Lifestyle - 29 June 2022

Resep Yaksik, Kue Beras Manis Khas Korea

Siti Fatimah - 29 June 2022
Resep Yaksik, Kue Beras Manis Khas Korea

Hai Teman iStyle, untuk kamu yang sering nonton drama Korea, pasti udah ga asing lagi dengan cemilan khas Korea yang satu ini, yaitu Yaksik. 
Yaksik adalah hidangan yang lezat dan bergizi yang cocok untuk disantap kapan saja. Kue ini mudah dibuat, sehingga Anda bisa mencobanya sendiri di rumah.

Baca juga: Resep Dakgangjeong, Ayam Goreng Saus Manis Khas Korea

Sejarah Yaksik

Yaksik, atau yakbap, adalah kue beras manis khas Korea yang terbuat dari beras ketan, kacang-kacangan, dan buah kering. Kue ini telah ada sejak berabad-abad yang lalu, dan memiliki sejarah yang panjang di budaya Korea.

Pada awalnya, yaksik dianggap sebagai makanan obat, dan sering disajikan kepada orang sakit untuk membantu mereka pulih. Kue ini dipercaya memiliki berbagai manfaat kesehatan, seperti meningkatkan stamina, memperkuat sistem kekebalan tubuh, dan melancarkan pencernaan.

Seiring berjalannya waktu, yaksik menjadi lebih populer sebagai hidangan penutup atau camilan. Kue ini sering disajikan pada acara-acara khusus, seperti Tahun Baru Imlek, Chuseok, dan pernikahan.

Baca juga: Resep Naengmyeon, Mi Dingin Khas Korea

Cemilan Manis dari Beras

Bahan-bahan:

Cara Membuat:

  1. Cuci beras ketan hingga bersih.
  2. Tiriskan beras ketan dan rendam selama 2 jam.
  3. Kukus beras ketan selama 30 menit, atau hingga matang.
  4. Drain beras ketan dan sisihkan.
  5. Campurkan kacang merah, kismis, kacang tanah, dan kacang almond dalam mangkuk.
  6. Tambahkan madu dan kayu manis bubuk. Aduk rata.
  7. Tambahkan beras ketan dan aduk rata.
  8. Sajikan yaksik dalam mangkuk.

Tips: Anda bisa menggunakan jenis kacang-kacangan dan buah kering lain sesuai selera. Jika Anda ingin membuat yaksik yang lebih manis, Anda bisa menambahkan lebih banyak madu. Yaksik bisa disimpan di kulkas hingga 3 hari.

Baca juga: Resep Beondegi, Pupa Ulat Sutra Khas Korea

Itulah resep yaksik, kue beras manis khas Korea yang lezat dan bergizi. Sekarang kamu bisa cobain bikin sendiri dirumah. Biar ga ribet, kamu bisa beli bahan-bahan kebutuhan dapur di iStyle.id. Cukup order dari rumah, pilih bahan masakan yang kamu butuhkan, dan iStyle.id akan mengirimkan orderan kamu. Yuk, belanja sekarang! 

Comments

You must Register or Login to post a comment.