K-Pop Zone - 18 September 2023

Key Ungkap Ketatnya Proses Seleksi Member SHINee Sebelum Debut

Dina Pangestu - 18 September 2023
Key Ungkap Ketatnya Proses Seleksi Member SHINee Sebelum Debut

Key SHINee baru-baru ini tampil sebagai bintang tamu dalam acara talk show YouTube Yoo Jae Suk yang berjudul 'Just an Excuse'.

Pada kesempatan tersebut, Key membuat host tamu Ji Suk Jin terkejut dengan mengatakan kalau ia sekarang sudah berkarier di industri hiburan selama 16 tahun.

Saat kilas balik mengenang masa lalunya, Key mengungkapkan kalau ia kembali ke masa lalu, ia mungkin gak bakal bisa bertahan lagi dalam proses pelatihan yang keras dan ketat untuk menjadi seorang Kpop idol

Sumber foto: YouTube (뜬뜬 DdeunDdeun)

Idol bernama asli Kim Ki Bum itu lebih lanjut membeberkan proses pembentukan SHINee yang awalnya direncanakan mempunyai 7-8 member. Ada sekitar 20 trainee yang bersaing demi bisa mendapatkan tempat di tim debut.

Saking kompetitifnya, para trainee bahkan gak berbicara satu sama lainnya di tahap-tahap final proses seleksi.

"Pada tahap-tahap akhir proses seleksi, kami bahkan gak berbicara satu sama lain. Ini adalah kompetisi yang sangat keras," ujar Key seperti dilansir dari AllKpop.

Baca Juga: KEY SHINee Solo Comeback dengan Album ‘Good & Great’

Sumber foto: YouTube (뜬뜬 DdeunDdeun)

Key kemudian dengan jelas mengingat kembali 'evaluasi final' yang diadakan oleh SM Entertainment.

"Itu disebut 'tes akhir'. Kamu harus merekam diri sendiri dengan kamera sekali, lalu mengirimkan rekaman tersebut, dan itu saja. Entah kamu berhasil atau gak. Itu pada dasarnya adalah ujian masuk perguruan tinggi kami,” terang Key.

Baca Juga: Film 'My SHINee World' Bakal Tayang Buat Rayakan 15 Tahun SHINee

Key juga mengingat momen saat menjadi trainee di mana ia berlatih secara serius dengan tingkat persaingan yang tinggi dan tekanan yang ada dalam proses seleksi.

"Kami bersiap seolah gak ada hari esok. Gak ada 'teman' atau 'adik' meskipun kami habiskan bertahun-tahun berlatih bersama. Aku harus mengalahkan orang lain, gak peduli apa pun, atau aku gak akan berhasil,” ujar Key.

Baca Juga: Gak Biasa, Ini Deretan Nama Grup K-Pop Terunik yang Wajib Kamu Tahu!

Selanjutnya, Key berbicara mengenai apa yang menurutnya merupakan bagian yang paling kejam dari semuanya.

"Sampai hari ini, aku masih gak mengerti kenapa mereka harus melakukannya dengan cara seperti itu. Kenapa mereka gak bisa hanya menuliskan hasilnya dan memberikannya secara pribadi? Tapi mereka mengumpulkan semua trainee dalam satu ruangan. Dan dengan dinginnya, mereka cuma mengatakan, 'Baiklah, anggotanya adalah...'” ungkapnya.

Key melanjutkan, "Mereka dengan tegas mengumumkan di depan semua orang, 'Tim ini akan debut tahun depan. Anggotanya adalah X, XX, XXX...'. Jadi, bahkan ketika namaku dipanggil, aku gak bisa merayakannya atau bertindak seolah aku merasa lega," ujarnya.

Ji Suk Jin kemudian bertanya kepada Key di urutan berapa ia terpilih sebagai member SHINee. Key menjawab bahwa namanya dipanggil di urutan keempat setelah mendiang Jonghyun, Taemin, dan Minho.

Comments

You must Register or Login to post a comment.