Fashion - 22 August 2021

Mengenal Apa Itu KAWS dan Rekomendasi Produk Terbaiknya

FX Prasetyo - 22 August 2021
Mengenal Apa Itu KAWS dan Rekomendasi Produk Terbaiknya

Tahukah kalian apa itu KAWS? Nama aslinya adalah Brian Donnelly, lahir di Jersey City tahun 1974.

Dirinya memilih nama panggilan KAWS hanya karena kombinasi huruf “I only liked the forms of k, a, w, s”.

Pengen tahu lebih lanjut tentang KAWS? Simak ulasan berikut ini sampai tuntas. iStyle juga akan membahas beberapa rekomendasi produk terbaiknya.

Tentang Apa Itu KAWS

Dengan 3 juta pengikut di Instagram saat ini, pada tahun 2019 KAWS menempati peringkat ke-18 dalam peringkat artis dunia, melampaui Roy Lichtenstein dan memperoleh omzet $89.765.357.

Ditambah dengan penjualan 867 karya dan lot teratas album KAWS, terjual seharga $12.728.000 di Sotheby's di Hong Kong. Sejak 2014, tahun dimana omzetnya melebihi satu juta dolar untuk pertama kalinya, ia telah mencapai pertumbuhan sebesar 273%.

Pada awal karir seninya, di tahun 90-an, Brian Donnelly menggunakan ciri khas “XX” miliknya dalam menciptakan karya seni pertamanya sebagai seniman jalanan. Faktanya, pada grafiti awal, Brian dengan keras kepala mereproduksi tag KAWS, yang seringkali menambahkan tengkorak bajak laut dengan tulang bersilang dan setiap rongga mata diisi huruf “X”.

Karya seni pertama KAWS diwakili oleh intervensi pada poster iklan fesyen, mulai dari GUESS hingga Calvin Klein. Ia melukis sedemikian rupa sehingga lukisannya sangat cocok dengan kampanye periklanan, seolah-olah itu adalah bagian darinya.

Pada tahun 2006 Kaws membuka toko independen OriginalFake miliknya sendiri, di distrik Aoyama Tokyo, bekerja sama dengan Medicom Toy. Jalinan antara “Original” dan “False” menegaskan ketertarikannya untuk mendobrak batas antara seni manual dan serial serta keinginan menjadi promotor bentuk kreativitas populer.

Baca juga: Keren! Kolaborasi Unik KAWS Dengan LOTTE yang Harus Dimiliki

Sumber: Google

Dimulainya Pembuatan Instalasi Holiday

Mungkin saat ini jika ditanya apa itu KAWS, banyak yang sudah mengenalnya lewat karya seni bertajuk “Holiday”.

KAWS mulai membuat instalasi Holiday pada tahun 2019, yang berpenampilan Companion dan ditempatkan di Victoria Harbour di Hong Kong. Tingginya 37 meter untuk sebuah karya terapung yang luar biasa, hingga mengundang orang-orang untuk bersantai sejenak, meninggalkan hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Selain itu Holiday KAWS juga dipamerkan di Danau Seokchon Taipei dan Seoul. Selanjutnya, sang seniman membawa mainan seni KAWS yang terkenal ke Shizuoka, di lereng Gunung Fuji.

Untuk acara tersebut, KAWS juga telah menciptakan merchandiser khusus berupa boneka mewah berbentuk Gunung Fuji setinggi 20 cm yang ditata dalam tiga warna.

Instalasinya tiba di Eropa pada tahun 2021. Namun bukan di perairan laut atau sungai mana pun, melainkan tiba-tiba muncul di langit Bristol . Pada kesempatan Bristol International Balloon Fiesta, KAWS Holiday telah menjadi balon udara panas bahkan lebih besar dari versi terapung mengingat tingginya saat itu 42 meter, yang membawa para tamu untuk menemukan keajaiban alam.

Baca juga: Bagaimana Pengaruh Nike Travis Scott Terhadap Dunia Sneakers?

Sumber: Google

Kolaborasi dengan Rumah Mode Ternama

KAWS mulai berkolaborasi dengan rumah mode pada musim semi/panas 2019. KAWS mengawali kolaborasinya dengan Dior sebelum menjadi seorang couturier.

