Beauty - 03 April 2021

Perawatan Rambut Check! Bikin Rambut Kamu Kece Badai

Berlin Belladina - 03 April 2021
Perawatan Rambut Check! Bikin Rambut Kamu Kece Badai

Selain muka yang di bikin glowing, kamu juga harus memperhatikan rambut. Bagi para wanita rambut adalah mahkota, rambut yang berminyak dan lepek bisa bikin badmood dan gak PD. Jenis kulit kepala berbeda-beda, ada yang normal, berminyak, mudah lepek, dan ada yang kering juga. Biasanya para perempuan mengakali bad hair day mereka dengan menggunakan topi, dry shampoo, bahkan ada yang menggunakan bedak bayi agar tidak terlihat lepek. Pasti ingin dong punya rambut badai berkilau kayak yang di iklan-iklan shampoo? Berikut tips-tips nya.

Sumber foto: Google

Keramas Sesuai Aturan

Seberapa sering kamu keramas tergantung jenis kulit kepala kamu. Kamu tidak perlu keramas setiap hari kalau jenis kulit dan rambut kamu normal (tidak terlalu berminyak dan kering), kalau jenis kulit dan rambut kamu cenderung kering kamu hanya perlu keramas 2-3 kali dalam seminggu. Sedangkan kalau tipe kulit kepala dan rambut kamu berminyak tapi tidak berlebihan cukup keramas 2 hari sekali. Rambut berminyak memang bisa membuat rambut kelihatan lebih berkilau dan minyak yang di hasilkan oleh rambut dapat menutrisi rambut itu sendiri, namun rambut tidak bisa membersihkan diri nya sendiri. Maka dari itu keramas sangat penting untuk menjaga kebersihan dan kelembapan rambut. Penggunaan shampoo yang salah dan tidak cocok untuk rambut bisa menyebabkan rambut kering serta kerontokan. Hindari shampoo yang mengandung banyak chemicals agar rambut kamu tidak rusak.

Gunakan Conditioner

Selain shampoo, conditioner menjadi hal penting bagi perawatan rambut. Shampoo di gunakan untuk membersihkan rambut dari kotoran, kulit mati, dan ketombe. Sementara conditioner di gunakan untuk membuat rambut lebih lembut dan mudah di atur. Conditioner juga bisa memproteksi batang rambut dari kerusakan. Memilih conditioner juga tidak bisa sembarangan, kamu harus tahu jenis rambut kamu. Conditioner untuk rambut kering dan berminyak memiliki fungsi yang berbeda. Hal penting yang harus di perhatikan saat menggunakan conditioner adalah jangan mengaplikasikan di kulit kepala, hanya bagian rambut saja. Berbeda dengan shampoo, conditioner dapat di gunakan setiap hari walaupun kamu tidak keramas.

Gunakan Masker Rambut

Tidak hanya wajah, rambut juga perlu di beri masker. Masker pada rambut berguna untuk menutrisi dan melebabkan rambut. Selain itu, masker rambut dapat membuat rambut kamu lebih lembut dan berkilau, mengurangi kerusakan pada rambut, kulit kepala yang sehat, rambut yang kuat tidak mudah patah. Masker rambut bisa kamu beli secara instant atau membuat sendiri di rumah. Bagaimana cara membuat nya? Aku akan share ke kalian how to make a hair mask dari video di tiktok (helenheavenn) yang viral dan worth to try!

Bahan yang harus kamu siapkan adalah melted coconut oil (cair juga boleh), mayonnaise, kuning telur, olive oil atau madu, lalu campur bahan-bahan tersebut. Sebelum di aplikasikan ke rambut, kamu perlu menyisir rambut terlebih dahulu agar saat mengaplikasikan merata dan rambut tidak kusut. Aplikasikan masker rambut tadi dari atas secara merata hingga ujung rambut, tunggu selama 30 menit setelah itu bilas hingga bersih, and voila rambut kamu jadi lembut dan shining.

Sumber foto: Google

Kurangi Penggunaan Hair Tools pada Rambut

Kita semua tahu kalau hair-dryer, flat iron, blow dryer atau alat elektronik panas untuk rambut lainnya dapat merusak rambut. Sebagai perempuan, alat-alat tersebut menjadi kebutuhan kita sehari-hari sebagai penunjang kebutuhan penampilan. Walaupun alat-alat tersebut berguna, tetapi jika di gunakan setiap hari, dapat merusak rambut kamu. Suhu panas tidak baik untuk rambut, suhu panas akan menyerap kelembaban yang ada pada rambut dan membuat rambut menjadi kering. Apalagi kalau rambut kamu tebal, bisa-bisa rambut kamu menjadi keriting.

Mengeringkan rambut sebaik nya dengan cara natural, yaitu di keringkan dengan handuk, dan membiarkan rambut kering dengan sendirinya. Tetapi kalau kita sedang di kejar waktu, sepertinya cara tersebut kurang efisien karena memakan waktu lebih lama, apalagi kalau rambut kamu panjang. Sebaiknya jika memang di perlukan menggunakan hair-dryer, pastikan kamu mengatur suhu panas pada hair-dryer jangan terlalu panas, posisikan jarak hair-dryer tidak terlalu dekat dengan kepala kamu. Jangan menyisir rambut kamu saat basah ya, karena rambut sangat ringkih ketika basah dan bisa menyebabkan kerontokan kalau kamu menyisir rambut saat basah.

Menggunakan Air Beras

Selain menggunakan conditioner dan masker rambut, ternyata air beras bagus untuk rambut loh Teman iStyle. Air beras memiliki beberapa vitamin dan mineral yang terkandung pada beras seperti amino acids, vitamin B, vitamin E, mineral, dan antioksidan. Air beras di percayai bisa membuat rambut menjadi lebih kuat, lembut dan berkilau, serta membuat rambut lebih cepat panjang. Cara membuatnya juga mudah, kamu hanya perlu mencampur beras dengan air lalu di aduk-aduk, tunggu 15-20 menit, masukan air tersebut ke botol kosong. Kamu bisa menggunakan air beras sehabis keramas. Tuang air beras tersebut ke rambut kamu, lalu pijat kulit kepala dan rambut, tunggu sampai 15-20 menit dan bilas sampai bersih.

Itulah beberapa cara agar rambut kamu makin sehat dan kece badai. Semoga bermanfaat untuk kamu ya Teman iStyle.

Comments

You must Register or Login to post a comment.