K-Entertainment - 06 June 2023

Ini 5 Artis Korea yang Punya Agensi Sendiri, Salah Satunya Hyun Bin

Dina Pangestu - 06 June 2023
Ini 5 Artis Korea yang Punya Agensi Sendiri, Salah Satunya Hyun Bin

Tren para bintang Korea Selatan yang memulai agensi mereka sendiri sudah ada sejak lama. Beberapa agensi hiburan paling populer dibangun oleh selebriti. Sebut saja, Park Jin Young yang merupakan penyanyi sebelum dirinya menjadi pendiri JYP Entertainment.

Gak hanya Park Jin Young saja, Yang Hyun Suk yang merupakan pendiri YG Entertainment dulunya adalah seorang idol dari grup Kpop generasi pertama, Seo Taiji and Boys. Secara terus-menerus, penyanyi Kpop melanjutkan warisan ini hingga sekarang seperti Hyolyn, B.I., dan PSY.

Para artis Korea juga gak ketinggalan dalam bisnis ini. Yuk simak beberapa artis Korea yang membangun agensi sendiri!

Sumber foto: Soompi

1. Lee Byung Hun

Lee Byung Hun membangun BH Entertainment di tahun 2006 dengan niat mendukung para bakat muda dan mengelola aktor yang sudah mapan. Agensi miliknya sukses berkembang secara signifikan di mana nama-nama seperti Kim Go Eun, Park Hae Soo, Park Bo Young, Go Soo, Lee Jin Wook, dan Han Hyo Joo berada di bawah pengelolaannya.

Baca Juga: 5 Drama yang Pernah Dibintangi Lee Do Hyun, Terbaru ‘The Good Bad Mother’

Agensi Lee Byung Hun juga memperluas pasar luar negeri dengan bekerja sama dengan Sony Pictures dan Hakuhodo.

Sumber foto: Soompi

2. Lee Je Hoon

Lee Je Hoon juga mendirikan agensi sendiri, lho! Di tahun 2021, Lee Je Hoon meninggalkan agensinya yang lama, SARAM Entertainment setelah kontrak awal dengan agensi itu berakhir. Sang aktor membangun agensinya sendiri bernama COMPANY ON.

Nama tersebut adalah permainan kata dari "companion" yang mengimplikasikan bahwa tujuan agensi ini adalah untuk menyambut bakat-bakat yang punya hasrat yang sama dengan Lee. Selain Lee Je Hoon, agensi ini juga mengelola Kim Eun Bi yang berperan dalam ‘Taxi Driver 2’, drama yang juga dibintangi Lee Je Hoon.

Sumber foto: Instagram (vast.ent)

3. Hyun Bin

Sudah berkarier selama dua dekade, ternyata Hyun Bin pernah pindah agensi sebanyak tiga kali lho! Setelah meninggalkan agensi AM Entertainment, Hyun Bin membangun O& Entertainment bersama aktris Shin Min Ah.

Baca Juga: Sinopsis, Trailer, dan Profil Cast Drakor 'Celebrity' (2023)

Kontrak Hyun Bin dengan agensi tersebut berakhir di tahun 2015, lalu di tahun berikutnya sang aktor membangun agensi lain bernama VAST Entertainment. VAST melatih artis-artis baru di bawah bimbingan bersama Hyun Bin dan mentor aktingnya, Kang Kun Taek.

Sumber foto: Google

4. Ha Ji Won

Di tahun 2013, aktris Ha Ji Won meninggalkan agensi yang mana dirinya berada selama satu dekade, Wellmade STARM. Gak lama setelah itu, sang aktris mendirikan agensi miliknya bernama Haewadal Entertainment.

Baca Juga: Kumpulan Mahluk Mitologi di Drakor Tale of the Nine Tailed 1938

Gak hanya Ha Ji Won, agensi itu saat ini juga mengelola aktor Moon Jin Seung dan Choi Dong Goo.

Sumber foto: Soompi

5. So Ji Sub

Aktor So Ji Sub membangun agensi 51k dengan niat untuk mengelola kariernya sendiri dan gak bertujuan mengurus aktor-aktor muda. Tapi seiring berjalannya waktu, agensinya itu berkembang menjadi lebih besar.

Saat ini, agensi tersebut sudah mengelola talenta-talenta seperti N dari VIXX, Kim Doh Yon, Lee Seung Woo, Shin Ju Seop, dan Ok Taecyon.

Comments

You must Register or Login to post a comment.