Lifestyle - 30 September 2021

Manfaat Teh Barley, Favorit Kim Go Eun Bintang ‘Yumi Cells’

Agatha Febry - 30 September 2021
Manfaat Teh Barley, Favorit Kim Go Eun Bintang ‘Yumi Cells’

Teman iStyle, kamu udah nonton drama Korea ‘Yumi Cells’ yang tayang mulai 17 September kemarin belum? Kalau udah, pasti kamu tau kan aktris cantik pemeran utama dari serial tersebut, Kim Go Eun. 

Sumber foto: Instagram (ggonekim)

Ternyata bintang berusia 30 tahun ini punya beberapa kebiasaan untuk mempertahankan kecantikan dan keindahan tubuh yang dimilikinya. Selain rutin mengkonsumsi air mineral sebanyak dua liter dalam sehari, Kim Go Eun juga rutin minum teh barley. 

Teh barley sendiri merupakan minuman yang biasa dikonsumsi oleh orang Jepang, Korea Selatan, Taiwan, dan Tiongkok. Gak jarang teh barley dipakai dalam pengobatan tradisional Tiongkok. Kira-kira apa aja sih manfaat dari teh yang satu ini? 

Sumber foto: Google

Mencegah Kerusakan Sel 

Berbeda dengan teh pada umumnya yang berbahan dasar daun tanaman teh, teh barley merupakan teh yang terbuat dari biji barley. Kebanyakan orang biasanya menyeduh biji barley yang sebelumnya sudah dipanggang terlebih dahulu untuk menjadi teh. 

Kantong teh berisi barley panggang biasanya juga dijual dalam toko-toko yang berada pada kawasan Asia Timur. Biji barley sendiri merupakan tanaman yang kaya akan kandungan antioksidan. 

Hal inilah yang bisa membuat teh barley bermanfaat untuk dapat membantu mencegah kerusakan sel yang disebabkan oleh radikal bebas. Beberapa antioksidan yang ada dalam teh barley seperti asam klorogenat dan vanillic. 

For your information, kandungan antioksidan yang terkandung dalam teh barley ini juga memberi efek anti radang lho! Selain itu, teh barley juga mempunyai kandungan antioksidan quercetin. 

Quercetin sendiri mempunyai peranan penting dalam meningkatkan kesehatan jantung, tekanan darah, dan kesehatan otak.

Sumber foto: Google

Membantu Melawan Kanker dan Pengentalan Darah

Menurut penelitian terdahulu, teh barley ternyata dapat membantu konsumennya untuk dapat mencegah ataupun melawan kanker. Lagi-lagi hal ini berkat kandungan antioksidan yang dimilikinya. 

Bahkan salah satu studi di China menyebutkan bahwa semakin rendah konsumsi barley pada suatu daerah, semakin tinggi angka kematian yang muncul akibat kanker. Namun demikian, hal ini gak berarti kanker disebabkan oleh tingkat konsumsi barley yang rendah ya Teman iStyle.

Gak cuma itu, teh barley juga dikabarkan dapat mengurangi resiko terkena kanker prostat lho! Hal ini didukung karena adanya kandungan selenium di dalamnya. 

Kandungan selenium ini merupakan kandungan nutrisi yang memiliki peranan penting dalam hal kesuburan pria. Selain menjaga kesuburan, meminum teh barley juga dapat membantu menjaga prostat tetap sehat.

Disisi lain, teh barley juga dapat membantu melancarkan sirkulasi darah. Studi yang diterbitkan oleh Journal of Nutritional Science and Vitaminology menyebutkan bahwa teh barley disebut dapat meningkatkan fluiditas darah. 

Pastinya hal ini akan membuat sirkulasi darah yang sebelumnya terhambat menjadi lebih lancar.

Baca Juga: 

IU Minum Air Putih 4Liter Hari Perhari, Apa Aja Manfaatnya? 

Hobi Tidur Kaya Song Ji Hyo? Ternyata Banyak Manfaatnya Lho!

Apa Aja Sih Manfaat Kimchi Buat Kesehatan? 

Sumber foto: Google

Antibakteri dan Membantu Mengatasi Flu 

Penelitian dalam Journal of Agriculture and Food Chemistry menyebutkan bahwa bakteri streptococcus yang biasanya mengakibatkan kerusakan gigi dapat diatasi dengan mengkonsumsi teh barley. Teh barley disebut dapat membantu mencegah kolonisasi bakteri itu. 

Teh dari biji barley yang sudah dipanggang memang benar dapat menghilangkan bakteri streptococcus. Maka dari itu teh barley diklaim memiliki sifat antibakteri. 

Selain itu, meminum teh barley secara rutin juga dapat membantu mencegah Teman iStyle terserang pilek dan gejalanya lho! Sumbatan dan dahak serta sakit tenggorokan dan hidung tersumbat bisa diredakan dengan minum teh barley.

Sumber foto: Google

Cocok Untuk Diet dan Mengurangi Resiko Kolesterol

Seperti teh pada umumnya, teh barley yang dikonsumsi tanpa adanya tambahan gula memiliki kandungan kalori yang kecil bahkan sampai 0 kalori. Hal ini membuat teh barley cocok dikonsumsi oleh Teman iStyle yang sedang melakukan diet. 

Disarankan untuk kamu gak mengkonsumsi teh barley dengan menambahkan susu, krim, atau pemanis yang terlalu berlebihan. Selain buat diet, ternyata kandungan nutrisi dalam teh barley bisa membantu mengatur kadar gula darah kamu lho! 

Karena itu teh barley juga diklaim dapat mengurangi resiko kolesterol dengan membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Hal ini tentunya baik untuk kesehatan jantungmu.

Wah ternyata banyak juga ya manfaat teh barley, teh favorit Kim Go Eun yang rutin diminumnya. Dari sekian banyaknya manfaat teh barley, yakin Teman iStyle gak pengen cobain juga? 

Comments

You must Register or Login to post a comment.