K-Pop Zone - 10 March 2021

Wajib Dengar! Lagu Terbaik Super Junior

Berlin Belladina - 10 March 2021
Wajib Dengar! Lagu Terbaik Super Junior

Terbentuk di tahun 2005, Super Junior yang merupakan boy group besutan SM Entertainment telah menjadi salah satu grup K-Pop paling ikonik sepanjang masa berkat koleksi diskografi mereka yang disukai penggemar K-Pop di seluruh dunia. Di tahun 2021 ini, Super Junior akan merilis album terbaru mereka yang berjudul The Renaissance yang merupakan album studio kesepuluh mereka. Awalnya album ini dijadwalkan rilis bulan Desember 2020 lalu dan single pre-release berjudul “The Melody” telah lebih dulu dirilis pada bulan November 2020 untuk merayakan ulang tahun ke-15 Super Junior. Namun perilisannya diputuskan untuk diundur ke tanggal 16 Maret 2021 demi mengejar kualitas terbaik untuk para penggemar. Sebelum membeli album terbaru ini, Teman iStyle coba dengarkan lagi yuk pilihan lagu-lagu terbaik Super Junior yang wajib kamu dengarkan.

“Sorry, Sorry” (2009)

Kalau mendengar nama Super Junior, lagu dan koreo “Sorry, Sorry” mungkin yang paling pertama diingat dan dikenal oleh banyak orang, bahkan oleh bukan penggemar K-Pop sekalipun karena lagu ini memang begitu ikonik dan adiktif. Lagu ini sendiri merupakan album studio ketiga mereka yang dirilis 12 Maret 2009 dan menjadi album Super Junior pertama yang tak hanya menjadi juara satu di Korea Selatan saja tapi juga negara-negara lain. Saking legendarisnya, lagu ini seperti lagu wajib yang harus bisa dikuasai oleh semua idol K-Pop lain setelah mereka, tapi tentu tidak ada yang mengalahkan karisma Super Junior saat membawakan lagu dengan video musik hitam-putih yang stylish ini. Bisa dibilang ini adalah era puncak Super Junior dengan formasi 13 member yang masih lengkap.

“Bonamana” (2010)

Menyusul kesuksesan “Sorry, Sorry” yang fenomenal, Super Junior merilis album studio ke-4 di tanggal 13 Mei 2010 dengan judul “Bonamana”. Walaupun album ini hanya menampilkan 10 member, tapi “Bonamana” sukses menjadi lagu Super Junior tercepat yang meraih peringkat satu di music shows. Hal ini berkat beat electropop yang catchy dan koreo powerful yang menampilkan sisi mature Super Junior sebagai konsep utama album dan lagu ini. Sampai sekarang pun konser Super Junior gak akan terasa lengkap kalau mereka tidak membawakan lagu ini.

“No Other” (2010)

Versi repackaged album Bonamana menampilkan empat lagu baru dan salah satunya adalah “No Other”, sebuah lagu dance-pop yang menampilkan sisi manis Super Junior. Karena lagu ini disukai banyak orang, maka lagu ini pun dibuatkan video musiknya yang sukses membuat para fans Super Junior gemas dengan tingkah adorable dan cute para member Super Junior yang berkesempatan menampilkan vokal terbaik mereka di lagu ini. Kalau Teman iStyle lagi jatuh cinta sama seseorang, coba deh dengerin lagu ini dijamin kamu akan makin baper dan jadi senyum-senyum sendiri.

“Mr. Simple” (2011)

Lagu ini merupakan lagu utama untuk album penuh kelima Super Junior yang rilis 3 Agustus 2011 dan masih menampilkan 10 member. Lagu ini sering disebut lanjutan “Sorry, Sorry” karena punya beat repetitif yang mirip tapi lebih kekinian. Dan memang dari penjelasannya pun lagu ini menjadi bagian terakhir dari konsep SJ FUNKY setelah “Sorry, Sorry” dan “Bonamana”. Liriknya sendiri mengajak orang untuk menjalani hidup dengan cara yang sederhana dan santai. Lagi-lagi berkat lagu ini, Super Junior berhasil membawa pulang penghargaan Album Terbaik di tahun 2011.

“Sexy, Free & Single” (2012)

Album studio ke-6 yang rilis 4 Juli 2012 ini menandai kembalinya Kangin ke Super Junior setelah menyelesaikan masa wajib militernya, tapi sayangnya juga menjadi album pertama tanpa Heechul yang gantian masuk wamil dan tak mengikuti promosi album ini. Dua member lain yaitu Leeteuk dan Yesung juga menjalani wajib militer begitu album ini dirilis. Lagu penuh percaya diri ini mengusung genre Soulful House yang menggabungkan house music, soul, R&B dan membuktikan kalau Super Junior adalah grup yang cepat beradaptasi dengan perubahan jumlah member maupun jenis musik yang bisa mereka bawakan.

“Mamacita” (2014)

Single utama dari album studio ke-7 Super Junior ini menegaskan kalau Super Junior memang berani mencoba genre-genre baru dan tak takut bereksperimen dengan warna musik mereka. “Mamacita” memiliki sentuhan musik Latin yang kental dan gabungan elemen lain yang belum pernah dibawakan oleh Super Junior sebelumnya. Lagu ini pun menandai kembalinya Heechul dan Leeteuk dari wajib militer dan siap memperkuat Super Junior kembali.

Selain enam lagu di atas, Super Junior pun masih memiliki banyak lagu ikonik lainnya seperti “Devil”, “Lo Siento”, dan “One More Time” yang membuktikan kalau Super Junior termasuk grup K-Pop paling legendaris dan tak lekang oleh zaman. Tak pernah berhenti berkarya, mereka pun sudah menyiapkan kejutan terbaru untuk para fans berupa album terbaru dengan judul The Renaissance.

Album ini sangat spesial karena menjadi album kesepuluh Super Junior sekaligus menandai perjalanan 16 tahun karier mereka. Album ini kabarnya akan berisi 10 lagu namun untuk single utamanya masih dirahasiakan. Tapi beberapa lagu sudah diperkenalkan sebagai pre-release single seperti “Burn the Floor” dan “Tell Me Baby”. Yang bikin album ini tambah spesial adalah kembalinya Heechul karena ia cukup lama absen dari aktivitas perform bersama Super Junior akibat cedera kaki yang lumayan lama.

Sesuai judulnya, album ini menampilkan tiga konsep elegan dan klasik yang dipadukan dengan unsur modern, yaitu: Passionate, Versatile, dan Beautiful di mana para member pun dibagi ke tiga sub-unit dengan masing-masing konsep tersebut. Passionate beranggotakan Siwon, Donghae, dan Leeteuk, Sementara di Versatile ada Shindong, Eunhyuk, dan Kyuhyun. Terakhir, di Beautiful ada Heechul, Yesung, dan Ryeowook.

Wah kira-kira ketiga unit ini bakal kasih kejutan dan performance seperti apa ya? Daripada cuma penasaran dan menebak-nebak, Teman iStyle bisa langsung pre-order album The Renaissance di iStyle.id yang pasti dijamin original dan penawaran harga yang menggiurkan. Jangan sampai kehabisan, Teman iStyle!

Comments

You must Register or Login to post a comment.