Lifestyle - 16 May 2021

Makanan Pedas Korea, Apa Aja Sih?

Agatha Febry - 16 May 2021
Makanan Pedas Korea, Apa Aja Sih?

Teman iStyle cinta makanan pedas? Atau gak bisa makan kalau gak pedas? Kamu bisa cobain kuliner dari Korea Selatan ini yang menyuguhkan berbagai pilihan makanan dengan rasa pedas nan menyegarkan! Pastinya juga bikin kamu ketagihan deh. Check this out, foodies! 

Buldak 

Sumber foto: Google

Kuliner di Korea menyajikan berbagai kreasi olahan ayam yang salah satunya bercita rasa pedas adalah Buldak atau fire chicken. Buldak memiliki arti ayam api yang adalah masakan ayam goreng ala Korea yang pedasnya maksimal.

Olahan berbahan dasar ayam ini diberi bumbu kemerahan yang pedas menyengat yang membuat tingkat kepedasan dari Buldak termasuk tinggi. Teman iStyle tau Samyang kan? Nah rasa dari mie instan Samyang itu terinspirasi dari buldak atau fire chicken dari Korea ini.

Ramyun 

Sumber foto: Google

Sebagian besar Ramyun atau mie instan Korea biasanya mempunyai cita rasa yang cukup pedas. Salah satu merk Ramyun terkenal disana adalah Shin Ramyun. Makanan pedas berkuah ini paling cocok disajikan dalam suasana musim dingin atau hujan.

Ramyun umumnya  disajikan langsung dalam panci dengan topping gurih seperti telur, daging, fish cake, dan sayuran yang membuat rasanya makin enak. 

Naengmyeon 

Sumber foto: Google

Dari namanya, Naengmyeon memiliki arti mie dingin. Naengmyeon merupakan hidangan favorit masyarakat Korea selama musim panas.

Yang menarik dari mie ini adalah kuahnya yang sangat dingin karena pada kuahnya dimasukkan es batu dalam jumlah yang cukup banyak. Mie yang disantap dalam keadaan dingin sampai kuahnya hampir dibekukan itu mungkin gak terdapat di negara-negara lain.

Mungkin mencoba hidangan ini akan sedikit aneh di lidah kita sebagai orang Indonesia, mengingat di Indonesia hanya ada mie yang disajikan dengan panas atau hangat saja. Selain kuahnya yang dingin, Naengmyeon mempunyai satu ciri khas yang lain yaitu mienya cukup keras.

Gak begitu mudah memutuskannya dengan gigi sehingga biasanya mienya harus dipotong dengan gunting terlebih dahulu sebelum dimakan. Terdapat dua jenis penyajian Naengmyeon. Pertama disajikan dengan kuah yang disebut Mul Naengmyeon, dan kedua disajikan tanpa kuah yang disebut Bibim Naengmyeon.

Bibim Naengmyeon biasanya disajikan dengan bahan-bahan pedas seperti gochujang (saus cabai merah) kemudian dicampur lalu dimakan. 

Donkatsu 

Sumber foto: Google

Berbeda dengan Donkatsu yang berasal dari Jepang, Donkatsu di Korea memiliki cita rasa yang lebih manis. Donkatsu terdiri atas irisan daging yang dilapisi dengan tepung panir dan digoreng dalam minyak panas.

Biasanya Donkatsu disajikan dengan irisan kubis. Umumnya makanan ini mudah dijumpai di di restoran Kimbab dan memiliki harga yang relatif murah.

Namun jika Teman iStyle pergi ke beberapa tempat lainnya, terdapat beberapa restoran yang menyediakan Donkatsu super pedas. 

Tteokbokki

Sumber foto: Google

Tteokbokki bisa dikatakan salah satu makanan favorit di Korea. Jajanan kaki lima ini bisa ditemui hampir di berbagai sudut kota. Dalam pembuatannya, rice cake berbentuk tabung yang diiris kecil-kecil ini dimasak bersama fish cake dan beberapa topping lainnya seperti tambahan sosis dan keju.

Tteokbokki selalu disajikan dengan saus merah menyala yang memiliki cita rasa kuah yang pedas dan manis. Tteokbokki sangat mudah dijumpai juga di Indonesia, bahkan sekarang sudah banyak yang menyediakan versi instan yang dijual di minimarket di sekitar kamu. 

Jjamppong 

Sumber foto: Google

Jjamppong merupakan makanan Korea yang mendapat pengaruh dari China. Dalam penyajiannya, mie dan seafood dicampur dan kemudian diberi kuah merah terang. Hampir kebanyakan restoran Korea menyediakan Jjamppong dengan rasa pedas dan gurih. 

Gimana? Jadi laper gak sih setelah membaca artikel ini? Yang mana nih makanan pedas ala Korea yang paling Teman iStyle favoritkan?

Comments

You must Register or Login to post a comment.