Lifestyle - 27 March 2024

Mengenal Monumen Gwanggaeto, Peninggalan Bersejarah yang Dipugar Secara Digital 

Stefani Ditamei - 27 March 2024
Mengenal Monumen Gwanggaeto, Peninggalan Bersejarah yang Dipugar Secara Digital 

Monumen adalah bagian dari peninggalan sejarah yang layak untuk dilindungi. Begitu juga dengan Korea, negara ginseng ini melakukan berbagai upaya untuk menyimpan peninggalan sejarah. Pernahkan Teman iStyle mengunjungi Korea Selatan? Di sana, ada berbagai pilihan tempat wisata yang memuat informasi sejarah.

Salah satu yang menarik adalah Monumen Gwanggaeto, peninggalan bersejarah yang bakal dipugar secara digital! Yuk, cari tahu tentang apa itu Gwanggaeto dan bagaimana cara pergi ke sana. Simak informasi selengkapnya di bawah ini, ya.

Monumen Gwanggaeto

Sumber Foto: Google

Gwanggaeto adalah Nama Raja Goguryeo

Gwanggaeto adalah nama Raja zaman Goguryeo ke-19, lho! Pada masa pemerintahan Gwanggaeto, kerajaan Goguryeo meraih masa kejayaan. Bahkan di seluruh Asia Timur, raja ini berhasil memperluas kekuasaan. 

Baca juga: 4 Gedung Tertinggi di Korea, Dari Lotte Tower hingga LCT Tower Busan

Karena keberhasilannya sebagai Raja, Monumen Gwanggaeto kemudian dibangun saat pemerintahan Raja Jangsu. Monument tersebut didirikan oleh Taewangreung di IStana Guknae pada bulan September. 

Sumber Foto: Google

Monumen Terbesar Keempat di Asia

Monumen Gwanggaeto adalah bangunan berupa batu/monumen terbesar keempat di Asia. Tingginya mencapai 6,39 meter dan lebar 1,35 - 2 meter. Di monumen tersebut terdapat 44 kalimat dan 1,775 karakter yang diketahui sebagai sumber sejarah berharga yang menceritakan tentang kerajaan Goguryeo. Monumen ini dibangun untuk menghormati Raja Agung Gwanggaeto atas keberhasilannya menguasai wilayah di Asia. 

Baca juga: Liburan Sambil Belajar, Ini 5 Museum Sejarah di Seoul

Monumen Gwanggaeto

Sumber Foto: Google

Monumen Gwanggaeto Dipugar Secara Digital

Dilansir Yonha News Agency, kabar dipugarnya monumen Gwanggaeto sudah terdengar sejak Januari 2024 silam.  Hal ini gak lepas dari usia monumen yang mencapai 1,600 tahun. 

Museum Nasional Korea kemudian memfasilitasi pemugaran secara digital. Foto di atas adalah penampilan monumen Gwanggaeto dalam bentuk digital. Dengan demikian, pengunjung dapat menikmati monumen bersejarah secara aman dan nyaman.

Baca juga: Yuk, Perhatikan 5 Peraturan Tak Tertulis Saat Liburan Korea Selatan

Bagaimana cara mengunjungi monumen Gwanggaeto yang sudah dipugar secara digital? Yuk, datang ke National Museum of Korea. Cara termudah dapat menggunakan transportasi publik, yakni naik Seoul Metro ke Stasiun Ichon dan turut di Exit 2. Museum Nasional Korea juga tersedia bus-stop yang mudah ditemukan. 

Semoga informasi ini bermanfaat, ya! Biar liburan ke Korea semakin seru dan fashionable, jangan lupa koleksi fashion bag Marhen.J. Produk 100% asli Korea dan banyak promonya di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.