Fashion - 16 June 2021

Trend Pakai Cardigan Korea yang Kekinian

Berlin Belladina - 16 June 2021
Trend Pakai Cardigan Korea yang Kekinian

Mungkin dulunya kalau ngomongin pakaian Korea yang terlintas di pikiran adalah ‘Hanbok’. But not for these day, fenomena industry fashion Korea sekarang udah menyebar secara globally dan menarik perhatian pecinta fashion.

Dari mulai street style yang affordable sampai luxury, menjadi daya pikat masyarakat di luar Korea Selatan. Bahkan New York Fashion Week pernah memasukan runaway berkonsep Korea, di mana brand ‘KYE’ meraih kesuksesan.

Lucas WayV pernah jadi model runaway brand ‘KYE’ ini lho Teman iStyle. Gak hanya selebriti Korea yang sering terlihat menggunakan brand-brand Korea, penyanyi ‘Love On The Brain’ Rihanna pernah menggunakan brand kacamata terkenal di Korea ‘Gentle Monster’.

Menyebarnya fashion Korea juga dibantu oleh gaya berpakaian para aktris dan aktor di drama Korea. Gara-gara gaya berpakaian mereka yang kece itu, suka jadi tren dan inspirasi berpakaian penontonnya.

Bahkan sekarang udah banyak toko baju atau online shop yang menjual pakaian ala fashion Korea. Teman iStyle pasti udah gak asing kan sama pakaian-pakaian tren dari Korea?

Mulai dari puff sleeves, baggy pants, knit top, cardigan, chunky shoes dan masih banyak lagi. Cardigan jadi salah satu pakaian yang paling sering di gunakan di Korea Selatan saat musim semi bahkan musim panas ketika sore hari.

Sumber foto: Instagram (eunwo.o_c)

Kalau Teman iStyle pikir cardigan adalah pakaian perempuan, the answer is no. Cardigans are traditionally male garments.

Pakaian satu ini bisa di gunakan oleh perempuan dan laki-laki, dan yang sekarang lagi naik daun adalah cardigan model knit/rajut. Di banding negara lainnya, cardigan sangat populer dan sering di gunakan oleh masyarakat laki-laki maupun perempuan Korea Selatan.

Selain fungsinya yang bisa menghangatkan tubuh, knit cardigan is quite easy to pair. Cara memadukan cardigan gak susah kok.

Teman iStyle tinggal memadukan dengan baggy jeans/ripped dengan kaus atau tank top sebagai dalaman. Tapi cardigan Korea bisa langsung dipakai sebagai atasan tanpa dalaman kayak Jennie BLACKPINK saat dia live di V LIVE.

Teman iStyle bisa lho punya knit crop cardigan mirip kayak Jennie. JFashion Kahyang Knit Crop Cardigan warna biru mirip kayak yang di pakai Jennie.

Kapan lagi kan Teman iStyle punya cardigan Korea samaan sama one of famous female Korean Idol. Teman iStyle tahu gak sih awal mula kenapa cardigan jadi populer?

Sumber foto: V LIVE (BLACKPINK)

Cardigan mulai populer karena pakaian rajut yang tadinya sebagai pakaian perang, di tahun 1920 cardigan berinovasi menjadi seperti loose jacket in the style. That’s why cardigan and knitwear became more popular.

Warna paling umum cardigan untuk laki-laki biasanya berwarna gelap seperti cokelat, hitam, abu-abu, navy, dan hijau tua. Berbeda dengan knit cardigan perempuan yang cenderung bewarna cerah.

Tapi gak ada salahnya juga kalau Teman iStyle yang laki-laki ingin memakai cardigan berwarna cerah. Model dan motif dari cardigan rajut Korea sangat simple dan gak terlalu heboh, jadi gak bikin overlook si pemakainya.

Selain knit cardigan, ada bermacam-macam jenis cardigan lainnya seperti open cardigan, wrap cardigan, cardigan rajut, zipped cardigan, cardigan lengan panjang, dan crop cardigan. Selebriti Korea paling suka dan sering menggunakan cardigan rajut atau crop cardigan di bandingkan jenis cardigan lainnya.

Kalau Teman iStyle scrolling Instagram mereka, pasti minimal ada satu foto mereka menggunakan cardigan. Nah Teman iStyle punya gak nih salah satu fashion item Korea yang lagi nge tren saat ini? Kalau belum punya kamu bisa cari fashion ala Korea di iStyle.id ya.

Comments

You must Register or Login to post a comment.