K-Pop Zone - 05 February 2024

Heran! Seluruh Artis K-Pop Gak Masuk Nominasi Grammy Awards 2024

Adinda Fitriayu - 05 February 2024
Heran! Seluruh Artis K-Pop Gak Masuk Nominasi Grammy Awards 2024

Pada tanggal 4 Februari (waktu setempat), Grammy Awards ke-66 diadakan di Crypto.com Arena di Los Angeles, Amerika Serikat dan disiarkan langsung di Korea melalui Mnet. Grammy Awards terkenal sebagai penghargaan musik paling bergengsi di seluruh dunia, berada di antara tiga upacara penghargaan musik teratas di Amerika Serikat bersama American Music Awards dan Billboard Music Awards.

Memimpin nominasi Grammy Awards tahun ini adalah SZA, yang telah dinominasikan dalam sembilan kategori, termasuk 'Album of the Year' dan 'Record of the Year'. Nominasi terkenal lainnya termasuk Victoria Monet, Jon Batiste, boygenius, Billie Eilish, Olivia Rodrigo, dan Taylor Swift, yang siap menarik perhatian penonton musik global.

Namun, absennya artis K-Pop dari daftar nominasi Grammy Awards 2024 mengecewakan para pendengar global. BTS, khususnya, telah dinominasikan untuk kategori 'Penampilan Duo/Grup Pop Terbaik' selama tiga tahun berturut-turut, dimulai tiga tahun lalu, namun belum mendapatkan kemenangan.

Baca Juga:

Fakta-Fakta Menarik Tentang VCHA, Girl Group Internasional Besutan JYP Entertainment

Fakta bahwa BTS dan artis K-Pop lainnya gagal masuk dalam daftar nominasi tahun ini telah meningkatkan rasa penyesalan di kalangan fanbase internasional mereka. Meskipun banyak orang, termasuk media lokal seperti USA Today, mengkritik Grammy Awards karena konservatisme mereka, beberapa pihak di Korea mengaitkan gak adanya nominasi K-Pop dengan diskusi yang sedang berlangsung mengenai krisis di industri K-Pop yang muncul sejak tahun lalu.

Gak seperti upacara penghargaan lainnya berdasarkan tangga lagu atau voting, Grammy Awards dinilai berdasarkan musikalitas dan kesenian. Kritik ditujukan pada sifat konservatif panitia seleksi, yang sebagian besar terdiri dari laki-laki kulit putih berusia di atas 40 tahun, yang menyebabkan dominasi artis laki-laki kulit putih berbahasa Inggris dalam penghargaan tersebut.

Sebagai tanggapannya, Grammy Awards telah melakukan upaya untuk meningkatkan keberagaman dengan menambahkan juri non-kulit putih, perempuan, Asia, dan muda sejak tahun lalu. Dalam beberapa tahun terakhir, terjadi peningkatan signifikan dalam penghargaan bagi artis kulit berwarna dan artis wanita di Grammy Awards.

Baca Juga:

Lisa BLACKPINK dan Stray Kids Meriahkan Konser Amal Le Gala des Pièces Jaunes 2024 di Paris!

Terlepas dari perubahan ini, kegagalan K-Pop untuk menembus kubu Grammy menunjukkan masalah yang belum terselesaikan di industri musik Korea. Padahal, pada tahun 2023, penjualan album K-pop melampaui 100 juta unit, menandai rekor volume penjualan tahunan yang tinggi.

Namun, secara paradoks, terdapat diskusi mengenai krisis di industri K-Pop. Pandangan yang menunjukkan perlambatan pertumbuhan ekspor K-Pop telah muncul, yang mengindikasikan adanya keterbatasan dalam ekspansi. Beberapa orang berpendapat bahwa evolusi musik diperlukan untuk mengatasi hal ini.

By the way, kalau kamu mau beli merchandise K-Pop, kamu bisa beli di WithMuu iStyle.id lho. Karena koleksinya cukup lengkap, dijamin original, dan juga lagi banyak promo menarik yang bisa kamu dapetin. Buruan check out!

Baca Juga:

THEBLACKLABEL Dikabarkan Bakal Mendebutkan Girl Group Baru, Ada Anak Konglomerat

Comments

You must Register or Login to post a comment.