K-Pop Zone - 05 October 2023

Bagaimana Lee Young-ae Jadi Salah Satu Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Korea?

FX Prasetyo - 05 October 2023
Bagaimana Lee Young-ae Jadi Salah Satu Aktris dengan Bayaran Tertinggi di Korea?

Sempat absen empat tahun dan comeback kembali dalam drama Netflix “Inspector Koo”, pamor Lee Young-ae masih belum pudar. Di tahun ini, ia juga bermain di drama paling barunya “Maestra”.

Di usia 50 tahunan, pasangan dari Jeong Ho-young itu merupakan salah satu aktris Korea dengan kekayaan bersih mencapai US$40 juta, menurut Celebrity New Worth.

Selain karirnya yang sukses di dunia hiburan Korea Selatan, darimana lagi kekayaan sang aktris berasal? Simak ulasan profilnya di bawah ini.

Baca juga: 7 Aktor dan Aktris Korea yang Dapat Bayaran Tertinggi Per Episode

lee young-ae

Sumber: Google

Karir Lee Young-ae di Dunia Akting

Aktris kelahiran 1971 di Seoul ini pertama kali memasuki industri hiburan sebagai model CF atau model film komersial pada awal tahun 1990-an ketika ia masih belajar di departemen bahasa dan sastra Jerman di Universitas Hanyang, menurut TV Over Mind.

Setelah muncul dalam K-drama hit seperti “Medical Brothers”, “Since I Love You” dan “Romance”, peran terobosannya datang pada tahun 2003 dalam drama sejarah “Dae Jang Geum” atau “Jewel in the Palace”. Lee memainkan karakter legendaris Seo Jang-geum, wanita pertama yang menjadi dokter kerajaan tertinggi selama Dinasti Choson.

Film ini memberinya gelar “Korean wave star” dan melambungkan namanya menjadi terkenal. Gak hanya di dalam negeri tetapi juga di Jepang, Tiongkok, dan seluruh Asia Tenggara, menurut Oppa Kpop.

Setelah drama tersebut, ia juga membintangi serial dan film terkenal seperti “Saimdang-Memoir of Colors”, “Bring Me Home” dan “Lady Vengeance”, yang mana ia dianugerahi penghargaan sebagai aktris terbaik di Blue Dragon Film Awards 2005 dan Baeksang Art Awards 2006.

Kecantikan dan bakat aktingnya menjadikannya salah satu bintang paling cemerlang di Korea Selatan dan aktris dengan bayaran tertinggi hingga saat ini, menurut Seoul Space.

Publikasi tersebut memperkirakan bahwa ia mendapat bayaran US$83.000 per episode. Bayaran per episode tertinggi kedua setelah aktris Jun Ji-hyun yang mencapai US$84.000 per episode.

Ini jauh melampaui bayaran US$42.000 untuk nama-nama artis Korea Selatan lainnya seperti Song Hye-kyo, Choi Ji-woo dan Ha Ji-won.

Lee young-ae

Sumber: @thehistoryofwhoo_official/Instagram

Dukungan Endorsement Merek Kecantikan Mewah

Pesona dan ketenaran Lee Young-ae pun menarik perhatian merek kecantikan mewah lokal. Ibu dari dua anak itu sudah jadi wajah dari banyak label selama bertahun-tahun.

Selama masa-masa awalnya di dunia hiburan, Lee adalah wajah dari perusahaan kosmetik Amorepacific dari tahun 1991 hingga 1999, menurut Korean Film Biz Zone. Lee menampilkan daya tariknya dalam iklan tersebut dan menjadi hit, menantang anggapan tradisional industri iklan Korea yang meremehkan daya tarik seks, menurut The Korea Times.

Setelah Amorepacific, Lee menjadi brand ambassador merek kecantikan LG Household & Health Care, The History of Whoo.

Aktris Korea ini juga menjadi model kampanye Korea GS Engineering and Construction untuk merek flatnya, Xii, selama lebih dari tujuh tahun. Kemudian dia juga dilaporkan menerima lebih dari US$650.000 untuk kontrak satu tahun dengan mereka, menurut Ten Asia.

Baca juga: Bagaimana Perjalanan Karir Shin Min-ah Hingga Jadi Luxury Face Korea?

Sumber: @lyanature_official/Instagram

Memiliki Produk Kecantikannya Sendiri

Setelah menjadi wajah dari berbagai merek kecantikan, Lee memutuskan untuk membuat lini bisnis kecantikannya sendiri dengan meluncurkan Lya Nature pada tahun 2015.

Lya Nature berasal dari inisial namanya. Merek perawatan kulit tersebut dikatakan menawarkan 100 persen produk nabati yang telah melalui verifikasi bahan dan uji klinis, serta telah disertifikasi atas keamanan dan kemanjurannya. Bahkan anak-anaknya pun menggunakannya, menurut Visit Seoul.

Dengan konsep “less is more” untuk memiliki kulit yang bagus dan awet muda, produk ini mencakup rangkaian pembersih dan krim untuk wajah, tubuh, dan rambut baik untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Sabun Jewel in the Palace adalah salah satu produk terpopulernya, dan populer di Tiongkok, menurut KpopHerald.

Baca juga: Jung Ho Yeon Squid Game: Dari Model Runway Kini Jadi Aktris A-List

lee young-ae

Sumber: @lyanature_official/Instagram

Memiliki Butik Untuk Produk Anak-Anak

Sebelum merek kecantikannya, Lee juga membuka toko butik di Seoul pada tahun 2013. Aktris Korea ini mendapat ide untuk memulai bisnis setelah ia menjadi seorang ibu untuk pertama kalinya pada tahun 2011.

Lee Young-ae juga melakukan penelitian tentang pakaian dan produk anak-anak. Dirinya menemukan bahwa penawaran teraman sebenarnya dapat dibuat dengan bahan-bahan alami dengan harga yang wajar, dibandingkan dengan yang lebih mahal di pasaran, menurut The Wall Street Journal.

Idenya berubah menjadi sebuah toko, yang juga diberi nama Lyanature. Disana ia menjual pakaian anak-anak dan perawatan kulit bayi organik yang bebas bahan kimia dengan harga berkisar antara US$18 dan US$27 per produk.

Sebagian dari keuntungannya disumbangkan untuk mendukung sekolah-sekolah menengah pertama yang dibangun oleh Lee Young-ae dan suaminya, Jeong Ho-young di Tiongkok dan Myanmar, dikutip dari The Wall Street Journal.




Sumber:

SCMP

Korean Film

Comments

You must Register or Login to post a comment.