Lifestyle - 29 December 2022

Resep Chueotang, Sup Ikan Lumpur Khas Korea

Siti Fatimah - 29 December 2022
Resep Chueotang, Sup Ikan Lumpur Khas Korea

Teman iStyle sudah nonton film 2521 (Twenty Five Twenty One)? Didalam salah satu adegan didalam di episode ke-4, Na Hee Do bersama Ji Seung Wan, Baek Yi Jin, Go Yu Rim, dan Moon Ji Woong menangkap belut yang terlepas dan menyebar keseluruh rumah Ji Seung Wan. Dan ternyata belut tersebut akan dibuat menjadi chueotang.

Ingin mencoba hidangan khas Korea yang lezat dan bergizi? Chueotang, atau sup ikan lumpur, bisa menjadi pilihan yang tepat. Sup ini memiliki kuah berwarna coklat keruh yang kaya rasa dan aroma. Chueotang adalah hidangan yang cocok untuk disantap saat cuaca dingin atau saat sedang sakit. Sup ini dapat membantu menghangatkan tubuh dan memberikan energi. 

Baca juga: Resep Yaksik, Kue Beras Manis Khas Korea

Dibuat dari Ikan yang Hidup di Lumpur

Belut masih termasuk kedalam salah satu jenis ikan. Senang hidup dilumpur, dan tidak menyukai sinar matahari. Belut juga hidup dengan membenamkan diri didalam lumpur, oleh karena itu orang-orang biasanya akan menggali lumpur untuk mendapatkannya, berpatokan dengan lubang yang mereka buat di rumah mereka.

Baca juga: Resep Naengmyeon, Mi Dingin Khas Korea

Sejarah Chueotang

Chueotang, atau sup ikan lumpur, adalah salah satu hidangan berkuah khas Korea Selatan. Sup ini memiliki tampilan kuah berwarna coklat keruh dan berbahan dasar ikan belut. Chueotang dipercaya sudah ada sejak zaman Dinasti Goryeo (918-1392). Pada masa itu, ikan belut merupakan salah satu sumber protein yang penting bagi masyarakat Korea.

Bahan-bahan:

Cara membuat: 

  1. Tumis ikan belut dengan minyak wijen, daun bawang, jahe, bawang putih, dan lada hingga harum.
  2. Tambahkan gochujang, bubuk cabai merah, dan garam. Aduk rata.
  3. Tuangkan 1,5 liter air ke dalam panci. Masak hingga mendidih.
  4. Tambahkan bawang bombay, daun lobak, dan sawi putih. Masak hingga sayuran empuk.
  5. Sajikan chueotang dengan nasi putih.

Baca juga: Fakta Menarik Ginseng, Herbal Khas dari Korea

Tips tambahan lainnya, untuk mengurangi bau tanah dari ikan belut, Teman iStyle bisa merendam ikan belut dalam air garam selama 30 menit sebelum dimasak. Jika tidak ada gochujang, Anda bisa menggunakan cabai rawit merah yang dihaluskan. Anda bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam chueotang, seperti wortel, kentang, atau udang.

Rasakan pengalaman belanja #ngemalldarhape untuk bisa belanja kebutuhan rumah tangga, harian, hingga, elektriknik di iStyle.id. Barang yang dijual dijamin asli dan 100% original, selain itu Teman iStyle juga bisa mendapatkan promo diskon hingga gratis ongkir juga yang bikin belanja jadi lebih hemat. Yuk, belanja sekarang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.