K-Entertainment - 19 August 2021

10 Film Korea Tentang Detektif, Dijamin Bikin Penasaran

Tara - 19 August 2021
10 Film Korea Tentang Detektif, Dijamin Bikin Penasaran

Film Korea tentang detektif memang sudah cukup banyak beredar di pasaran dan langsung menjadi pilihan favorit pencinta film dunia. Selain menghadirkan keseruan tersendiri bagi para penonton, alur cerita film tentang detektif sudah pasti lebih menegangkan dan seru. 

Ketika kamu nonton film detektif, sudah pasti gak dapat dengan mudah mengalihkan mata untuk meninggalkan satu adegan pun. Apalagi keseluruhan cerita tersebut gak mudah ditebak dengan rangkaian teka-teki sepanjang film. 

Gak jarang film detektif dari Korea juga menyuguhkan kualitas akting dari artis-artis berbakat dengan totalitas menjalankan peran yang patut diacungi jempol. Itulah mengapa film bertema detektif menjadi salah satu genre favorit. 

Rekomendasi 10 Film Korea Tentang Detektif

Bosan dengan film bergenre drama romantis? Teman iStyle wajib menyimak rekomendasi 10 film detektif dari Korea di sini. 

Sumber foto: Google

1. Extreme Job (2019)

‘Extreme Job’ dirilis pada tahun 2019 dibintangi oleh Ryu Seung Ryong, Lee Hanee, Jin Seon Kyu, Lee Dong Hwi, dan Gong Myung dengan pengemasan komedi laga yang menarik. Tentunya sangat sayang jika kamu lewatkan.

Film ini berkisah tentang sekelompok detektif narkotika muda yang terdiri dari lima orang, yaitu Kepala Pasukan Detektif Go (Ryu Seung Ryong), Detektif Jang (Lee Hanee), Detektif Ma (Jin Seon Kyu), Detektif Young Ho (Lee Dong Hwi), dan Detektif Jae Hoon (Gong Myung). Dalam perjalanan misi terakhir yang diwarnai kegagalan, mereka mendapatkan satu kesempatan terakhir untuk menyelamatkan karier masing-masing.

Baca Juga: Ini Dia Korean Drama yang Di Tunggu-Tunggu Tahun 2021, Bisa Jadi List Series yang Kamu Harus Tonton!

Mereka berlima harus melakukan pengawasan rahasia terhadap suatu geng narkoba internasional dengan lokasi pengintaian di sebuah restoran ayam. Masalahnya, restoran itu akan segera gulung tikar jika gak melakukan inovasi bisnis yang optimal.

Mau gak mau, tim mencoba berinovasi pada menu sambil berusaha menjatuhkan geng narkoba tersebut. Ternyata inovasi mereka berhasil sehingga popularitas restoran menjadi menanjak, namun hal ini membuat mereka berada dalam situasi yang gak terduga. 

Sumber foto: Google

2. Dark Figure of Crime (2019)

‘Dark Figure of Crime’ dibintangi oleh Kim Yoon Seok, Ju Ji Hoon, Eo Ju Seon, dan Jin Seon Kyu. Pusat cerita film ini berfokus pada kehidupan seorang detektif di Busan, bernama Hyung Min.

Hyung Min selalu berusaha fokus dalam menyelesaikan kasus tanpa memikirkan perjalanan kariernya. Pada satu waktu, Hyung Min bertemu dengan seorang pemuda bernama Te O yang menyatakan bahwa ia menerima uang untuk menguburkan tubuh seseorang.

Ketika Hyung Min ingin mengungkap di mana lokasi penguburan, ternyata polisi datang dan langsung menangkap Tae O. Penangkapan ini membuat Tae O dijatuhi hukuman 15 tahun penjara.

Namun Tae O kembali memberikan pernyataan kepada Hyung Min melalui telepon. Ia mengaku telah melakukan sejumlah pembunuhan lain yang masih belum terungkap hingga detik ini.

Mendengar pernyataan Tae O, Hyung Min merasa bingung. Sekarang ia harus memilih, apakah harus memercayai omongan Tae O yang mungkin hanya permainan semata atau memang itu merupakan suatu kebenaran. 

Sumber foto: Google

3. Children (2011)

Umur film ‘Children’ memang sudah mencapai angka 10 tahun, namun film ini gak mungkin kamu lewatkan karena diangkat dari kisah nyata atas kasus hilangnya lima anak di sebuah bukit bernama Waryong pada tahun 1991. Tentu saja fakta ini membuat Children semakin menarik untuk ditonton segera.

Film ini menceritakan menghilangnya lima anak yang awalnya pamit untuk pergi ke gunung demi mencari katak. Ironisnya, mereka gak pernah kembali lagi.

