Lifestyle - 15 May 2021

Resep Dakgangjeong, Ayam Goreng Saus Manis Khas Korea

Siti Fatimah - 15 May 2021
Resep Dakgangjeong, Ayam Goreng Saus Manis Khas Korea

Teman iStyle, annyeonghaseyo! Sudah pernah cobain makana Korea satu ini? Dakgangjeong, ayam goreng saus manis khas Korea, merupakan salah satu hidangan yang cukup populer di Indonesia. Hidangan ini memiliki cita rasa yang manis dan gurih, sehingga cocok untuk disantap sebagai camilan atau lauk. Pasti kamu juga sering liat makanan ini di drama Korea.

Baca juga: Resep Naengmyeon, Mi Dingin Khas Korea

Sejarah Dakgangjeong

Dakgangjeong adalah ayam goreng saus manis khas Korea yang populer dinikmati sebagai camilan atau lauk. Hidangan ini diperkirakan telah ada sejak zaman Dinasti Joseon (1392-1910). Pada masa itu, Dakgangjeong hanya dikonsumsi oleh kalangan bangsawan dan pejabat. Namun, seiring berjalannya waktu, Dakgangjeong menjadi semakin populer dan dapat dinikmati oleh semua kalangan.

Dakgangjeong merupakan hidangan yang memiliki kandungan nutrisi yang cukup tinggi, seperti protein, lemak, dan karbohidrat. Dakgangjeong merupakan hidangan yang manis dan gurih. Hidangan ini cocok untuk disantap sebagai camilan atau lauk.

Baca juga: 3 Olahan Kimchi ala Korea yang Simple dan Enak. Cobain, Yuk!

Resep Dakgangjeong

Berikut adalah resep Dakgangjeong yang bisa Anda coba di rumah:

Bahan-bahan:

Bahan saus:

Cara membuat:

  • Lumuri ayam dengan garam dan merica bubuk.
  • Balurkan ayam dengan tepung maizena, kemudian tepung terigu.
  • Celupkan ayam ke dalam telur kocok lepas.
  • Goreng ayam dalam minyak panas hingga matang dan berwarna kecokelatan.
  • Sementara itu, siapkan saus. Caranya, tumis bawang putih hingga harum.
  • Masukkan madu, kecap asin, saus tomat, gochujang, gula pasir, dan lada hitam bubuk. Aduk rata.
  • Masak saus hingga kental dan mengental.
  • Tuangkan saus ke atas ayam goreng.
  • Sajikan Dakgangjeong dengan nasi hangat.

Tips: Untuk membuat ayam goreng yang lebih renyah, Anda bisa merendam ayam dalam susu selama beberapa menit sebelum digoreng. Anda juga bisa menambahkan bahan-bahan lain ke dalam saus, seperti daun bawang, jahe, atau cabai.

Baca juga: Resep Beondegi, Pupa Ulat Sutra Khas Korea

Dakgangjeong merupakan hidangan yang cukup mudah dibuat di rumah. Dakgangjeong biasanya disajikan dengan nasi hangat, kimchi, atau salad sayuran. Dakgangjeong juga bisa dimasak dengan menggunakan sayap, paha, atau dada ayam.

Kamu bisa belanja kebutuhan rumah tangga, skincare, hingga elektronik di iStyle.id. Barang yang dijual dijamin asli dan 100% original. Teman iStyle bisa mendapatkan promo diskon dan gratis ongkir. Sekarang kamu cukup pesan dari rumah dan paket kamu akan dikirim ketempatmu!

Comments

You must Register or Login to post a comment.