K-Pop Zone - 21 June 2023

3RACHA Stray Kids Mendapat Pujian dari Kritikus Musik Korea

Rafa Syawalia R - 21 June 2023
3RACHA Stray Kids Mendapat Pujian dari Kritikus Musik Korea

Pada bulan Juli 2023, Stray Kids comeback dengan album full ketiga mereka bertajuk ‘5-STAR’ dan menoreh banyak prestasi yang mengagumkan. Untuk mencapai proses tersebut, 3RACHA sebagai produser grup Stray Kids menjadi harta karun JYP Entertainment. 

Stray Kids terus berkembang menjadi grup perwakilan dari JYP Entertainment dengan popularitas yang luar biasa. Pasalnya, album 5-STAR yang rilis pada bulan Juni meraih angka 5 juta pra-presan dalam sejarah KPop. Selain itu juga, Stray Kids menduduki peringkat pertama di tangga lagu Amerika Serikat, Billboard 200 dan mendapatkan titel sebagai grup global untuk generasinya.

Baca juga: Congrats! Taeyong NCT Terpilih Menjadi Global Ambassador Brand Mewah LOEWE

Sumber foto: Instagram (mahagrid)

Stray Kids Memiliki Lagu dan Lirik yang Unik

Dibalik kesuksesan mereka, kreativitas 3RACHA membawa nama Stray Kids menoreh banyak prestasi untuk grup KPop di generasinya. 3RACHA adalah tim produser Stray Kids yang beranggotakan Bang Chan, Changbin dan HAN serta sudah dibentuk sejak 2017 sebelum Stray Kids debut. 

Prestasi Stray Kids dimulai dari 3RACHA yang membuat musiknya dari menulis lirik hingga proses aransemen dan produksi. Popularitas Stray Kids dengan lagu-lagu mereka yang unik dan membuat genrenya sendiri, menuai pujian dari warganet Korea hingga kritikus musik sebagai ‘harta karun JYP’ dan ‘kreativitas yang berada di level lain’.

Baca juga: Setelah Hiatus 2 Bulan, Joy Red Velvet Kembali Lanjutkan Aktivitas

Salah satu kritikus musik populer di Korea, Choi Young Gyun mengatakan, “kekuatan Stray Kids terletak pada lirik dan genre lagu mereka, seperti konsep ‘mala taste’ dari God Menu, Stray Kids dengan berani membuat lagu yang asik dan eksperimental. Namun, Anda akan ketagihan ketika mendengarnya,” jelasnya melalui media Naver News.

Menurut Choi Young Gyun karakteristik musik aneh yang 3RACHA buat ini menjadi keunikan dan hal yang cukup berani di tengah sengitnya persaingan KPop untuk generasi saat ini. Bang Chan, Changbin dan HAN menjadi poin yang menarik untuk grup Idola. Pasalnya, gak mudah untuk membuat lagu khusus serta menentukan gaya musik mereka sendiri daripada menerima musik komposer profesional.

Selain Stray Kids, salah satu grup idola perempuan, (G)I-DLE, yang saat ini populer dan mampu menduduki tangga lagu, Jeon So yeon, sang leader juga turut berpartisipasi dalam menulis dan menyusun lagu-lagu. Rapper cantik dan nyentrik itu juga mengatakan bahwa dirinya sangat tulus ketika mengerjakan pekerjaan mengenai musik. Gaya musik (G)I-DLE dengan lirik yang inspiratif ini pun bisa diterima oleh pendengarnya. Karena ketulusannya tersebut, loyalitas penggemar terhadap grup cenderung lebih kuat.

Baca juga: Girl Group MAMAMOO Baru Saja Merayakan Anniversary Mereka yang ke-9 Tahun!

Hal ini pun didukung juga dengan pernyataan salah satu pejabat dari agensi musik,  “jika anggota dari grup idola mengatakan mereka menulis dan menyusun lagunya sendiri, para penggemar tanpa terpaksa akan mendengarkan lagu tersebut. Hal ini seperti ekspresi kasih sayang untuk penyanyi yang Anda sukai. Semakin bagus lagunya, semakin besar kesetiaan kepada penyanyi.” jelasnya. Itulah yang membuat Stray Kids memecahkan rekor baru dalam penjualan pra-pesan album 5-STAR sepanjang perjalanan KPop.

3RACHA sendiri resmi menjadi anggota Asosiasi Hak Cipta Musik Korea dan menjadikan mereka salah satu dari 25 musisi Korea yang dipromosikan sebagai anggota reguler pada bulan Februari kemarin. 3RACHA yang merupakan tim produksi Stray Kids sudah resmi menjadi grup Kpop generasi ke-4 yang menjadi anggota penuh KOMCA dengan HAN sebagai anggota termudanya. Sebelum menjadi anggota penuh, 3RACHA sudah masuk dalam top 50 daftar idol dengan hak cipta lagu terbanyak! Keren abis!

Comments

You must Register or Login to post a comment.