K-Pop Zone - 28 November 2023

Ningning aespa Akui Idap ADHD Ekstrim

Rafa Syawalia R - 28 November 2023
Ningning aespa Akui Idap ADHD Ekstrim

Maknae aespa, Ningning baru-baru ini diundang dalam konten YouTube BamBam, Bam’s House sebagai bintang tamu. Acara yang dihadiri oleh Ningning aespa tersebut diunggah ke platform YouTube pada 24 November lalu.

Saat itu, BamBam bertanya kepada Ningning kalau dirinya sering mendengar Ningning selalu berbaring dan memainkan ponsel selama di rumahnya. Ningning membenarkan pertanyaan tersebut dan mengatakan bahwa tindakan tersebut karena dia mengidap ADHD. Ningning juga mengatakan kalau dia mengidap ADHD ekstrim.

Apa Itu ADHD?

Apa itu ADHD? ADHD adalah akronim dari Attention Deficit Hyperactivity Disorder yaitu sebuah gangguan mental berupa perilaku impulsif dan hiperaktif. Penyakit mental ini bisa diturunkan 75% secara genetik (Allure Korea). 

Bagaimana ADHD pada orang dewasa terjadi? ADHD menunjukan gejala menurunya fokus, hiperaktif, dan impulsif. Sedangkan yang terjadi dewasa ini neuron di otak terhambat untuk berkembang, untuk gejala hiperaktif dan impulsif bisa dikendalikan dan hilang, namun untuk daya fokus tetap melemah.

ADHD sendiri memiliki spektrum gejala yang sangat luas, dari yang ringan dan berat. Selain itu juga, pengidap ADHD bisa merasakan gejala berbeda dari gejala-gejala umum ADHD itu sendiri. Seseorang yang mengidap ADHD disebut juga neurodivergent.

Baca juga:

Ningning aespa Buka Akun Weibo Pribadi, Apa Kata Netizen?

Tips Makeup Style Ningning aespa di MV ‘Spicy’ dari Sang Makeup Artist

Ningning aespa Akui Alami Kesulitan Berfokus

Lebih lengkap lagi, Ningning menjelaskan kalau dia gak bermain handphonenya, dia akan merasa kacau ketika di kamarnya. Ningning aespa mengakui kalau dirinya gak bisa membaca buku atau novel karena kesulitan untuk berfokus. Padahal, kegiatan tersebut adalah kegiatan yang disukai oleh idol kelahiran 2002. 

Meski Ningning aespa kesulitan untuk berfokus, Ningning juga mengatakan kalau dia mampu bekerja multitasking. Misalnya, Ningning bisa memainkan ponselnya dan mendengarkan atau berbicara dengan serius ke lawan bicaranya.

Baca juga: Siap Sambut Natal 2023, aespa Bakal Rilis ‘Jingle Bell Rock’ Versi Baru

Mendengar hal ini banyak sekali reaksi penggemar, MY mengenai kejujuran Ningning dengan penyakit ADHDnya. Menurut Centers for Disease Control and Prevention, terapi pengidap ADHD untuk orang dewasa khususnya memiliki 4 terapi yaitu, obat-obatan, psikoterapi, terapi perilaku, dan ketiga terapi yang dikombinasikan.

Comments

You must Register or Login to post a comment.