Lifestyle - 17 February 2022

Ini Makanan Yang Selalu Ada Saat Ulang Tahun ala Drama Korea

Agatha Febry - 17 February 2022
Ini Makanan Yang Selalu Ada Saat Ulang Tahun ala Drama Korea

Salah satu scene di drama Korea yang mudah untuk ditemui adalah scene perayaan ulang tahun. Di scene tersebut, pasti ada beberapa makanan yang Teman iStyle lihat dan sajian tersebut memang identik dengan makanan yang selalu ada saat ulang tahun. 

Tapi gak hanya di drama lho, beberapa jenis makanan tersebut juga selalu ada saat perayaan ulang tahun masyarakat asli Korea. Kira-kira makanan khas apa aja ya yang selalu ada saat ulang tahun ala drama Korea? 

Sumber foto: Google

Miyeokguk 

Sajian yang satu ini merupakan makanan wajib orang Korea saat merayakan hari ulang tahun. Miyeokguk sendiri atau sup rumput laut adalah sajian sederhana berupa sup ringan yang berisi rumput laut. 

Sebagai penambah cita rasa, miyeokguk juga biasanya dilengkapi dengan bumbu kecap, bawang putih dan minyak wijen. Cita rasa dari sup ini sendiri lebih ke arah asin dan gurih yang sedap. 

Beberapa orang Korea juga suka menambahkan potongan daging ataupun tahu ke dalam miyeokguk. Selain itu, sajian ini sendiri identik dengan makanan yang diberikan pada seorang ibu yang baru saja melahirkan. 

Sup ini dapat menghidrasi sang ibu sehingga ASI dapat dikeluarkan dengan lancar. Selain dapat memberi nutrisi yang baik bagi sang ibu, sup ini juga dapat dicerna dan disantap. 

Bagi orang Korea, menikmati sup rumput laut saat ulang tahun memiliki makna agar setiap orang yang sedang merayakan ulang tahun dapat selalu mengingat dan mengapresiasi sosok ibu yang telah melahirkan mereka ke dunia. Kalau Teman iStyle kepo rasa dari miyeokguk, kamu bisa menyajikannya sendiri di rumah dengan sup rumput laut instan dari BIBIGO! Kamu bisa mendapatkannya di iStyle.id kok. 

Sumber foto: Pinterest

Soegogi Muguk (Sup Daging dan Lobak)

Miyeokguk memang jadi hidangan wajib yang paling umum saat ulang tahun di Korea. Namun selain itu, ada jenis sup lainnya yang biasanya juga disajikan saat perayaan ulang tahun yaitu soegogi muguk.

Soegogi muguk sendiri adalah sup daging dan lobak yang menjadi masakan rumahan masyarakat Korea. Sup ini biasanya disajikan pada pagi hari ini yang berisi daging dan lobak dengan tambahan bumbu minyak ikan serta daun bawang.

Rasa dari soegogi muguk sendiri mirip dengan miyeokguk, yaitu asin dan gurih dengan rasa yang lembut. Selain untuk melengkapi perayaan ulang tahun, sup daging dan lobak ini biasanya disajikan di musim gugur dengan menggunakan lobak segar ataupun di musim dingin untuk menghangatkan tubuh. 

Baca Juga:

Street Food Hunter! Udah Cobain Snack Korea Ini Belum?

Merayakan Hari Imlek, Di Korea Biasanya Makan Makanan Ini Lho!

Resep Makanan dari Selebriti Korea, Yuk Coba Bikin Dirumah!

Sumber foto: Pinterest

Japchae

Pecinta drama Korea, pasti kamu udah gak asing lagi kan sama sajian yang satu ini? Yes, Japchae adalah salah satu sajian ala Korea yang sering tampak di berbagai drama sebagai sajian yang menemani sebuah acara spesial. 

Gak hanya saat perayaan ulang tahun, namun perayaan anniversary, pernikahan, ataupun perayaan lainnya juga biasanya menyajikan japchae sebagai makanan mereka. Japchae sendiri adalah sejenis mie ala Korea yang punya tekstur kenyal dan punya cita rasa kaya akan bumbu. 

Mie yang dipakai dalam mie bening yang berukuran sedikit lebih besar dari pada mie ramen ataupun mie instan pada umumnya. Di dalam japchae juga ditambahkan berbagai macam sayuran seperti wortel, bayam, jamur, hingga potongan daging. 

Nah selain sup-sup an, Japchae juga menjadi makanan khas ulang tahun di drama Korea Teman iStyle. 

Sumber foto: Google

Mujigae Tteok 

Teman iStyle mungkin udah biasa ya mendengar tteokbokki, tapi kamu pernah gak denger yang satu ini? Sama seperti tteokbokki, mujigae tteok juga merupakan hidangan yang berupa kue beras. 

Mujigae tteok sendiri biasanya disebut sebagai kue beras pelangi, karena terdiri dari beberapa lapisan warna yang menyerupai pelangi. Kue ini merupakan makanan khas saat merayakan ulang tahun dengan tradisi kuno Korea. 

Biasanya mujigae tteok disajikan secara khusus di acara perjamuan, pesta, atau perayaan lainnya. Masyarakat Korea percaya bahwa kue beras ini dapat mendatangkan banyak keberuntungan jika dimakan bersama dengan banyak orang.

Teman iStyle kepo gimana rasa berbagai macam makanan diatas? Kamu bisa dapatkan macam-macam makanan diatas dan berbagai makanan Korea lainnya di iStyle.id kok! So tunggu apa lagi? Cobain yuk!

Comments

You must Register or Login to post a comment.