Lifestyle - 09 January 2022

Cari Tahu Auriculotherapy yang Biasa Dipakai Kpop Idol

Agatha Febry - 09 January 2022
Cari Tahu Auriculotherapy yang Biasa Dipakai Kpop Idol

Teman iStyle mungkin pernah melihat dan memperhatikan beberapa idol Korea sering menempelkan suatu benda kecil di daun telinga mereka. Benda kecil yang sering ditempelkan di telinga mereka ini dinamai auriculotherapy

Sumber foto: Google

Auriculotherapy yang dikenal juga dengan istilah terapi aurikular atau akupunktur telinga merupakan suatu bentuk pengobatan alternatif ringan yang digunakan pada daun telinga. Tapi kenapa harus dipakai di telinga yah? Dan kenapa para idol memakainya? Yuk kepoin fakta selengkapnya! 

Sumber foto: Google

Auriculotherapy/ Ear Seeds

Auricular acupuncture atau akupuntur telinga merupakan pengobatan alternatif ringan berupa biji kecil yang ditempelkan pada daun telinga. Akupuntur ini memiliki prinsip umum yang sama dengan akupuntur pada umumnya. 

Dalam pengobatan tradisional China (TCM), kesehatan seseorang dianggap bergantung pada aliran energi dalam tubuh yang mana energi tersebut bergerak di sepanjang jalur tak terlihat, biasa dikenal sebagai meridian. Meridian ditemukan di seluruh tubuh, termasuk telinga. 

Selain alasan tersebut, akupuntur telinga yang biasa dipakai oleh para idol Korea ini berfokus pada telinga dengan melihat telinga sebagai sistem mikro yang mencerminkan seluruh tubuh. Biji kecil yang digunakan untuk akupuntur telinga ini dinamakan ear seeds. 

Ear seeds dipakai pada titik-titik tertentu, biasanya di sepanjang garis meridian dengan harapan dapat membantu membersihkan penyumbatan energi. Secara tradisional, ear seeds ini berasal dari herba vaccaria yang berbunga.

Tetapi semakin berkembangnya teknologi, beberapa ear seeds diproduksi dari manik-manik logam atau keramik yang dikhususkan untuk kebutuhan kesehatan. Beberapa ahli akupuntur membuat ear seeds mereka sendiri dengan menempelkan biji akupuntur ke pita perekat dan langsung ditempelkan pada telinga. 

Namun seiring berkembangnya zaman, biji akupuntur juga sudah tersedia dan diproduksi oleh pabrik-pabrik kesehatan sehingga lebih praktis dan general. 

Baca Juga:

Sering Muncul di Drakor, Apa Sih Manfaat Red Ginseng?

Muncul di ‘Yumi's Cell’, Apa dan Gimana Cara Buat Teh Yuja Khas Korea

Sumber foto: Google

Manfaat Auriculotherapy

Dikutip dari Healthline, auriculotherapy ini terbukti dapat mengatasi beberapa masalah kesehatan. Kondisi seseorang yang mempengaruhi kesehatan fisik, mental atau emosional dapat dipulihkan dan diobati dengan ear seeds ini. 

Untuk kesehatan fisik, biasanya ear seeds digunakan untuk meredakan nyeri otot maupun nyeri punggung bawah, migrain dan sakit kepala lainnya, serta dipercaya dapat membantu penurunan berat badan. Untuk kesehatan mental dan emosional, biasanya ear seeds dipakai untuk menghilangkan insomnia dan masalah tidur lainnya, depresi serta kecemasan. 

Berbagai masalah kesehatan tersebut sangat mungkin menimpa para idol di tengah kesibukan karirnya. Maka dari itu gak jarang mereka terlihat menggunakan ear seeds ini di waktu senggang, seperti latihan atau sedang melakukan kegiatan pribadi mereka. 

Bentuknya yang kecil dan praktis membuat akupuntur jenis ini dapat dipakai di beberapa acara informal mereka. 

Baca Juga:

Hangatkan Tubuh dengan Gamja Soup ala Chef Baek Jong Won

Manfaat Teh Barley, Favorit Kim Go Eun Bintang ‘Yumi Cells’

Sumber foto: Google

Cara Penggunaan

Memang Teman iStyle bisa menggunakan ear seeds ini secara mandiri di rumah, namun ada baiknya kalau kamu menemui ahli akupuntur terlebih dahulu saat pertama kali mencobanya. Ahli akupuntur tersebut dapat membahas gejala yang ingin kamu atasi, sehingga penggunaan ear seeds-pun dapat tepat sasaran.

Nantinya ahli akupuntur tersebut dapat membantu Teman iStyle menemukan titik yang sesuai di telingamu sehingga biji akupuntur tersebut berada di tempat yang tepat sesuai dengan gejala yang kamu ingin atasi. 

Setelah kamu tahu titik-titik mana saja yang perlu diberi biji akupuntur, baru kamu bisa menggunakan sendiri di rumah. Kamu bisa mendapatkan ear seeds di berbagai toko kesehatan, khususnya toko kesehatan tradisional. 

Untuk menggunakan sendiri, Teman iStyle wajib membersihkan dan mengeringkan bagian luar telinga terlebih dahulu, lalu tetapkan titik yang akan ditempel biji ini. Biasanya ear seeds sudah terpasang di pita perekat, jadi Teman iStyle tinggal menempelkan ear seeds di titik-titik tersebut. 

Setelah menempel di telinga, pijat biji telinga dengan lembut dan lakukan sebanyak dua hingga tiga kali setiap hari atau setiap kamu merasakan gejala yang membuatmu gak nyaman. Nantinya ear seeds akan rontok dengan sendirinya setelah sekitar tiga sampai lima hari. 

Dikutip dari Healthline, gak disarankan untuk memakai ear seeds lebih dari lima hari meskipun masih di tempatnya. Jadi Teman iStyle bisa melepasnya dengan kuku secara perlahan. 

Pastikan biji dari ear seeds tersebut gak jatuh ke saluran telinga, maka dari itu disarankan untuk memiringkan kepala menghadap ke tanah saat melepaskannya. Ternyata benda kecil yang ditempelkan di daun telinga para idol Korea itu bernama ear seeds yang merupakan salah satu jenis akupuntur untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Setelah melihat informasinya, Teman iStyle ingin mencoba jenis akupuntur yang satu ini gak? 





Comments

You must Register or Login to post a comment.