K-Pop Zone - 19 May 2023

Peraturan Baru KOMCA! 3RACHA Stray Kids Menjadi Anggota Reguler KOMCA

Rafa Syawalia R - 19 May 2023
Peraturan Baru KOMCA! 3RACHA Stray Kids Menjadi Anggota Reguler KOMCA

Sejalan dengan musik K-Pop yang semakin booming, chart musik baru yang menghitung popularitas lagu berdasarkan berbagai platform musik seperti siaran radio, pertunjukan dan bahkan pada acara TV. 

Peraturan baru KOMCA (Korean Music Copyright Association) mengumumkan bahwa mereka sedang bekerja sama untuk membangun chart musik independent pada akhir bulan ini. Berbagai chart akan disediakan untuk penggemar. Namun, beberapa menunjukkan bahwa ada batasan untuk menjelaskan secara keseluruhan karena chart terkemuka saat ini memeringkat lagu berdasarkan basis data dari platform musik, album dan YouTube.

Eh, eh bentar gimana nih? Masih bingung mengenai penjelasan di atas? Baca artikel ini bersama-sama, yuk!

Sumber foto: KOMCA Official Website

KOMCA Siapkan Chart Musik Baru yang Lebih Akurat dan Komprehensif

KOMCA merupakan asosiasi hak cipta nirlaba dengan tujuan meningkatkan budaya di Korea melalui perlindungan hak kekayaan intelektual pemegang hak cipta hingga memastikan kemudahan penggunaan bagi pendengarnya.

Keuntungan dari hak cipta musik tidak hanya diperoleh dari penjualan musik dan album, tetapi juga dari karaoke, program radio, siaran TV, dan konser; dengan kata lain KOMCA memiliki berbagai data terkait karena menerima secara detail penggunaan musik dengan akurat.

Baca juga: Keren Abis! LE SSERAFIM dan NewJeans Muncul di Forbes 30 Under 30 Asia Class of 2023

Maka dari sini lah, KOMCA berencana membuat chart komprehensif yang kurang lebih seperti chart utama di mana lagu-lagu akan diberi peringkat dengan menjumlahkan biaya hak cipta setiap lagi dari semua jenis platform yang terjadi di bulan sebelumnya. Hm, kira-kira bias kalian siapa nih yang banjir royalti?

Sebelumnya, Korean Music Copyright Association (KOMCA) pada awal tahun 2022 merilis daftar 100 idol KPOP yang memiliki copyright lagu terbanyak. Nah, menakjubnya, sebagai junior pada generasi KPop, ada tim produksi dari tiga personel grup Kpop generasi ke-4 yang menjadi anggota reguler KOMCA nih!

Penasaran gak siapa mereka? Lanjut baca ya artikel ini!

Sumber foto: Instagram (mahagrid)

3RACHA Stray Kids Menjadi Anggota Reguler Asosiasi Hak Cipta Musik Korea

Melansir The Korea Herald, pada hari Jumat 3 Februari 2023, ketiga personel grup idola Kpop generasi keempat, Stray Kids sekaligus tim produser dengan nama unit 3RACHA resmi menjadi anggota Asosiasi Hak Cipta Musik Korea yang menjadikan mereka salah satu dari 25 musisi yang dipromosikan sebagai anggota reguler.

Bang Chan, Changbin dan HAN diketahui sudah merintis karir grup Stray Kids di tahun 2018 dengan menulis hampir semua lagu Stray Kids yang masuk hits pemuncak tangga lagu seperti, ‘Hellevator,’ ‘God Menu,’ ‘Thunderous,’ dan ‘Maniac.’

Baca juga: Self-Love Zone: (G)I-DLE Comeback dengan Title Track ‘Queencard’

Setiap tahun, berdasarkan jumlah royalti yang diperoleh dalam tiga tahun per 31 Desember, KOMCA mempromosikan 25 anggota junior teratasnya menjadi anggota reguler yang memberikan hak untuk memilih pada rapat umum KOMCA.

3RACHA resmi menjadi grup Kpop generasi ke-4 yang menjadi anggota penuh KOMCA dengan HAN sebagai anggota termudanya. Informasi tambahan nih buat Teman iStyle, sebelum menjadi anggota penuh, 3RACHA sudah masuk dalam top 50 daftar idol dengan hak cipta lagu terbanyak! Daebak!

Baca juga: Heboh, Jennie BLACKPINK dan V BTS Tertangkap Kamera Saat Nge-date di Paris!

Melansir dari Stray Kids Chart Data melalui Twitter, Bang Chan telah terdaftar dalam 139 hak cipta, Changbin sebanyak 124 hak cipta dan HAN sebanyak 121 hak cipta. Untuk menjadi anggota penuh KOMCA ada beberapa syarat yang harus dipenuhi dan cukup susah.

Beberapa di antaranya, untuk mempertahankan keanggotaannya sebagai anggota junior selama kurang lebih tiga tahun dan harus disetujui dan dipilih oleh para direktur dan menghasilkan minimal 30 miliar won atau sekitar 30 miliar rupiah setiap tahun. Wah, mantep banget! Selamat kepada para anggota tim produksi 3RACHA Stray Kids! Kabarnya, Stray Kids akan melakukan comeback melalui album “5-STAR” pada awal Juni 2023 mendatang!

Comments

You must Register or Login to post a comment.