Beauty - 29 May 2021

Tips Memilih Warna Lipstik, Makes Your Lips Better!

Berlin Belladina - 29 May 2021
Tips Memilih Warna Lipstik, Makes Your Lips Better!

Kalau bahas tentang makeup, lipstik pasti menjadi makeup item pertama yang muncul di pikiran kita. Memberi warna pada bibir membuat perbedaan significant pada muka.  

Selain memilih warna foundation dan bedak, lipstik juga salah satu makeup item yang agak tricky dalam pemilihan shade. Kadang kita suka sama warnanya tapi ternyata gak cocok sama warna kulit muka kita.

Warna lipstik yang salah bisa bikin look kamu jadi kurang oke. Pasti gak mau kan kamu udah tampil all out, eh gara-gara salah warna lipstik look kamu jadi drop.

Makanya penting banget milih warna lipstik yang cocok buat kamu. Banyak pertimbangan saat memilih warna lipstik, entah itu karena ingin mencoba warna baru, menyamakan look senada dengan pakaian, dsb.

Bingung cara memilihnya? Simak ulasan ini ya Teman iStyle.

Sumber foto: Instagram (solarkeem)

Ketahui Skin tone

Skin tone adalah komponen yang penting sebagai pertimbangan untuk memilih warna lipstik. Skin tone adalah warna kulit yang terlihat secara langsung dan terlihat jelas di mata kita.

Tipe-tipe skin tone ada 5 yaitu: fair, light, medium, tan dan dark. Buat yang memiliki skin tone berwarna fair atau light warna light pink, coral, peach, nude dan merah gelap cocok untuk kamu.

Warna lipstik rose, berry, cherry red, dan oranye bikin skin tone warna medium look stunning. Gimana dengan skin tone tan sama dark?

Teman iStyle yang punya skin tone tan, you’ll look gorgeous dengan lipstik warna coral, bright red. Keuntungan memiliki skin tone ini adalah kamu hampir cocok di semua shade kecuali shade coklat dan ungu.

Nah shade terbaik untuk dark skin tone yaitu shade coklat dan ungu seperti warna plum, caramel, wine, dll.

Pahami Undertone Kamu

Sekarang kita move ke undertone. Buat yang masih bingung, undertone adalah warna dasar yang ada di dasar kulit.

Basicnya, undertone hanya ada tiga tipe yaitu: cool, warm, dan neutral. Tapi sebenarnya tipe undertone bisa sangat luas, lebih dari ketiga tipe itu, seperti warm olive, cool red, warm yellow, dll.

Mengecek undertone bisa di lakukan sendiri dengan cara tes perhiasan, warna nadi, pakaian, dll. Kalau udah tahu warna skin tone dan undertone, K-Hub punya rekomendasi shade lipstik buat Teman iStyle.

  • Cool undertone: Fair atau light skin (soft mocha atau nude), medium skin (pink atau cranberry), tan dan dark skin (ruby)
  • Warm undertone: Fair atau light skin (peachy nude), medium, tan dan dark skin (copper atau bronze)
  • Neutral undertone: Neutral undertone range shade lipstik nya lebih luas dibandingkan tipe undertone yang lain. Kamu bisa mencoba shade pink buat skin tone fair atau light, shade ungu muda (medium skin tone) dan shade berry (dark skin)

Sumber foto: Instagram (yejinhand)

Bare face is the best

Selain dua komponen penting di atas, saat kamu mencoba shade lipstik baru disarankan muka kamu gak bermakeup a.k.a bare face. Karena makeup yang kamu gunakan bisa menyamarkan shade lipstik yang di coba.

Warna kulit juga sedikit berubah dengan makeup, so make sure muka kamu bare face pas nyoba shade lipstik, biar ketemu jodoh lipstik yang pas.

Kalau memang kamu udah bermakeup, jangan lupa untuk menghapus lipstik sebelumnya ya.

Warna gigi, Rambut dan Bentuk Bibir

Warna gigi, rambut dan bentuk bibir setiap orang berbeda-beda. Ini menjadi salah satu cara kamu dalam memilih shade lipstik.

Lucky you yang punya gigi warna putih, kamu cocok di segala macam shade lipstik. Sedangkan kalau gigi kamu agak kekuningan hindari warna coklat, ungu, warna terlalu terang dan merah.

Warna rambut juga menjadi bahan pertimbangan memilih shade lipstik lho, coba perhatikan warna rambut Teman iStyle. Rambut berwarna coklat dan gelap bagus menggunakan shade berwarna plum, nuansa pink atau coklat.

Sedangkan kalau warna rambut kamu cenderung terang, kamu cocok menggunakan shade berwarna kalem, dan gak terlalu bright. Bentuk bibir tipis dan tebal juga memberikan efek berbeda pada shade lipstik. Punya bibir tipis?

Hindari warna gelap dan terlalu mencolok, itu bisa membuat bentuk bibir kamu makin terlihat tipis. Sedangkan bentuk bibir tebal hindari warna yang terlalu terang, glossy dan berglitter.

Sekarang Teman iStyle tinggal coba deh tips-tips di atas. Udah tau lipstik apa yang mau di beli? Atau masih bingung varian warna-warna nya?

Langsung aja cek di iStyle.id! Dari berbagai macam brand local, international dan Korean ada di sana. Go check it Teman iStyle!

 

Comments

You must Register or Login to post a comment.