula Skandal Burning Sun

Berawal dari berita yang melaporkan dugaan penyerangan seorang laki-laki di Burning Sun, oleh seseorang staff. Setelah melakukan investigasi munculah beberapa dugaan kalau Burning Sun terlibat dalam prostisusi, narkoba, perdagangan manusia, dan korupsi polisi.

Baca Juga:

Bertemakan Balas Dendam, Udah Nonton 4 Korean Drama ini?

Bergelar S2, Para Idol Ini Tetap Mengutamakan Pendidikan

Pernah Ketemu Sasaengs, Member 2PM Menceritakan Hal Menakutkan

Lalu tuduhan skandal makin mencuat ketika pengakuan dari penyanyi Jung Joon-Young merekam hubungan seks dengan beberapa perempuan secara diam-diam dan menyebarkannya di room chat KakaoTalk tanpa consent dari perempuan tersebut. Dengan bangganya ia mengirim video-video seks miliknya serta menjadikan seorang perempuan sebagai objek seksual.

Seungri termasuk ke dalam percakapan di chat room tersebut, setelah percakapan chat room itu ter-expose dan berkembang seketika mempengaruhi beberapa selebriti seperti Yong Jun-hyung dan Choi Joong-hoon.

Seungri terduga melakukan penyerangan, peredaran narkoba, pelecehan seksual, serta prostitusi pada klien club malam Burning Sun. Namun gak ada bukti kuat ataupun saksi Seungri melakukan tuduhan-tuduhan tersebut.

Kabar yang beredar mengatakan kalau Seungri adalah CEO dari club Burning Sun, tapi ternyata CEO Burning Sun Lee Moon-ho menjelaskan kalau Seungri hanya seorang consultant dan membantu menghubungi DJ luar negeri untuk tampil di Burning Sun, ia gak ikut campur tangan dalam management club tersebut.

Bisnis yang benar-benar Seungri atur dan terjun langsung ialah Aori Ramen dan DJ label miliknya.

Comments

You must Register or Login to post a comment.