K-Pop Zone - 09 March 2024

Nostalgia: Menguak Kembali Alasan TripleS Bubar Sebulan Setelah Debut!

Khansa Zhafira - 09 March 2024
Nostalgia: Menguak Kembali Alasan TripleS Bubar Sebulan Setelah Debut!

Salah satu berita kpop yang sempat ramai untuk waktu yang lama yaitu pembubaran TripleS sub unit AAA (Acid Angel from Asia) yang baru debut di 28 Oktober 2022 lalu. TripleS sendiri merupakan girl group rookie dengan jumlah anggota 24 orang dan AAA menjadi sub unit pertama yang didebutkan dalam grup tersebut. 

Melalui hasil pemungutan suara, anggota pertama yang akhirnya didebutkan dalam sub unit ini terdiri dari 4 orang yaitu Kim Yoo Yeon dari 'My Teen Girl,' Kim Na Kyoung (adik dari penyanyi BIBI), Gong Yu Bin, dan Jeong Hye Rin. 

Namun belum sampai sebulan debut, agensi langsung memutuskan pembubaran sub unit TripleS tersebut melalui akun sosial miliknya. Yuk kita kuak kembali alasan pembubarannya!

TripleS Bubar Setelah Penjualan Album yang Tidak Mencapai Target

Didebutkan dalam naungan agensi MODHAUS, sebenarnya sistem pemilihan anggota di sub Unit TripleS AAA sangat unik dan inovatif. Dimana mereka menghadirkan sistem grup yang disebut “Dimensi” melalui aplikasi resmi untuk voting penggemar.

AAA akhirnya debut dengan 4 anggota hasil pemungutan suara terbanyak dari 24 orang lainnya di dalam grup dan dipersiapkan untuk kegiatan promosi untuk pertama kalinya bagi grup TripleS.

Sayangnya, karir keempat anggota TripleS ini tak bertahan lama, karena mereka tidak mampu mencapai target penjualan album yang sudah ditetapkan oleh agensi, yaitu 100.000 kopi dalam masa promosi.

Kala itu, mereka hanya berhasil menjual 17.000 kopi album. Itu berarti, tekanan sekaligus perjanjian dengan MODHAUS di awal membuat AAA tidak bisa melakukan comeback lebih lanjut dan terpaksa bubar dalam satu bulan debutnya sebagai sanksi kontrak yang harus diterima.

Sumber: google.com

Tidak Sesuai dengan Ekspektasi Manajemen Agensi

Sebenarnya, pembubaran TripleS ini cukup disayangkan mengingat subunit tersebut sangat berpotensi untuk bisa berkembang lebih besar. Bagi banyak penggemar, angka 18.300 kopi untuk grup di bawah naungan agensi sekelas MODHAUS sudah sangat mengesankan.

Hanya saja, nampaknya angka ini terlihat sangat kecil bisa dibandingkan dengan harapan manajemen sejak awal debut mereka. Bahkan nampaknya agensi tidak menunda pembubarannya karena hal tersebut langsung dilakukan tanggal 23 November 2022, belum sebulan dari masa debutnya.

Dugaan Usung Konsep yang Tak Jelas dan Meniru NewJeans

Dugaan lainnya mengapa jumlah album TripleS gagal memenuhi ekspektasi dari agensi juga diduga karena konsep sub-unitnya yang tak jelas. Memulai debut dengan lagu 'Generation' dan album ACCESS dengan anggota yang sejak awal memang sudah lebih dulu terkenal seperti eks idol, kontestan reality show atau kolega dari artis ternama harusnya bisa mendorong mereka untuk lebih populer.

Sayangnya konsep grup yang dihadirkan untuk debutnya juga menuai kontroversi banyak pihak termasuk dugaan jiplak konsep NewJeans. Sebab K-Netz menilai dari berbagai aspek video termasuk gaya fashion dan video music dari AAA banyak memiliki kemiripan dengan grup pelantun lagu Ditto tersebut.

Sumber: google.com

Kabar Terbaru TripleS

Setelah bubar di akhir tahun 2022 lalu, TripleS kembali mengagetkan banyak penggemar karena pengumuman comebacknya dengan formasi penuh 24 anggota pada bulan Mei 2024 mendatang. Yuk kita nantikan kejutannya!

Sembari menunggu TripleS comeback, kamu juga bisa mengoleksi merchandise maupun album kpop dari grup favoritmu di WITHMUU yang terjamin 100% original! Jadi kamu tidak perlu jastip lama untuk menunggu album kpop favoritmu tiba di rumah. Dapatkan juga diskon terbaik dari WITHMUU hanya dengan belanja di iStyle.id. Yuk cek sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.