Pihak kepolisian hingga produser TV mencoba memecahkan kasus ini. Pencarian yang dilakukan secara besar-besaran gak pernah membawa titik terang.

Baru sebelas tahun kemudian, polisi menemukan jasad dari kelima anak tersebut. Sebenarnya apa yang terjadi dengan mereka semua?

Baca Juga: Bikin Penasaran, Yuk Intip Tips Fashion Kasual Ala Para Pemeran “Sweet Home”

Sumber foto: Google

4. Cold Eyes (2013)

‘Cold Eyes’ dirilis pada 3 Juli 2013 dan dibintangi oleh Sol Kyung Gu, Jung Woo Sung, Han Hyo Joo, Jin Kyung, dan Lee Junho. Sutradara film ini sendiri adalah Cho Ui Seok dan Kim Byung Seo.

Film ini bercerita tentang detektif unit khusus dalam kepolisian yang saling bekerja sama untuk menangkap organisasi perampokan bank. Han Yoon Joo (Han Hyo Joo) telah dinyatakan lulus setelah mengikuti serangkaian ujian untuk bergabung dengan kepolisian sehingga ia ditempatkan sebagai anggota divisi pengawasan yang dipimpin detektif bernama Hwang (Sol Kyung Gu).

Pada saat bersamaan telah terjadi aksi perampokan oleh James (Jung Woo Sung). Tim detektif Hwang ditugaskan untuk menangkap organisasi perampokan James dengan berbagai macam halangan karena komplotan ini selalu menggunakan topeng sehingga sulit untuk diidentifikasi.

Sumber foto: Google

5. Forgotten (2017)

‘Forgotten’ dibintangi oleh beberapa aktor dan aktris terkenal, seperti Kang Ha Neul, Kim Mu Yeol, Na Young Hee, dan Moon Sung Keun. Dirilis pada tahun 2017, film ini menawarkan kisah misteri yang jarang kamu temukan di film lainnya.

Baca Juga: Sudah Berusia 40 Tahun, Pemain Penthouse Season 2 ini Tetap Cantik dan Menawan, Wow!

Kisahnya bermula dari Jin Seok (Kang Ha Neul) yang menderita penyakit neurasthenia kronis dan baru pindah ke rumah baru bersama keluarganya. Saat itu usia Jin Seok menginjak 21 tahun sehingga ia masih dalam masa kuliah.

Kehidupannya berjalan mulus hingga Jin Seok sering mendengar suara aneh di kamar pojok yang selalu terkunci. Terkadang ia juga sering bermimpi tentang laki-laki menyeramkan serta memergoki tingkah laku aneh kakaknya, Yoon Seok, yang kerap keluar kamar pada malam hari.

Rasa penasarannya yang tinggi membuat Jin Seok membuntuti kakaknya ketika keluar rumah pada malam hari. Sayangnya, tindakannya ini diketahui sang kakak yang membuat mereka kembali ke rumah.

Ketika ingin masuk ke dalam rumah, Yoon Seok diculik oleh segerombolan laki-laki menggunakan minivan hitam yang ternyata bukan kendaraan resmi Korea. Jadi, apa yang sebenarnya terjadi?

Sumber foto: Google

6. Man On High Heels (2014)

‘Man On High Heels’ berkisah tentang Yoon Ji Wook yang bekerja sebagai detektif pembunuhan dengan popularitas tinggi karena kemampuannya menangkap penjahat kejam. Ji Wook dihormati sebagai legenda dalam kepolisian, sekaligus ditakuti oleh pihak mafia karena kebrutalannya dalam menindak kejahatan.

Dibalik kemampuan dan popularitas, Ji Wook memiliki rahasia kelam yang harus disembunyikannya. Walau ia lahir sebagai laki-laki, kehidupan masa remajanya dijalankan sebagai wanita. Padahal dari segi fashion dengan kemeja putih Ji Wook sudah sangat menarik hati wanita. 

Fakta ini membuatnya mengambil risiko untuk melakukan operasi penegasan gender. Namun sebelum rencananya berhasil dijalankan, ada sebuah geng yang melakukan balas dendam kepadanya.

Sumber foto: Google

7. Phantom Detective (2016)

Film ‘Phantom Detective’ bercerita tentang Hong Gil Dong (Lee Je Hoon) yang membuka agensi detektif ilegal bersama presiden Hwang (Go Ara). Mereka ingin menangkap pelaku kriminal yang diinginkan mendiang ayah dari Hwang. 

Kemampuan Hong Gil Dong yang mampu melacak hampir semua orang dalam waktu satu jam mengalami tantangan tersendiri. Ia selalu gagal melacak Kim Byeong Duk (Park Geun Hyung), pembunuh ibu Hong Gil Dong yang sudah menghilang selama beberapa tahun.