Christian Dior sendiri sebenarnya adalah seorang pemilik galeri dan sangat mencintai seni, sehingga ia dikelilingi oleh tokoh-tokoh seperti Salvador Dalí, Pablo Picasso dan Giorgio De Chirico.

Patung karakter BFF khas KAWS setinggi 22 kaki, dihiasi dengan ribuan mawar merah muda. Patung itu menjulang di atas peragaan busana Dior di Paris Fashion Week, dan para model berjalan di landasan dengan membawa versi mewah dari sosok tersebut.

Kolaborasi antara KAWS dan Dior juga mencakup sweater, gantungan kunci, kaus kaki, pin, dan item lainnya yang dapat dikenakan, menggabungkan dunia mode kelas atas dan seni jalanan.

Sebelum menjalin kerja sama dengan Dior, ia berkolaborasi dengan A Bathing Ape, Undercover, Medicom Toy, Supreme, Nike, Comme des Garçons, NIGO, Jun Takahashi dan Michael “Mic” Neumann.

Rekomendasi Produk KAWS

Selain terkenal dengan patung Holiday-nya, KAWS juga memproduksi beberapa produk keren baik itu yang dirancang sendiri maupun hasil kolaborasi dengan merek lain. Misalnya seperti beberapa produk kerennya berikut ini.

apa itu kaws

Sumber: Google

1. Comme Des Garcons x KAWS Edition Logo T-shirt White Pink

Comme des Garcons T-shirt dibuat dengan standar premium di Prancis. Kaos cetak ini hadir berkat koleksi Comme des Garcons shirt x KAWS di tahun 2021 yang telah lama ditunggu-tunggu.

Menggabungkan bakat label dalam menjahit dengan sentuhan playful artis berbasis di New York. Desainnya memberikan dual branding yang berani pada intinya, dan bekerja sama dengan trim bergaris di leher untuk kenyamanan.

Sumber: Google

2. Travis Scott Cactus Jack x Kaws x Fragment L-S T-shirt

Ini adalah T-shirt lengan panjang hasil kolaborasi KAWS + Travis Scott Cactus Jack untuk pakaian segar Teman iStyle. Kaos dengan ukuran standar ini dilengkapi dengan lengan panjang, leher bulat, dan grafis Travis Scott x KAWS x Fragment di bagian depan dan belakang.

apa itu kaws

Sumber: Google

3. KAWS Tokyo First Puzzle 100 Pieces SPACE

Setahun setelah KAWS Holiday Space Figures dirilis, KAWS merilis versi lebih kecil dari figur populer dalam bentuk puzzle. Rilisan ini merupakan bagian dari pameran Tokyo First-nya di Mori Arts Center Gallery di Tokyo, Jepang.

Tokyo First Puzzle 100 buah ini menggambarkan KAWS Space Figure dalam warna perak favorit penggemar yang awalnya meniru penghargaan KAWS x MTV Moonman tahun 2013.

apa itu kaws

Sumber: Google

4. KAWS x sacai x Nike Blazer Low Red

Atasan rendah sacai Blazer Chitose Abai telah membawa tradisi kinesiologi ke tingkat yang baru, dan sekarang Abe mengundang teman-temannya untuk menyempurnakan desainnya.

Artis yang berbasis di Brooklyn, KAWS, menambahkan gayanya sendiri yang memukau ke low-top sacai Blazer terbaru Abe, kolaborasi sneakers pertama mereka. Setiap pasang low-top Sacai x KAWS Blazer menampilkan warna pop yang unik, menampilkan ukiran laser pola ‘XX’ KAWS yang terkenal di midsole.

Itulah ulasan singkat tentang apa itu KAWS. Selanjutnya beli ketiga rekomendasi produk KAWS di atas hanya di iStyle.id. Ingat produknya bisa dibeli di merchant iSport iStyle, ya!



Sumber:

The Strip Gallery

Hyped SG

Pacsun

Aphrodite1994

Stockx

Comments

You must Register or Login to post a comment.