K-Entertainment - 26 January 2022

Drama Saeguk ‘The King of Tears, Lee Bang Won’ Dikecam Netizen

Agatha Febry - 26 January 2022
Drama Saeguk ‘The King of Tears, Lee Bang Won’ Dikecam Netizen

Beberapa waktu lalu, drama Korea yang sudah mulai tayang pada Desember 2021 lalu ini dikecam netizen. ‘The King of Tears, Lee Bang Won’ diduga melakukan kekerasan terhadap hewan saat syuting yang mengakibatkan seekor kuda mati sepekan setelah terluka saat melakukan syuting. 

Hal tersebut membuat para penonton marah dan melaporkan kejadian ini ke Korean Animal Welfare Association (KAWA), badan perlindungan hewan di Korea. Kuda tersebut terluka karena menjalani satu adegan yang menunjukkan karakter utama Kim Young Chul terlempar dari kudanya saat sedang berkuda. 

Sumber foto: Google

Demi membuat adegan tersebut, seekor kuda sengaja ditarik menggunakan tali yang diikatkan di kakinya hingga jatuh ke tanah dengan benturan cukup keras. Hal itu yang membuat sang kuda terluka dan akhirnya mati setelah sepekan. 

KBS sebagai pihak produksi serta stasiun TV yang menyiarkan drama tersebut menuliskan permintaan maaf kepada penonton. "Kami mohon maaf mengenai kecelakaan yang terjadi selama syuting ‘The King of Tears, Lee Bang Won,’ kami bertanggung jawab dan meminta maaf. Kecelakaan itu terjadi selama syuting 2 November dari jatuhnya Lee Seong Gye dari kudanya yang ditayangkan di episode 7," kata KBS pada Kamis 20 Januari 2022.

Baca Juga:

5 Drama Saeguk Yang Wajib Ditonton! Beberapa Dibintangi Kpop Idol Lho!

Bikin Baper di 'The King's Affection', Rowoon SF9 Siap Bintangi 'Tomorrow'

KBS juga mengatakan bahwa mereka telah mempertimbangkan adegan berbahaya tersebut dengan matang dengan tetap mengutamakan keselamatan aktor serta kuda yang digunakan. Namun pada akhirnya, adegan tersebut menyebabkan bagian tubuh atas kuda menghantam tanah dengan sangat keras sehingga terjadi kecelakaan. 

Akibat peristiwa mengenaskan ini, KBS menyadari bahwa ada masalah dengan cara pengambilan gambar adegan jatuh dari kuda. KBS juga mengatakan bahwa mereka akan mencegah kejadian seperti itu terjadi lagi dengan membicarakannya kepada para ahli. 

Sumber foto: Instagram (taeyeon_ss)

Gak hanya netizen, Taeyeon juga ikut menyayangkan kejadian ini yang ia sampaikan melalui Instagramnya. Taeyeon membagikan tangkapan layar dari pengaduan yang diajukan oleh Advokat Hak Hewan Korea (KARA) terhadap drama tersebut. 

“Video itu sangat menyakitkan untuk ditonton dan membuatku menangis. Itu membuatku marah. Bagaimana mereka bisa membuat film seperti itu di zaman sekarang ini. Ini adalah hal yang mengerikan bagi manusia dan hewan. Apakah ada seseorang yang langsung berlari untuk memeriksa keadaan kuda? Siapa yang datang dengan ide ini untuk metode pembuatan film yang luar biasa ini?”.

Gak hanya Taeyeon, aktor Yoo Yeon Seok juga berbicara tentang kontroversi di media sosial mengenai drama ini. Ia menulis bahwa produksi harus memastikan keselamatan hewan serta aktor pengganti daripada memprioritaskan uang dan waktu. Karena hal ini, ‘The King of Tears, Lee Bang Won’ belum tayang untuk sementara waktu.

Comments

You must Register or Login to post a comment.