Lifestyle - 17 July 2023

Macam-macam Tempura Sayur Ala Korea (Yache Twigim)

Stefani Ditamei - 17 July 2023
Macam-macam Tempura Sayur Ala Korea (Yache Twigim)

Tempura adalah sejenis gorengan dengan ciri khas adonan tepung yang tebal dan renyah. Makanan ini sering ditemui di Asia, terutama Jepang dan Korea. Apapun bisa jadi tempura, baik itu daging maupun vegan yang memanfaatkan sayuran.

Di Korea, tempura sayuran disebut juga sebagai yache twigim, yakni tempura yang terbuat dari bermacam-macam sayuran. Kali ini K-HUB bakal membahas macam-macam tempura sayur ala Korea (yache twigim) yang bisa kalian coba. Simak ulasannya di bawah ini, ya!

Resep Adonan Tepung Tempura Ala Korea

Sebelum membahas tentang macam-macam sayuran yang bisa diolah jadi yache twigim, sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu resep membuat adonan tepung tempura ala Korea. Setelah membuat adonan tepung, kalian bisa campurkan dengan sayuran yang dipilih sesuai selera. Lantas, bagaimana cara buat adonan tepung tempura ala Korea? Pertama, Teman iStyle harus persiapkan terlebih dahulu bahan-bahan berikut:

Bahan-bahan adonan tepung tempura:

  • Tepung terigu
  • Tepung maizena
  • Soda bikarbonat secukupnya
  • 1 buah telur ayam
  • 1 cangkir air soda yang dingin
  • Minyak sayur untuk goreng tempura
  • Tepung terigu untuk melapis adonan

Setelah bahan-bahan terkumpul, segera campurkan tepung terigu, maizena, dan soda bikarbonat dalam satu wadah. Kemudian tambahkan 1 buah telur di tengah-tengah adonan, campur gunakan sumpit dengan cara dikocok secara pelan-pelan. Selanjutnya, taruh adonan ke dalam wadah yang diisi air es. Nantinya adonan ini bakal dipakai untuk mencelupkan sayuran dan dilapisi dengan tepung terigu.

Macam-macam Tempura Sayur Korea (Yache Twigim)

Setelah selesai membuat adonan tempura, selanjutnya adalah macam-macam sayur yang bisa dipakai untuk membuat yache twigim, yakni tempura sayur yang lezat dan renyah. Berikut ini adalah contoh sayuran yang direkomendasikan.

Tempura Sayur Korea

Sumber Foto: Google

1. Terong (Gaji Jeon)

Di Korea Selatan, terong digunakan sebagai bahan utama membuat gaji jeon atau tempura terong. Kalau kalian sudah punya adonan tepung tempura, membuat gaji jeon sangatlah mudah. Cuci bersih terong, potong sesuai selera, celupkan ke dalam adonan tepung dan goreng sampai matang kering. 

Baca juga: Mudah Banget! Resep Kimchi Ramyeon untuk Akhir Pekan

Sumber Foto: Google

2. Cabai (Gochu Twigim)

Tempura sayur selanjutnya adalah gochu twigim, yakni tempura yang memanfaatkan cabai besar sebagai bahan utamanya. Pilih cabai berukuran jumbo, potong bagian tengah untuk mengeluarkan biji cabai. Masukkan sosis atau daging ke dalam cabai yang sudah dipotong, celupkan ke dalam adonan, dan goreng sampai matang.

Baca juga: 6 Resep Masakan Korea Vegetarian yang Mudah dan Sehat

Sumber Foto: Google

3. Tempura Bayam Crispy

Sama seperti di Indonesia, bayam di Korea Selatan juga diolah menjadi camilan renyah, lho! Cukup campurkan bayam dengan adonan tepung tempura, bisa digoreng kering atau basah (sesuai selera). Selain digoreng jadi tempura,  sayuran yang satu ini bisa diolah menjadi keripik bayam.

tempura sayur korea

Sumber Foto: Google

4. Tempura Jamur Enoki

Sayuran selanjutnya yang bisa diolah jadi tempura adalah jamur. Hampir seluruh jenis jamur bisa diolah dengan cara digoreng, tapi di Korea, yang sering dimasak jadi tempura adalah jamur enoki. Adonan tepung tempura yang sudah dibuat kemudian dicampurkan dengan jamur enoki yang sudah dibersihkan. Segera goreng sampai matang dan renyah. Tempura jamur enoki siap dinikmati.

Baca juga: Beberapa Bahan Penting untuk Masakan Korea yang Perlu Kamu Tahu

Demikian informasi tentang macam-macam tempura sayur ala Korea (Yache Twigim). Teman iStyle bisa pilih daging atau sayuran untuk membuat tempura. Berminat mengolah masakan Korea tapi bingung cara dapetin bumbu original-nya? Yuk, belanja Makanan Korea di iStyle.id! Dijamin 100% original dan berkualitas. 

Comments

You must Register or Login to post a comment.