Beauty - 21 March 2024

Mungkinkah Melakukan Cycling Skincare Ala Beauty Influencer Korea Saat Berpuasa?

Rafa Syawalia R - 21 March 2024
Mungkinkah Melakukan Cycling Skincare Ala Beauty Influencer Korea Saat Berpuasa?

Teman iStyle ada yang pernah dengar cycling skincare? Tren perawatan kulit ini sempat viral di media sosial TikTok karena tren ini menawarkan metode perawatan kulit yang terbilang sederhana namun efektif. Selain itu, tren cycling skincare ini juga banyak yang mengatakan akan mendapatkan glass skin ala orang Korea. Seberapa efektifnya cycling skincare ini? Yuk, kita ulas bersama-sama.

Cycling Skincare adalah

Sebuah tren perawatan kulit yang viral karena seorang dokter Dermatologist bernama Dr. Whitney Bowe ini menawarkan cycling skincare dengan metode 4 hari di malam hari. Pada malam pertama, berfokus eksfoliasi, malam kedua fokus penggunaan produk retinoid, dan pada malam ketiga serta keempat fokus memulihkan kulit dengan produk yang memiliki efek soothing dan hydration. 

Mengaplikasikan cycling skincare ini difokuskan di malam hari supaya skincare bekerja dengan baik dan menghindari risiko iritasi akibat paparan sinar matahari. Meskipun belum ada penelitian berlanjut mengenai metode skin cycling, namun rutinitas ini cukup baik karena kulit terhindar dari bahan aktif keras secara terus menerus.

Baca juga: 

Apakah Skincare Membatalkan Puasa? Cek Faktanya Yuk!

3 Tips Memakai Skincare yang Tepat Saat Puasa, Bikin Lembab Seharian!

Manfaat Cycling Skincare Ketika Berpuasa

Ketika berpuasa, cycling skincare sangat berguna nih! Pasalnya, kamu akan lebih hemat waktu dengan menggunakan skincare tertentu di siang hari dan menggunakan tidak menggunakan banyak produk. Selain itu juga, perawatan ini bisa optimal mengingat puasa sendiri sering dikaitkan proses detoksifikasi tubuh. Jadi, sangat mungkin menerapkan cycling skincare ketika berpuasa.

Tren cycling skincare ini memberikan manfaat karena kulit tidak terus-terus terpapar bahan aktif. Skin cycling akan membantu memperbaiki skin barrier yang mana mudah rusak karena terlalu sering menerima banyak kandungan pada produk skincare. Cycling skincare juga memberikan manfaat untuk kulit yaitu mengurangi efek samping produk, karena semakin jarang kamu menggunakan suatu produk, maka semakin kecil terjadinya efek samping.

Begini Cara Menerapkan Cycling Skincare

Malam pertama, sebelum melakukan exfoliating pastikan membersihkan muka dengan cleanser dan keringkan. Kemudian gunakan exfoliator yang mengandung AHA, BHA, atau Mandelic Acid. Disarankan menggunakan chemical exfoliant dibandingkan physical exfoliator, karena chemical exfoliant akan memberikan hasil lebih efektif dan tidak merusak skin barrier.

Malam kedua, Dr. Bowe masih menyarankan menggunakan skincare dengan bahan aktif yaitu retinoid. Kandungan retinoid ini berfungsi untuk mempercepat proses regenerasi sel kulit dan memicu produksi kolagen pada kulit. Kalau baru pertama kali menggunakan retinoid, maka bersihkan wajah dengan benar. Gunakan pelembab ke daerah sensitif kulit untuk menghindari iritasi. Lalu gunakan secukupnya pada kulit dan gunakan moisturizer kembali supaya kulit tetap lembab.

Malam ketiga dan keempat, kamu hanya perlu fokus merawat kulit supaya terhidrasi dengan baik. Jeda ini dianggap lebih efektif karena kulit bisa berproses untuk mengembalikan kelembapan dan hidrasi setelah menggunakan bahan aktif. Disarankan menggunakan produk yang berfokus soothing dan hydrating.

Baca juga: Mungkinkah Olahraga Pas Puasa? Ini 5 Fakta-Faktanya!

Itu dia informasi mengenai cycling skincare yang bisa kamu terapkan ketika berpuasa! Selain perawatan tersebut, perlu disesuaikan gaya hidup yang baik dan seimbang juga ya! Dapatkan produk skincare yang pasti original serta suplemen kesehatan untuk menunjang puasa kamu di bulan ramadan dengan mengunjungi iStyle.id! Yuk, segera klaim promo Bukan Ramadan Biasa yang berlangsung selama ramadan!

Comments

You must Register or Login to post a comment.