Beauty - 27 March 2021

Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Pitera

Berlin Belladina - 27 March 2021
Semua yang Perlu Kamu Tahu Soal Pitera

Seperti halnya tren fashion yang selalu berputar dan berganti, tren kecantikan dan perawatan diri pun datang dan pergi dengan cepat. Namun, ada juga beberapa tren kecantikan yang tak lekang oleh waktu dan terus bertahan sampai hari ini. Salah satunya adalah Pitera yang menjadi bahan kecantikan kebanggaan label skin care asal Jepang, SK-II. Dimulai di tahun 1980, Pitera merupakan ekstrak ragi yang ditemukan saat proses pembuatan sake dan akhirnya dikembangkan untuk bahan produk kosmetik secara eksklusif oleh SK-II sampai sekarang. Tapi apa sih yang membuat Pitera begitu ikonik di dunia kecantikan dan manfaatnya untuk kulit kita? Simak ceritanya di bawah ini yuk, Teman iStyle!

Awal Keajaiban Pitera

Diluncurkan di dunia kecantikan pada tahun 1980, produk perawatan kulit SK-II punya bahan unggul bernama Pitera yang ditemukan dengan cara yang unik. Bahan ini ditemukan ketika para peneliti menyadari para pekerja lanjut usia di tempat pembuatan sake memiliki kulit tangan yang terlihat awet muda dan sangat lembut yang kontras dengan keriput di wajah mereka. Setelah diselidiki, ternyata rahasia hal tersebut adalah paparan rutin dengan bahan sake selama proses fermentasi yang secara tak sengaja mengekspos mereka pada khasiat Pitera atau yang juga dikenal dengan nama galactomyces ferment filtrate, ekstrak ragi yang muncul dari proses fermentasi alami. Pitera berupa cairan bening yang mengandung lebih dari 50 mikronutrisi dan kaya akan protein, peptida, asam amino, karbohidrat, dan asam organik. Kombinasi dari semua nutrisi tersebut dipercaya memiliki khasiat anti aging dan hidrasi yang sangat ampuh.

Apa Saja Fungsi Pitera Untuk Kulit?

Seperti yang sudah disebut di atas, Pitera merupakan sumber asam amino, peptida, protein, karbohidrat, asam organik, dan mikronutrisi lainnya seperti vitamin dan mineral, Kombinasi dari semua nutrisi tersebut mampu mendorong proses peremajaan alami di permukaan kulit alias Natural Moisturizing Factor (NMF). NMF ini bertanggungjawab untuk menjaga kulit kita tetap terhidrasi, halus, dan kenyal. Sayangnya, NMF akan menurun seiring bertambahnya usia dan juga eksposur rutin dengan bahan-bahan yang sensitif di kulit seperti alkohol, pewangi sintetik, dan bahan kimia lainnya sehingga kulit kita jadi terlihat kering dan kusam. Dengan memakai bahan yang memperbaiki fungsi NMF seperti Pitera, tanda-tanda penuaan seperti garis keriput dan kulit kering akan berkurang. Hasilnya, kulit pun terlihat lebih halus, segar, dan kencang.

Pitera juga berfungsi mendinginkan kulit dengan khasiat anti peradangannya. Bahan-bahan fermentasi seperti Pitera mengurangi risiko iritasi kulit dengan cara menetralkan substansi berbahaya seperti logam dan racun sehingga Pitera membuat sebuah produk jadi lebih aman, efektif, dan bisa lebih diterima oleh mereka yang berkulit sensitif.

Selain itu, Pitera juga membuat bahan bermanfaat dari produk kecantikan lain jadi menyerap lebih maksimal dan memberikan hasil yang optimal. Hal ini karena bahan fermentasi seperti Pitera dalam produk skin care mengeluarkan enzim yang memecah bahan mikro lainnya ke molekul yang lebih kecil. Terkadang bahan aktif pada produk skin care terlalu besar untuk bisa menyerap maksimal ke lapisan kulit, jadi dengan cara memecah mereka ke molekul yang lebih kecil, Pitera membantu bahan tersebut jadi lebih mudah terserap dan memberikan hasil yang terbaik.

Siapa yang Cocok Memakai Pitera?

Produk SK-II yang mengandung Pitera bisa dipakai semua jenis kulit, tapi akan sangat ideal untuk mereka yang telah memiliki tanda-tanda penuaan, warna kulit yang redup, bintik hitam, atau permukaan kulit yang terasa kasar, Karena sifatnya yang asam organik, Pitera juga punya karakter exfoliating jadi hindari menggabungkan produk Pitera dengan produk exfoliant yang kuat seperti retinoid, benzoyl peroxide, dan hydroxyl acids karena bisa membuat kulit kita terkelupas. Kalau masih belum yakin, tak ada salahnya kalau kamu konsultasi dulu ke dokter kulit andalanmu sebelum mencoba dan jadi tidak kaget dengan reaksi yang mungkin terjadi di jenis kulitmu.

Produk Apa yang Harus Dicoba?

Kalau membahas SK-II, produk yang paling populer dan pertama terlintas di kepala pastinya SK-II Facial Treatment Essence yang legendaris. Produk ini tergolong essence dengan kandungan 90%+ Pitera di dalamnya untuk membantu mengangkat sel kulit mati pada permukaan kulit dengan lembut dan membantu siklus peremajaan permukaan kulit. Dalam 14 hari setelah pemakaian teratur, produk ini diklaim bisa membuat kulit terasa kencang, lebih cerah, menyamarkan bintik hitam, mengurangi kerutan, dan menyempurnakan tekstur kulit.

Tapi tentu gak hanya Facial Treatment Essence saja nih yang harus kamu coba. Yang juga tak boleh dilewatkan adalah SK-II GenOptics Aura Essence dan Facial Treatment Cleanser. GenOptics Aura Essence merupakan essence pencerah kulit dengan kandungan Pitera, Demelano P3C, dan ekstrak plum untuk memperbaiki penampilan kulit wajah karena warna kulit yang tidak rata, titik hitam, dan bayangan hitam. Sementara Facial Treatment Cleanser adalah pembersih wajah berbusa dengan kandungan Pitera untuk pemakaian sehari-hari demi kulit wajah yang terjaga kelembutan dan kecerahannya.

Teman iStyle bisa mendapatkan ketiga produk unggulan ini dalam satu paket bernama SK-II Pitera Aura Kit yang wajib dicoba untuk siapa saja yang ingin merasa cantik tanpa batas. Jadi tunggu apa lagi? Let’s go to iStyle.id untuk produk SK-II yang dijamin original.

Comments

You must Register or Login to post a comment.

  • Abiara
    27 March 2021
    Nice