K-Pop Zone - 09 January 2024

NewJeans Memimpin, Melon Music Rilis ‘2023 Melon Annual Chart’

Rafa Syawalia R - 09 January 2024
NewJeans Memimpin, Melon Music Rilis ‘2023 Melon Annual Chart’

Sebagai platform musik terbesar di Korea Selatan miliki Kakao Entertainment, Melon Music, telah meluncurkan ‘2023 Melon Annual Chart’ yang menawarkan gambaran komprehensif tentang kinerja para musisi domestik dan internasional sepanjang tahun ini. Analisis tangga lagu tahunan ini menggali tren musik pop Korea dan luar negeri dengan mengumpulkan data dari tangga lagu domestik dan internasional.

Untuk melihat chart tahunan Melon, kamu perlu mengklik ‘By Period’ di bagian menu pada tampilan utama aplikasi Melon. Lalu, kamu bisa mengklik ‘View All Melon Chart’. Selanjutnya, kamu bisa melihat tren dan sejarah musik dengan mudah karena dengan jelas mengatur tangga lagu domestik dan luar negeri setiap tahun dari tahun 1964 di Korea dan dari tahun 1955 hingga 2023 di luar negeri.

Ada NewJeans, Tren Musik di Korea Didominasi oleh Girl Group

Pada tahun 2023, girl grup terus mendominasi dunia musik di Korea Selatan dengan membuat kemajuan luar biasa. Khususnya, tiga girl grup, NewJeans, IVE, dan (G)I-DLE, menegaskan popularitas mereka dengan mengamankan posisi teratas di tangga lagu tahunan domestik.

NewJeans yang mengumpulkan lima penghargaan di MMA 2023, menduduki posisi teratas di chart tahunan dengan lagu mereka ‘Ditto’. NewJeans juga semakin mengukuhkan status mereka sebagai ‘girl group populer’ dengan tiga lagu lagi di TOP10: ‘Hype Boy’ di posisi ke-2, ‘OMG’ di posisi ke-4, dan ‘Attention’ di posisi ke-8.

Baca juga:

Mengenal Fashion Y2K Melalui NewJeans

5 Ide Outfit Hangout ala NewJeans, Anti Ngebosenin

IVE menduduki puncak tangga lagu tahunan tahun 2022 dengan ‘LOVE DIVE’, mempertahankan kesuksesan mereka di tahun 2023, dengan tiga lagu yang masuk TOP10: ‘I AM’ di posisi ke-3, ‘Kitsch’ di posisi ke-6, dan ‘After LIKE’ di posisi ke-10.

(G)I-DLE mengamankan posisi ke-7 di chart dengan ‘Queencard’ yang menunjukkan popularitas abadi mereka.

Selain girl group yang menduduki puncak tangga lagu ini, girl grup lain seperti aespa, LE SSERAFIM, BLACKPINK, NMIXX, STAYC, H1-KEY, dan FIFTY FIFTY menunjukkan kekuatan mereka dengan memasuki 100 teratas.

Sumber foto: NaverNews

Boy Group dan Solois Masuk Dalam Tren Musik 2023

SEVENTEEN mencatatkan prestasi mereka sebagai boy grup top global dengan menduduki peringkat ke-15 dengan ‘Fighting (Feat. Lee Young Ji)’ dengan sub-unit SEVENTEEN BSS dan meraih peringkat ke-29 dengan ‘Super’. 

Selain itu, lagu ‘Let's Break Up’ karya Parc Jae Jung mengamankan posisi ke-9, sedangkan lagu ballad Sung Si Kyung ‘Every Moment of You’ yang dirilis pada tahun 2014, berada di posisi ke-19. Pencapaian ini memiliki arti yang lebih besar mengingat sebagian besar penampil terbaik di tangga lagu tahunan domestik adalah grup idola.

‘Love Lee’ dari AKMU yang dikenal karena duo yang menawan, mempertahankan kehadiran dominan dengan menduduki puncak tangga lagu mingguan Melon selama sembilan minggu berturut-turut dan mendarat di posisi ke-31 di tangga lagu tahunan. Lagu ‘Smoke’ juga memberikan pengaruh yang signifikan dalam kategori short-form dan menduduki peringkat ke-72.

Baca juga: Menang Daesang, Ini Daftar Album Pertama SEVENTEEN Hingga Sekarang!

Selamat untuk semua artis, grup dan musisi yang meraih prestasi baru! Itulah informasi yang mengenai tren musik di Korea Selatan. Selamat juga untuk NewJeans sebagai pendatang baru yang selalu mencetak prestasi mengagumkan! 

Selain menoreh prestasi sebagai penyanyi, NewJeans juga menjadi Brand Ambassador resmi CARIN yang saat ini bisa ditemukan hanya di iStyle, lho! Di awal tahun ini juga, sedang berlangsung nih promo Elevate Your Fashion with CARIN dengan diskon sampai 400K nih! Tunggu apa lagi untuk memiliki kacamata seperti member NewJeans? Yuk, claim promonya sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.