Pada satu waktu, Hong Gil Dong mengetahui lokasi Kim Byeong Duk. Ternyata Kim Byeong Duk malah hilang diculik, sedangkan di lokasi tersebut hanya ada Dong Yi (Roh Jeong Eui) dan Mal Soon (Kim Ha Na), cucu Kim Byeong Duk.

Hong Gil Dong yang mencoba untuk membalaskan dendamnya memilih untuk membawa Dong Yi dan Mal Soon agar dapat menemukan Kim Byeong Duk. Apakah ia mampu menemukan pembunuh ibunya?

Sumber foto: Google

8. Memories of Murder (2003)

Mundur jauh ke tahun 2003, ada film Korea tentang detektif berjudul ‘Memories of Murder’. Film ini diangkat dari kisah nyata berdasarkan pembunuhan berantai pertama di Korea yang dilakukan oleh Lee Choon Jae pada kurun tahun 1986-1991 di Hwaseong, Provinsi Gyeonggi.

Kasus ini bermula pada tahun 1986 ketika ditemukan mayat perempuan muda yang diperkosa dan dibunuh dalam sebuah selokan. Kemudian ada satu korban pembunuhan lain yang lokasinya gak jauh dari titik pertama.

Park Doo Man (Song Kang Ho) yang mencoba memecahkan kasus ini mengalami kesulitan dikarenakan teknologi forensik belum ada pada era 1980-an. Kemudian Seo Tae Yoon (Kim Sang Kyung) datang untuk menawarkan bantuan, namun malah timbul konflik di antara mereka berdua.

Beruntung, perlahan-lahan mereka mulai memahami metode dan ciri khas dari tersangka pembunuhan. Titik terang dari kasus ini membuat mereka mengirimkan data ke Amerika Serikat untuk meminta bantuan dalam mengecek DNA dari terduga pelaku pembunuhan berantai. 

Apakah mereka mampu menemukan pelaku pembunuhan berantai ini? Teman iStyle wajib menyaksikan ‘Memories of Murder’.

Sumber foto: Google

9. Silenced (2011)

Ada satu film lain yang diangkat dari kisah nyata berjudul ‘Silenced;. Film ini bercerita tentang kisah nyata kasus pelecehan seksual yang dialami para siswa sekolah khusus anak tuli bernama Gwangju Inhwa School. 

Kang In Ho (Gong Yoo) melihat ada yang salah sejak datang ke sana sebagai guru baru. Bahkan ada beberapa murid yang menunjukkan gelagat aneh, seperti menutupi sebuah rahasia penting.

Setelah menyaksikan langsung beberapa kejadian mencurigakan, Kang In Ho sadar bahwa para siswa mengalami pelecehan seksual. Ia berusaha melaporkan kasus tersebut sambil dibantu Seo Yoo Jin sebagai karyawan di Pusat Hak Asasi Manusia Mujin.

Ternyata ada masalah mendalam yang sudah mengakar di sekolah tersebut. Kamu wajib menonton film ini karena bisa memahami beberapa nilai yang dapat dipetik. 

Sumber foto: Google

10. The Outlaws (2017)

‘The Outlaws’ sangat cocok bagi kamu yang senang dengan film detektif yang dipenuhi aksi serta ada bumbu thriller. Film ini dibintangi beberapa artis papan atas Korea Selatan, seperti Yoon Kye Sang, Jo Jae Yun, dan Choi Gwi Hwa.

Jang Chen (Yoon Kye Sang) yang berasal dari Tiongkok bekerja menjadi rentenir di suatu daerah kumuh. Ia memiliki kaki tangan, yakni Jin Seon Kyu dan Yang Tae dengan popularitas sebagai orang-orang haus darah.

Di sana juga terdapat detektif bernama Ma Suk Do yang ingin menciptakan perdamaian dalam daerah tersebut. Intrik film ini ditambah dengan dua geng yang kerap bertarung. 

Kondisi ini membuat Ma Suk Do dan pasukan polisinya menyusun strategi untuk menangkap Jang Chen sekaligus kaki tangannya. Apakah usahanya berhasil?

Baca Juga: Bertemakan Balas Dendam, Udah Nonton 4 Korean Drama ini?


Dari kesepuluh film Korea tentang detektif yang telah diberikan di atas, mana yang ingin Teman iStyle saksikan? Selain menonton film detektif yang menegangkan, kamu juga bisa mengikuti beberapa gaya aktris yang bermain di sini. K-Hub memiliki tips fashion artis Korea yang bisa kamu pilih!

Comments

You must Register or Login to post a comment.