Lifestyle - 12 December 2021

Macam Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Berlin Belladina - 12 December 2021
Macam Makanan Korea yang Populer di Indonesia

Sebagai pencinta Korea kamu pasti penasaran dengan makanan Korea yang sering muncul di acara atau drama Korea. Semuanya bikin ngiler, baik itu makanan utama atau snack-snack nya.

Dari restoran sampai pedagang kaki lima banyak banget yang menjual makanan Korea karena minat dan permintaan masyarakat Indonesia semakin besar. Teman iStyle termasuk yang udah mencoba atau baru ingin mencoba makanan Korea tapi bingung harus coba yang mana?

Tenang K-Hub kasih tahu makanan Korea paling populer di Indonesia yang menggugah selera, yummy!

Sumber foto: Google

Tteokbokki

Tteokbokki adalah makanan Korea no.1 yang paling populer di Indonesia, masyarakat Indonesia terutama anak muda-nya suka banget sama tteokbokki. Banyak yang bilang kalau tteokbokki ini mirip-mirip dengan ‘seblak’, dari teksturnya yang kenyal serta rasa manis dicampur pedas masih familiar oleh lidah orang Indonesia.

Kalau lagi ke restoran Korea, pasti yang suka ditanyakan ialah “ada tteokbokki ga ya?”. Variannya pun bermacam-macam, ada yang menggunakan mozzarella, crispy, hot & spicy atau menggunakan saus jjang.

Kalau Teman iStyle perhatikan, semakin banyak pedagang kaki lima yang menjual tteokbokki khas Korea dengan harga yang cukup affordable. Di supermarket pun tteokbokki cepat saji mulai banyak ditemukan, so easy to make and people loves to enjoy it while watching K-drama.

Sumber foto: Google

Corn dog

Makanan satu ini gak hanya di gandrungi anak muda tetapi anak kecil dan orang tua juga Teman iStyle. Sebenarnya corn dog originally snack dari Amerika, tapi karena populer street food di Korea, lalu sering muncul di acara atau drama Korea, itulah kenapa corn dog dikenal sebagai makanan Korea oleh kebanyakan masyarakat Indonesia.

Baca Juga:

Tempat Hidden Gems yang Bisa di Explore di Korea Selatan

Di Korea sendiri corn dog biasa disebut “hasdogeu” yang artinya hot dog dalam bahasa Korea. Terdapat dua varian yaitu yang manis dan asin, manis berisi mozzarella dengan berbagai topping seperti coklat, krim susu, green tea, dll.

Sedangkan asin, berisi sosis, kentang atau dicampur dengan mozzarella yang topping nya hanya menggunakan saus dan mayonnaise. Kepopuleran corn dog meningkat setelah drakor Start-up menghiasi layar kaca dan menjadi hype saat itu.

Sumber foto: Google

Mandu

Snack satu ini juga gak begitu asing, kita biasanya menyebutnya dengan pangsit/wonton/dumpling dan udah ada bahkan sebelum Hallyu Wave masuk ke Indonesia. Cara masaknya pun sama, ada yang direbus, kukus dan di goreng.

Baca Juga:

Coba Buat Rabokki, Makanan Kesukaan June iKON

Menggunakan bahan dasar yang mirip yaitu daging cincang ataupun udang ditambah irisan sayuran lalu dibalut dengan lembaran tepung terigu. Mandu biasanya jadi cemilan tambahan untuk makanan utama menggunakan soy saus, biji wijen dan cabai bubuk/rawit iris.

Sumber foto: Google

Kimchi

Who doesn’t know kimchi? Makanan Korea yang dibuat dari sayuran sawi dan lobak Korea yang difermentasi dengan bumbu khas.

Kuliner satu ini paling sering ditemukan di restoran Korea, campuran rasa pedas dan asam menjadi keunikan dari kimchi. Meski sangat populer, tapi gak semua orang Indonesia suka dengan kimchi.

Baca Juga:

Selain Soju, Makgeolli Bisa Menemani Year End Party!

Namun buat sebagian orang yang menyukai kuliner khas Korea ini, menurut mereka sangat enak di makan dengan makanan lain atau disantap secara langsung. Kamu bisa membuat sendiri di rumah dengan jumlah banyak soalnya tahan lama jika disimpan dengan benar, atau beli secara instan langsung di supermarket maupun restoran Korea.

Sumber foto: Google

Kimbap

Gak kalah populer dengan makanan lain, kimbap sekilas mirip dengan sushi karena dari bentuk dan menggunakan nori pada bagian luarnya. Sebenarnya perbedaan sushi dan kimbap cukup jelas Teman iStyle, biasanya sushi kebanyakan menggunakan bahan dasar mentah.

Tapi kalau kimbap, dari bahan matang ditambah sayur-sayuran seperti wortel, timun, telur dan masih banyak lagi. Itu menjadi salah satu alasan kimbap jadi favorit orang Indonesia. Terlebih kimbap juga menjadi favorit artis-artis Korea seperti Tzuyu TWICE.

Sumber foto: Google

Odeng (Fish Cake)

Seperti tteokbokki, odeng juga sangat populer di Indonesia, banyak banget yang suka sama snack satu ini. Dimakan langsung atau dicampur dengan tteokbokki rasanya tuh enak banget kayak otak-otak gitu Teman iStyle.

Sama seperti di Korea yang bisa menjumpai odeng di jajanan pinggir jalan, di Indonesia pun odeng dijual sebagai street food dan di makan di sore hari sebagai snack.

Itu dia segelintir makanan Korea yang populer di Indonesia. Teman iStyle udah mulai ngiler ingin jajan makanan Korea?

Di Taste of Seoul kamu bisa merasakan makanan Korea populer yang udah disebutkan tadi dengan harga promo lho.

Comments

You must Register or Login to post a comment.