Beauty - 15 August 2023

5 Tips Menghadapi Kulit Sensitif dan Mudah Iritasi

Stefani Ditamei - 15 August 2023
5 Tips Menghadapi Kulit Sensitif dan Mudah Iritasi

Jenis kulit setiap orang berbeda-beda. Sebagian bahkan mengalami kulit sensitif atau kulit yang mudah iritasi. Selain memilih penggunaan skincare yang sesuai dengan kebutuhan kulit, Teman iStyle bisa memulai dengan kebiasaan-kebiasaan saat menggunakan alat kecantikan. Kebiasaan dan pola makan juga mempengaruhi kesehatan kulit. Kita mulai dengan tips menghadapi kulit sensitif di bawah ini, ya!

5 Tips Menghadapi Kulit Sensitif

Ciri-ciri kulit sensitif dapat terlihat ketika kulit mudah mengeluarkan respon berlebihan saat terpapar zat. Misalnya, kulit bersisik dan sangat kering, mudah reaktif dengan produk kecantikan, mudah terkena jerawat, dan gatal-gatal. Berikut adalah tips menghadapi kulit sensitif atau kulit yang mudah iritasi:

Sumber Foto: Google

1. Hindari Penggunaan Cotton Pads

Cotton pads berguna untuk meratakan skincare atau foundation saat make up. Selain itu, cotton pads dapat berupa kapas yang berfungsi untuk membersihkan wajah. Meski demikian, penggunaan kapas berlebihan dapat menyebabkan kulit menjadi iritasi.

Terutama tekstur kapas yang kasar dan gak direkomendasikan untuk kulit. Solusinya? Mulailah untuk menggunakan kedua tangan saat apply make up dan produk skincare lainnya. Jangan lupa cuci tangan, ya!

tips kulit sensitif

Sumber Foto: Google

2. Jangan Lupa Pakai Skincare Pelindung

Tips menghadapi kulit sensitif selanjutnya penting untuk dilakukan. Terutama buat Teman iStyle yang menghabiskan banyak waktu di luar rumah. Aktivitas di luar mudah terkena paparan sinar matahari, panas, cuaca dingin,dan debu. 

Baca juga: Hidden Gems! 5 Produk Skincare Neogen yang Underrated

Hal tersebut rentan bikin kulit sensitif menjadi reaktif, misalnya: muncul ruam kemerahan hingga jerawat. Salah satu yang bisa dilakukan adalah menggunakan skincare pelindung seperti sunscreen atau tabir surya.

tips kulit sensitif

Sumber Foto: Google

3. Hindari Penggunaan Tisu Basah Berlebihan

Selain cotton pads, upayakan untuk gak berlebihan saat menggunakan cleansing wipes aau tisu basah. Memang betul tisu basah adalah cara efisien untuk menyegarkan kulit, terutama saat berada di luar ruangan. 

Baca juga: 5 Bahan Alami Skincare Korea untuk Atasi Jerawat

Namun, jangan lupa untuk memperhatikan kandungannya, ya! Jika gak teliti, maka kandungan tisu basah dapat menyebabkan over-exfoliation yang bikin kulit alami jadi mengelupas.

tips kulit sensitif

Sumber Foto: Google

4. Hati-hati dengan Exfoliation

Exfoliation adalah perawatan kulit yang berfungsi untuk membersihkan debu dan sel-sel kulit mati yang menempel di kulit. Eksfoliasi memang bermanfaat untuk membersihkan wajah, namun hindari penggunaan yang berlebihan, ya! Terutama untuk kulit sensitif yang mudah iritasi. Perhatikan juga ingredients skincare yang akan digunakan.

5. Jangan Terlalu Stres

Bukan rahasia umum kalau faktor-faktor seperti kecemasan, stress, diet yang kurang tepat, hingga kurang tidur adalah penyebab timbulnya permasalahan kulit sensitif. Mulailah untuk menghindari stres, penuhi asupan tidur, hingga memperhatikan asupan makan.

Baca juga: Apa itu Snail Mucin? Ini Contoh dan Manfaatnya untuk Kulit!

Nah, itulah 5 tips menghadapi kulit sensitif yang mudah iritasi. Selain memperhatikan kebiasaan sehari-hari, kalian juga bisa menyesuaikan dengan skincare-nya. Misalnya, penggunaan skincare Korea yang berkualitas dan menjawab permasalahan kulit sensitif. Teman iStyle bisa mencoba sunscreen dari Klairs Rich Moist Soothing Cream dan  Neogen Real Fresh Green Tea Cleansing Stick yang bisa kalian dapatkan di iStyle.id!

Comments

You must Register or Login to post a comment.